Kisi-Kisi Soal Cpns 2019 Terbaru

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia... 

Seperti yang telah dipublikasikan melalui website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beberapa waktu yang lalu, bahwa Pemerintah telah membuka lowongan/formasi CPNS 2019 diperuntukkan bagi seluruh putra-putri terbaik bangsa dengan jumlah keseluruhan gugusan sebanyak 65.000 orang untuk direkrut menjadi CPNS pada setiap instansi (Kementerian /Lembaga /Pemda) yang membuka seleksi CPNS tahun 2019, khusus untuk pelamar umum yang terdiri :

ü     25.000 untuk Instansi Pusat (Kementerian dan Lembaga)
ü     40.000 untuk Instansi Daerah (Provinsi, Kota dan Kabupaten)

Pemerintah juga memperlihatkan Kebijakan Khusus Formasi CPNS 2019 (afirmasi) :

ü      325 gugusan untuk disabilitas sebesar 62 gugusan untuk Instansi Pusat dan 263 Instansi Daerah
ü      140 gugusan untuk atlet berprestasi dan instruktur olahraga
ü  100 gugusan untuk putra-putri terbaik Papua untuk ditempatkan di sejumlah Kementerian/Lembaga

Hati-hati dengan PENIPUAN penerimaan CPNS dari pelamar umum dan tenaga honorer K-II yang mengatasnamakan pejabat Kementerian PAN-RB dengan meminta imbalan. Sampaikan pengaduan anda melalui situs Sistem Aplikasi Pengaduan Kita (SIDUTA) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di http://siduta.menpan.go.id ataupun melalui email: pengaduan.cpns@menpan.go.id

Untuk mengetahui daftar Instansi Pusat yang melaksanakan rekrut CPNS 2019, klik di sini. Dan untuk mengetahu daftar Instansi Daerah yang melaksanakan rekrut CPNS 2019, klik di sini. Untuk sanggup diterima dalam gugusan CPNS 2019, peserta wajib lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abu Bakar mengajak seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik di sentra maupun tempat biar seleksi CPNS tahun 2019 ini dilaksanakan dengan bersih, obyektif, transparan, kompetitif dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya. "Hal itu perlu dilakukan untuk mengembalikan akidah generasi muda bahwa untuk menjadi PNS hanya kemampuan diri sendiri," ungkap Azwar dalam keterangannya, Selasa (9/7/2019).

Azwar menegaskan, salah satu kegiatan percepatan reformasi birokrasi di bidang Sumber Daya Manusia Aparatur yakni melaksanakan perbaikan Sistem Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tujuannya biar seleksi ini menghasilkan CPNS yang profesional, jujur, bertanggungjawab, dan netral. CPNS dimaksud harus mempunyai karakteristik langsung selaku penyelenggara pelayanan kepada masyarakat, bisa berperan sebagai perekat NKRI. Selain itu, juga mempunyai intelegensia yang tinggi untuk pengembangan kapasitas dan kinerja organisasi pemerintah, serta memilIki keterampilan, keahlian, dan sikap sesuai dengan tuntutan jabatan. Untuk itu, lanjut Azwar, setiap CPNS harus mengikuti dan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD), dan Tes Kompetensi Bidang (TKB), sesuai bidang kiprah masing-masing jabatan.

Untuk TKD (Tes Kompetensi Dasar), menyerupai tahun 2019, kisi-kisinya terdiri dari 3 kelompok :

1.      Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang dimaksudkan untuk menilai penguasaan pegetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia, mencakup Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata Negara, baik sentra maupun daerah, sejarah usaha bangsa, peranan Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
2.  Tes Intelegensi Umum (TIU), yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, yakni kemampuan dalam memberikan informasi secara verbal maupun tulis, kemampuan numeric, yakni kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
3.   Tes Karakteristik Pribadi (TKP), yang dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan orang lain, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja sanggup bangun diatas kaki sendiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan berguru berkelanjutan, kemampuan berafiliasi dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Adapun kisi-kisi bahan Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Misalnya, untuk guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk medis paramedic oleh Kementerian Kesehatan.

Penyusunan soal dan pengolahan hasil TKD disusun oleh panitia pengadaan CPNS nasional, dibantu oleh tim jago dari konsorsium perguruan tinggi tinggi. Untuk tahun ini, pengolahan hasil TKD juga akan memakai Computer Assisted Test (CAT).

Untuk penentuan kelulusan TKD (Tes Kompetensi Dasar), menurut nilai ambang batas kelulusan (passing grade) CPNS 2019 yang ditetapkan oleh Menteri PAN-RB menurut rekomendasi dari Tim Ahli/Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan TKB, hanya untuk peserta seleksi yang telah dinyatakan lulus TKD.

Untuk download contoh-contoh soal CPNS dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian CPNS 2019, silahkan klik di sini…

Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Cpns 2019 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel