Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Keadilan

Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Keadilan_Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan 2 hal yang tidak sanggup dipisahkan satu dengan yang lain. Keduanya berkaitan dekat dengan kemajuan peradaban insan yang semakin hari akan terus mengalami perkembangan. Keberadaan teknologi serta ilmu pengetahuan yang berkembang tersebut, nyatanya menciptakan banyak orang merasa was-was. Hal ini dikarenakan adanya efek positif yang dibarengi dengan efek negatif yang cukup besar.
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan  Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Keadilan

Tentang teknologi

Keberadaan teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan insan yang semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Keberadaan teknologi sendiri yakni suatu cara yang dipakai dalam mempermudah kehidupan insan yang ingin melaksanakan segala sesuatu secara instan. Teknologi meliputi banyak hal, ibarat pemakaian dan pemeliharaan piranti kehidupan serta aktivitas produksi.

Teknologi sanggup juga diartikan sebagai inovasi benda yang menjadi perwujudan dari penerapan ilmu pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki oleh umat manusia. Teknologi dikatakan sebagai alat perhiasan hidup insan sebab sanggup mempermudah aktivitas apapun yang dilakukan oleh manusia.

Pengaruh teknologi dalam kehidupan manusia
Teknologi sanggup dibilang sebagai warisan yang berharga dari nenek moyang kita. Teknologi tidak didapat secara instan melainkan memerlukan waktu dan proses yang panjang serta usaha yang tidak mudah. Keberadaan teknologi sendiri muncul pertama kali ketika insan memakai kerikil untuk mempermudah pekerjaan yang mereka lakukan.

Pola pikir insan yang semakin berkembang, kesudahannya berlanjut dengan inovasi roda yang dipakai pada gerobak-gerobak sederhana. Roda tersebut kesudahannya berkembang sebagai pecahan dari alat transportasi sampai masa kini.

Pengaruh ilmu pengetahuan, teknologi dengan keadilan
Tidak sanggup dipungkiri lagi kalau nyatanya teknologi dan ilmu pengetahuan mempunyai efek yang begitu besar bagi umat manusia. Bukan hanya memberi efek positif saja melainkan juga efek negatif yang cukup besar.

Tumbuhnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat di kota, menciptakan banyak lapangan pekerjaan terpusat disana. Alhasil, banyak orang yang melaksanakan urbanisasi menuju kota untuk mendapat pekerjaan-pekerjaan yang mereka inginkan.

Terlalu banyaknya warga desa yang merantau ke kota, menjadikan terjadinya penumpukan penduduk di kota-kota besar. Akibatnya kota menjadi ramai, penuh sesak dengan banyaknya manusia. Dampak negatif lainnya yakni kota yang tidak lagi teratur dan kotor.

Dari pemaparan di atas, kemunculan efek jelek terlebih dari sisi keadilan mulai terlihat dan dirasakan oleh banyak orang. Banyak orang-orang mendirikan lapangan usaha dengan memperlihatkan upah yang begitu kecil terutama pada kalangan wanita dan anak-anak. Banyak dari mereka yang diberi upah kecil kalau dibandingkan dengan pekerja laki-laki.

Tidak jarang didapati pula, seorang anak dengan usia yang masih belia, bekerja selama sepuluh jam sampai lebih selama seminggu penuh dengan honor yang kecil. Sementara kaum hawa, dipekerjakan di pecahan mesin, yang memaksa mereka bekerja berat tanpa waktu istirahat yang memadai.

Banyak dari pekerja yang melaksanakan pekerjaan kasar, kesudahannya menderita cacat yang akhir pekerjaan tidak lazim yang dijalaninya. Terlebih pada jenis pekerjaan yang dilakukan di dalam pabrik, banyak pabrik yang jarang memperhatikan kesejahteraan karyawan apalagi tingkat kenyamanan mereka ketika bekerja di dalam pabrik.

Banyak pabrik yang mempunyai lingkungan kotor dengan banyaknya polusi rokok didalamnya. Parahnya lagi, pabrik tersebut tidak mempunyai ventilasi yang cukup untuk menyediakan udara yang higienis bagi kalangan pekerjanya.

Kondisi daerah kerja yang tidak nyaman dengan banyak sekali kemudahan yang kurang memadai, kesudahannya mengakibatkan begitu banyak wabah penyakit bagi para karyawannya.

Pada awal terjadinya revolusi industri, sekitar 50% bayi meninggal dunia, sebelum mencapai usia 2 tahun. Keadaan ini tentu cukup memprihatinkan mengingat teknologi dan bukan hanya memberi efek baik melainkan juga memberi efek yang negatif.

Demikian perihal Keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Keadilan. Mari kita manfaatkan IPTEK dengan lebih baik dan benar.

Belum ada Komentar untuk "Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Keadilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel