Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum 2019 Smp/Mts (Struktur, Kompetensi Inti, Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2019 Smp/Mts)

BAB I

STRUKTUR KURIKULUM SMP/MTs

PENGERTIAN

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban berguru untuk mata pelajaran dan beban berguru per ahad untuk setiap siswa. 

Struktur kurikulum yakni juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar  dan pengorganisasian beban berguru dalam sistem pembelajaran.  Pengorganisasian konten dalam sistem berguru yang dipakai untuk kurikulum yang akan tiba yakni sistem semester sedangkan pengorganisasian beban berguru dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum  juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menuntaskan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai  posisi berguru seorang siswa yaitu apakah mereka harus menuntaskan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan banyak sekali pilihan.

STRUKTUR KURIKULUM SMP/MTs
Beban berguru di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam berguru SMP/MTs yakni 40 menit.
Struktur Kurikulum SMP/MTs yakni sebagai berikut:



MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU
VII
VIII
IX
Kelompok A
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
3
3
3
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
3.
Bahasa Indonesia
6
6
6
4.
Matematika
5
5
5
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
5
5
5
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
7.
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B
1.
Seni Budaya (termasuk muatan lokal)*
3
3
3
2.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan(termasuk muatan lokal)
3
3
3
3.
Prakarya(termasuk muatan lokal)
2
2
2
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
38
38
38

Keterangan:
*Muatan lokal sanggup memuat Bahasa Daerah

Ekstra Kurikuler SMP/MTs antara lain:
-            Pramuka (Wajib)
-            OSIS
-            UKS
-            PMR
Kelompok A yakni mata pelajaran yang memperlihatkan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B yakni mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. Seni Budaya dan Prakarya menjadi dua mata pelajaran yang terpisah. Untuk seni budaya didalamnya terdapat pilihan yang diubahsuaikan dengan minat siswa dan kesiapan satuan pendidik dalam melaksanakannya.
IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam.Disamping itu, tujuan pendidikan IPS menekankan pada pengetahuan perihal bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta kegiatan masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah NKRI. IPA juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan banyak sekali keunggulan wilayah nusantara.


BEBAN BELAJAR
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam berguru per ahad dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX.  Sedangkan usang berguru untuk setiap jam berguru di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan adanya tambahan jam berguru ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru mempunyai keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian isu alasannya penerima didik perlu latihan untuk melaksanakan pengamatan, menanya, asosiasi, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon penerima didik alasannya mereka belum terbiasa. Selain itu bertambahnya jam berguru memungkinkan guru melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar.

 

BAB II

ORGANISASI KOMPETENSI DASAR

DALAM MATA PELAJARAN


Mata pelajaran yakni unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antar kelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana alasannya jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.

Khusus untuk muatan lokal, Kompetensi Dasar yang berkenaan dengan seni budaya, dan keterampilan, serta bahasa tempat sanggup diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Sedangkan Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan tempat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.


BAB III

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR


Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menuntaskan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari penerima didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar yakni  keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar  satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip berguru yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal yakni keterkaitan antara  konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar  dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi teladan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap insiden pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak eksklusif (indirect teaching) yaitu pada waktu penerima didik berguru perihal pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Inti SMP/MTs yakni sebagai berikut:
KELAS
VII
VIII
IX
1.     Menghargai dan menghayati  fatwa agama yang dianutnya.
1.     Menghargai dan menghayati  fatwa agama yang dianutnya.
1.     Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
2.     Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.     Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.     Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
3.     Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4.     Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.     Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.     Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar yakni konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai penerima didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik penerima didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran sanggup dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari banyak sekali disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan berdasarkan filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum yakni eklektik menyerupai dikemukakan di kepingan landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Kompetensi Dasar SMP/MTs untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 10 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn,Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Prakarya.


LAMPIRAN

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)


KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2      Beriman kepada Allah SWT
1.3      Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4      Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5      Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6      Melaksanakan shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al Jum’ah ayat 9
1.7      Melaksanakan shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki sikap semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim,  al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan QSAl- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2      Memiliki sikap ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.3      Memiliki sikap meneladani perjuangan  Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami  makna al-Asmaul-Husna:   Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.2      Memahami makna kepercayaan kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli
3.3      Memahami  kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman (55): 33 serta Hadits terkait perihal menuntut ilmu.
3.4      Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait perihal ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5      Memahami ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6      Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.7      Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.8      Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9      Memahami sejarah usaha Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.10   Mengetahui karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membaca QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
4.2      Menunjukkan hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan lancar
4.3      Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan sehari-hari
4.4      Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
4.5      Mempraktikkan shalat berjama’ah
4.6      Mempraktikkan shalat Jum’at

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


1.1      Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2      Meyakini Kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari
1.3      Meyakini Nabi Muhammad saw sebagai nabi final zaman
1.4      Melaksanakan shalat sunnah
1.5      Melaksanakan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi
1.6      Melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.7      Mengkonsumsi kuliner yang halal dan bergizi
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki sikap rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Furqan (25): 63 , QS. Al Isra’(17): 27 dan hadits  terkait
2.2      Memiliki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang halaldan bergizi dalam kehidupan sehari sebagai implementasi dari pemahaman QS An-Nahl (16):114 dan hadits terkait
2.3      Memiliki sikap menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 sertahadits terkait.
2.4      Memiliki perilaku semangat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
2.5      Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami makna QS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
3.2      Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah
3.3      Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
3.4      Memahami  hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid
3.5      Memahami pesan yang tersirat sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3.6      Memahami pesan yang tersirat puasa wajib dan sunnah
3.7      Memahami pesan yang tersirat penetapan kuliner dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits
3.8      Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayahdan masa Abbasiyah
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membaca QS. Al Furqan (25): 63, Al Isra’(17): 27, QS An Nahl (16):114, QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan Al Maidah (5): 32 dengan tartil
4.2      Menunjukkan hafalanQS. Al Furqan (25): 63, QS. Al Isra’(17): 27, Qs An Nahl (16):114,  QS. Al Maidah (5): 90 – 91 dan QS. Al Maidah (5): 32 serta Hadis terkait
4.3      Mempraktekkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid
4.4      Mempraktekkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
4.5      Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan hingga masa Umayahdan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari

KELAS IX        
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.    Membaca al-Qur’an dengan tartil
1.2.    Beriman kepada Hari Akhir
1.3.    Beriman kepada Qadha dan Qadar
1.4.    Melaksanakan penyembelihan binatang berdasarkan ketentuan syariat Islam
1.5.    Melaksanakan ibadah qurban dan aqiqah sebagai implementasi dari surat al-Kautsar
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,  percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.    Memiliki sikap optimis, ikhtiar, dan tawakkal sebagai implementasi dari pemahaman QS Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159serta hadits terkait.
2.2.    Memiliki sikap toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al Hujurat (49):13, serta Hadits terkait.
2.3.    Memiliki sikap empati, peduli, dan gemar menolong kaum dhuafa sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah
2.4.    Memiliki sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman kepercayaan kepada Hari Akhir
2.5.    Memiliki sikap tawakkal kepada Allah sebagai implementasi dari pemahaman kepercayaan kepada Qadha dan Qadar
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.    Memahami QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal dan hadits terkait.
3.2.    Memahami QS. Al Hujurat (49):13  tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadist terkait.
3.3.    Memahami makna kepercayaan kepada hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaanNya.
3.4.    Memahami makna kepercayaan kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan Nya
3.5.    Memahami ketentuan penyembelihan binatang dalam Islam
3.6.    Memahami hikmah qurban dan aqiqah
3.7.    Memahami ketentuan haji dan umroh
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat,) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.    Membaca QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13) sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
4.2.    Menunjukkan hafalan QS. Az Zumar (39):53, QS. An Najm (53): 39-42, dan QS. Ali Imran (3):159  dan QS. Al Hujurat (49):13)
4.3.    Memperagakan tata cara penyembelihan hewan
4.4.    Mempraktekkan manasik haji
4.5.    Mempraktekkan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqoh di lingkungan sekitar rumah
4.6.    Melakukan rekonstruksi sejarah perkembangan Islam di Nusantara
4.7.    Menceritakan sejarah tradisi Islam Nusantara

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima hanya Allah yang sanggup mengampuni dan menyelamatkan insan melalui karya evakuasi Yesus Kristus
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Mengembangkan sikap kepedulian dan solidaritas
2.2      Menerapkan sikap rendah hati berdasarkan teladan Yesus
2.3      Membangun kebiasaan hidup disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Firman Tuhan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap insan dan alam lebih berpengaruh daripada kecenderungan insan untuk merusaknya


4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Mengekspresikan nilai-nilai Kristiani melalui komik, kisah bergambar, puisi, atau karya seni lainnya
4.2      Menceritakan kepada orang lain perihal pengalaman ditolong (story telling)

KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati  fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima dan menanggapi makna hidup beriman dan berpengharapan
1.2      Menerima kiprah Roh Kudus dalam proses hidup beriman
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap setia kepada Tuhan dan sesama sebagai wujud hidup bersyukur
2.2      Menunjukkan sikap rela berkorban menyerupai yang diajarkan Tuhan Yesus
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami dan bisa menjelaskan makna hidup bersyukur sebagai orang yang beriman


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menerapkan sikap hidup beriman dan berpengharapan melalui ibadah, doa, dan membaca Alkitab



KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima karya Allah dalam pertumbuhan gereja dan banyak sekali pergumulannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memahami dan memperlihatkan sikap toleransi antarumat beragama sesuai dengan fatwa Tuhan Yesus


3.   Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Menjelaskan banyak sekali bentuk pelayanan gereja di tengah masyarakat pada masa kini
3.2      Menjelaskan bentuk sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Mewujudkan sikap-sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri, gereja, dan masyarakat
4.2      Menerapkan kiprahnya sebagai anggota gereja dan masyarakat

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKANAGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
YESUS KRISTUS
1.1      Meneladani banyak sekali sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari
1.2      Meneladani Yesus Kristus dalam memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
PRIBADI SISWA
2.1      Menerima diri sebagai gambaran Allah yang diciptakan baik adanya
2.2      Mensyukuri diri sebagai gambaran Allah yang mempunyai kemampuan dan keterbatasan
2.3      Mengembangkan kesederajatan sebagai pria atau wanita dalam hidup sehari-hari
2.4      Menghargai perbedaan gender sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama yang lebih baik
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
MASYARAKAT
3.1      Menghargai kiprah keluarga, sekolah dan masyarakat terhadap perkembangan dirinya
3.2      Menghargai kiprah sobat sebaya terhadap perkembangan dirinya
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
YESUS KRISTUS
1.1     Memahami kiprah Yesus Kristus untuk mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan
1.2     Menghayati makna sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai konsekuensi atas perjuangan-Nya menegakkan nilai-nilai Kerajaan A llah
1.3     Memahami  pribadi Yesus Kristus sebagai Allah yang bermetamorfosis menjadi insan
1.4     Memahami insiden panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya untuk mewartakan Kerajaan Allah
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
GEREJA
2.1     Menghayati  peranan Roh Kudus sebagai daya hidup Gereja
2.2     Memahami makna Gereja sebagai Paguyuban umat beriman
2.3     Melibatkan diri dalam pelbagai bentuk pelayanan Gereja demi terwujudnya karya evakuasi Allah
2.4     Mewujudkan Gereja  sebagai tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang
2.5     Memahami makna dan konsekuensi sakramen inisiasi dalam hidup menggereja
2.6     Memahami sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara insan dengan Allah dan sesama
2.7     Menyadari konsekuensi sakramen pengurapan orang sakit sebagai wujud pendampingan Gereja terhadap orang yang menderita sakit
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata



4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori




KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
GEREJA
1.1      Memahami kehendak Allah untuk menyelamatkan semua orang yang perlu ditanggapi dengan beriman  dan beragama
1.2      Menerima konsekuensi hidup sebagai umat beriman kristiani
1.3      Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota jemaat beriman kristiani, untuk mewujudkan nilai-nilai Kerajaan Allah
1.4      Memahami pentingnya membangun masa depan
1.5      Menghayati Sakramen Perkawinan dan Sakramen Tahbisan sebagai panggilan hidup
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
MASYARAKAT
2.1      Mewujudkan kiprah sebagai orang beriman kristiani di tengah masyarakat
2.2      Melindungi dan membela hidup insan secara bertanggung jawab sebagai wujud penghargaan atas keluhuran  martabat manusia
2.3      Berperilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari  sebagai perwujudan nilai-nilai luhur
2.4      Mengembangkan sikap hormat dan persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan  lain
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima konsepsi Avatara, Deva, dan Bhatara dalam kehidupan sehari-hari
1.2      Menerima fatwa Karmaphala Tattva
1.3      MenerimaMantram dan Sloka dalam veda sebagai penyelamat manusia
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki disiplin dalam menghindari diri dari sikap Sad Atatayi
2.2      Memiliki disiplindalam menghindari dari sifat-sifat Sapta Timira
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Menjelaskan konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā
3.2      Mengenal konsep ketuhanan dalam agama Hindu
3.3      Memahami yajna yang bersifat Sattvika, Rajasika, dan Tamasika
3.4      Mengelompokkan Veda dan batang tubuh Veda
3.5      Menerima Sad Atatayi sebagai perbuatan kejam  yang harus dijauhi
3.6      Menerima fatwa Sapta Timira penyebab kemabukan yang harus dihindari
3.7      Menyebutkan nama Rsi pengelompokkan Veda Sruti
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Mengaplikasikan konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā
4.2      Mendemontrasikan dampak Karma Baik
4.3      Mempraktikkan Mantram dan Sloka Veda dalam kehidupan sehari-hari

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menanggapi Tri Guna sebagai tiga pilar yang menghipnotis tabiat / karakter manusia
1.2      Menanggapi Panca Maha Bhuta sebagai unsur pembentuk tubuhmanusia
1.3      Menyenangi fatwa Nawa Vidha Bhakti
1.4      Menerima Atma sebagai pemberi hidup
1.5      Menerima Purana dan Itihasa sebagai dasar mengenal Veda
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki sikap jujur, santun, disiplin dan peduli melalui fatwa Nava Vidha Bhakti
2.2      Memiliki sikap disiplin, santun, dan peduli melalui pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Menjelaskan kepingan –bagian Tri Guna
3.2      Menjelaskan Tri Doshadalam diri manusia
3.3      Menyebutkan sifat-sifat Atma
3.4      Menyebutkan Itihasa dan Purana dalam Veda
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menceritakan lahirnya Bhisma dalam Mahabharata
4.2      Menceritakan perkembangan agama Hindu di Asia Selatan

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati fatwa Panca Yama dan Panca Nyama Bratha
1.2      Menghayatiajaran Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam kehidupan
1.3      Menghayati kemahakuasaan Sang Hyang Widhi melalui fatwa Asta Aiswarya
1.4      Menghayati fatwa Kepemimpinan dalam agama Hindu
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menghargai sikap jujur, bertanggung jawab, dan santun dari Putra yang Suputra
2.2      Menghargaiperilaku jujur dan tanggungjawab seorang pemimpin
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami fatwa Dasa Mala
3.2      Menerangkan contoh konkrit perihal Dasa Mala
3.3      Memahami makna inisiasi (samskara) dalam jenjang kehidupan manusia
3.4      Menyebutkan contoh-contoh Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā
3.5      Memahami kitab Itihasa
3.6      Menunjukkan contoh-contoh Asta Aiswarya
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menalar fatwa Panca Yama dan Panca Nyama Bratha dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari
4.2      Mengurai Kanda-kanda dalam Ramayana dan Parwa-parwa Mahabharata dalam ulasan cerita

 

 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati hakikat ketuhanan agama Buddha


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan empat sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari
2.2      Mengembangkan sikap toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan


3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma
3.2      Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambing-lambang dalam agama Buddha
3.3      Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha


4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Melaksanakan Pncasila Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari
4.2      Menceritakan insiden tujuh ahad setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.3      Menceritakan bantalan an Buddha menyiarkan Dharma
4.4      Menceritakan perjalanan Buddha memutar Roda Dharma



KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima kisah perihal kebijaksanaan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memaknai khotbah pertama Buddha
2.2      Memiliki sikap hormat dan peduli terhadap Dharmayatra
2.3      Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha lainnya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mendeskripsikan isi khotbah pertama Buddha
3.2      Menjelaskan tujuan dan manfaat melaksanakan Dharmayatra


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha
4.2      Menceritakan para pendukung Buddha
4.3      Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, dan Majapahit
4.4      Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman penjajahan dan kemerdekaan

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati diri sendiri
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki sikap santun dan peduli terhadap sahabat sejati
2.2      Menunjukkan kewajiban timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat
2.3      Mengembangkan sikap disiplin dalam melaksanakan meditasi ketenangan batin
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia
3.2      Mengidentifikasi kesetaraan gender dalam agama Buddha
3.3      Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk memelihara perdamaian
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari
4.2      Menceritakan insiden Buddha Parinibbana
4.3      Melatih meditasi ketenangan batin dalam kehidupan


 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
1.1        Menyakini fatwa agama sebagai pembimbing hidup menempuh jalan suci
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menghayati nabi Kong Zi sebagai Mu Duo Tian (Tian Zi Mu Duo)
2.2        Menghayati ayat yang terdapat dalam kitab Zhong Yong Bab Utama pasal ke-1 dan kitab Da Xue Bab Utama pasal ke-1 sebagai landasan keimanan
2.3        Menunjukkan semangat melaksanakan keyakinan sesuai dengan keimanan yang pokok
2.4        Menghayati sikap dan sikap hidup  sederhana dan suka menyerah (Qian Rang)
2.5        Menghayati sikap dan sikap Hati-hati (Shen Si)
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1        Menjelaskan definisi agama (Jiao) berdasarkan tinjauan kitab suci agama Khonghucu
3.2        Menjelaskan fungsi dan tujuan pengajaran agama
3.3        Menjelaskansejarah asal mula dan perkembangan agama Khonghucu
3.4        Menjelaskan sejarah asal mula masuknya agama Khonghucu serta perkembangan-nya di Indonesia
3.5        Menjelaskansejarah asal mula dan perkembangan agama Khonghucu
3.6        Menjelaskan sejarah asal mula masuknya agama Khonghucu serta perkembangan-nya di Indonesia
3.7        Mengemukakan nilai-nilai yang berkaitan dengan ke- teladanan nabi Kong Zi dan eksisitensi umat Khonghucu
3.8        Menjelaskan silsilah keluarga (nenek moyang) nabi Kong Zi.
3.9        Menceritakan perihal era kelahiran nabi Kong Zi
3.10      Mengetahui masa-masa awal kehidupan nabi Nabi Kong Zi
3.11      Menjelaskan pengembaraan Nabi Kong Zi dalam menyebarkan Firman Tian
3.12      Menunjukkan ciri-ciri khusus tempat ibadah umat Khonghucu
3.13      Membedakan antara tempat ibadah kepada Tian, Nabi, dan leluhur

3.14      Mengemukakan nilai-nilai keteladanan nabiKong Zi dan semangat belajarterdapat dalam lagu yang dinyanyikan
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan nabi Kong Zi dan eksistensi umat Khonghucu
4.2        Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keyakinan kepercayaan dan sikap Jun Zi



KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menyakini bahwa benih-benih kebajikan (Xing) dalam diri insan yakni Firman Tian yang wajib dilaksanakan oleh manusia
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menghayati makna Delapan Kebajikan (Ba De)
2.2      Menghayati makna Lima Kebajikan (Wu Chang)
2.3      Menghayati kitab Shi Shu dan Xiao Jing sebagai sumber tuntunan sikap hidup


3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
3.1      Menjelaskan arti kebajikan (De) berdasarkan karakter huruf
3.2      Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan kebajikan dan tabiat sejati manusia
3.3      Menjelaskan arti kata Jun Zi
3.4      Membedakan insan Jun Zi (luhur budi) dan Xiao Ren (rendah budi)
3.5      Menunjukkan sikap sesuai dengan sembilan hal yang dipikirkan oleh seorang Jun Zi
3.6      Menjelaskan kepingan kitab yang pokok (Si Shu)
3.7      Menjelaskan secara garis besar kepingan kitab Si Shu dan kitab Xiao Jing
3.8      Menjelaskan makna salam Wei De Dong Tian dan Xian You Ti De
3.9      Menjelaskan tata cara mengormat dengan merangkapkan tangan (Bai) membungkuk (Ju Gong), dan berlutut (Gui)
3.10    Menjelaskan tata cara sembahyang kepada leluhur
3.11    Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan sikap Jun Zi penghormatan kepada leluhur
3.12    Menjelaskan macam-macam dupa dan fungsinya
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan nilai-nilai kebajikan dan tabiat sejatimanusia
4.2      Mempraktekkan tata cara menghormat dengan merangkapkan tangan (Bai) membungkuk (Ju Gong), dan berlutut (Gui)
4.3      Menyusun perlengkapan sebahyang pada altar leluhur
4.4      Mempraktekkan sembahyang sembahyang kepada leluhur
4.5      Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan sikap Jun Zi penghormatan kepada leluhur
4.6      Mempraktekkan cara memakai dupa dalam sembahyang kepada Tian, nabi, dan para leluhur

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang bau tanah yakni jalan untuk sujud dan taat kepada Tian
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menghayati Pembinaan Diri sebagai kewajiban poko setiap manusia
2.2      Mengamalkan sikap bakti (Xiao) kepada Tian, kepada orang tua, dan kepada alam
2.3      Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan bakti kepada orang bau tanah dan cinta kepada lingkungan
2.4      Menunjukan sikap hidup serasi sebagai cara menempuh jalan suci di dunia
2.5      Menunjukkan sikap hidup rukun dan toleran dengan penganut agama lain
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Menyebutkan tahapan dan proses pelatihan diri
3.2      Menjelaskan arti kata Xiao berdasarkan karakter huruf
3.3      Menjelaskan tingkatan Rohaniwan agama Khonghucu
3.4      Menjelaskan kiprah dan kewajibanseorang rohaniwan
3.5      Menjelaskan arti Dao berdasarkan karakter huruf
3.6      Menjelaskan arti Dao berdasarkan pemahaman iman
3.7      Mengemuka- kan nilai-nilai berkaitan dengan upacara Li Yuan umat, dan pemberkatan pernikahan
3.8      Menjelaskan macam-macam, maksud dan tujuan upacara Li Yuan (pemberkatan)
3.9      Menjelaskan perihal kebebasan beragama di Indonesia
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan sikap bakti kepada orang bau tanah dan cinta kepada lingkungan
4.2      Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan upacara Li Yuan peneguhan iman, dan pemberkatan pernikahan
4.3      Mempraktekkan upacara Li Yuan Peneguhan Iman


 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargaidan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1     Menghargai sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia  dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1     Menunjukkan semangat dan kesepakatan kebangsaan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2     Menunjukan sikap sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3     Menunjukkan sikap toleranterhadap  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
2.4     Menunjukkan  semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami tempat tempat tinggalnya sebagai kepingan yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1     Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
3.2     Memahami sejarah perumusan dan pengukuhan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3     Memahami isi  alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
3.4     Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5     Memahami  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
3.6     Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7     Memahami karakteristik tempat tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1     Menyajikan goresan pena singkat perihal “sejarah dan semagat kesepakatan para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2     Menyajikan goresan pena singkat perihal sejarah perumusan dan pengukuhan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3     Membuat kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4     Menyajikan hasil pengamatan perihal norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5     Berinteraksi dengan sobat dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai  dalam keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6     Menampilkan sikap kebersatuan dalam  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
4.7     Menyajikan  karakteristik tempat tempat tinggalnya sebagai kepingan utuh dari NKRI

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1     Menghargai sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan Negara
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan semangat dan kesepakatan kebangsaan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam tetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.2     Menunjukkan semangatkebangsaan dan kebernegaraan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam dalam tetapkan UUD1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3     Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
2.4     Menghargai semangat dan kesepakatan sumpah cowok dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh cowok pada ketika mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5     Menghargai semangat dan kesepakatan persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1     Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2     Menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3     Mendiskusikan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
3.4     Membedakan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5     Memahami hak asasi insan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6     Mendeskripsikan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7     Mendiskusikan unsur-unsur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1     Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2     Menyajikan korelasi fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3     Melaksanakan kewajiban sesuai  peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari
4.4     Melaksanakan hasil pengamatan perihal norma, dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Indonesia 
4.5     Mengamati dan melaksanakan kewajiban asasi insan sebagaimana diatur Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6     Mengamati dan melaksanakan kerjasama dalam masyarakat yang bermacam-macam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7     Mengamati dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghayati sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1     Menunjukkan penghargaan terhadap  keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.2     Menghargai aturan yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.3     Menunjukkan sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.4     Meneladani semangat dan kesepakatan sumpah cowok sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh cowok pada ketika mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5     Menghayati semangat dan kesepakatan persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
3.   Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1     Menelaah dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2     Menelaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3     Menelaah norma aturan dan sistem penegakkan aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.4     Mengemukakan perbedaan  baik dan jelek dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila
3.5     Memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
3.6     Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.   Mengolah, menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.2     Menyajikan goresan pena perihal pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3     Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4     Menampilkan contoh sikap, tutur kata, dan sikap yang baik, sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
4.5     Merumuskan dan mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian duduk masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
4.6     Menampilkan kajian dinamika penguatan kesepakatan mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

BAHASA INDONESIA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

 KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   1.Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami isu verbal dan tulis
1.3     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan isu verbal dan tulis
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Memiliki sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau insiden berdasarkan hasil observasi
2.2     Memiliki sikap percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat jawaban pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3     Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu perihal suatu duduk masalah yang terjadi pada masyarakat
2.4     Memiliki sikap jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5     Memiliki sikap percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi insiden jangka pendek
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1     Memahami teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek baik melalui verbal maupun tulisan
3.2     Membedakan teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek baik melalui verbal maupun tulisan
3.3     Mengklasifikasi teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek baik melalui verbal maupun tulisan 
3.4     Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui verbal maupun tulisan
4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menangkap makna teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek baik secara verbal maupun tulisan
4.2     Menyusun teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara verbal maupun tulisan
4.3     Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan kisah pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
4.4     Meringkas teks hasil observasi, jawaban deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan kisah pendek baik secara verbal maupun tulisan

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami isu verbal dan tulis
1.3     Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan isu verbal dan tulis
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Memiliki sikap jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit
2.2     Memiliki sikap peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.3     Memiliki sikap demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat perihal masalah atau sudut pandang
2.4     Memilikiperilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan
2.5     Memiliki sikap jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali insiden hidup diri sendiri dan orang lain
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1     Memahami teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi baik melalui verbal maupun tulisan
3.2     Membedakan teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi baik melalui verbal maupun tulisan
3.3     Mengklasifikasi teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi baik melalui verbal maupun tulisan 
3.4     Mengidentifikasi kekurangan teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui verbal mupun tulisan
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1     Menangkap makna teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi baik secara verbal maupun tulisan
4.2     Menyusun teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibentuk baik secara verbal maupun tulisan
4.3     Menelaah dan merevisi teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
4.4     Meringkas teks kisah moral/fabel, ulasan, diskusi, kisah prosedur, dan kisah biografi baik secara verbal maupun tulisan

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghargai dan mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2      Menghargai dan  mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami isu verbal dan tulis
1.3      Menghargai dan  mensyukuri eksistensi bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan isu verbal dan tulis
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memiliki sikap jujur dan percaya diri dalam menangani insiden dan memperlihatkan makna insiden dalam konteks budaya masyarakat
2.2      Memiliki sikap cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
2.3      Memiliki sikap demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang perihal suatu masalah
2.4      Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui verbal maupun tulisan
3.2      Membedakan teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui verbal maupun tulisan
3.3      Mengklasifikasi teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui verbal maupun tulisan
3.4      Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui verbal mupun tulisan
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menangkap makna teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara verbal maupun tulisan
4.2      Menyusun teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibentuk baik secara verbal mupun tulisan
4.3      Menelaah dan merevisi teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara verbal maupun tulisan
4.4      Meringkas teks eksemplum, jawaban kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara verbal maupun tulisan

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

MATEMATIKA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargaidan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menunjukkan sikap konsisten dan teliti dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pemahaman perihal operasi hitung bilangan lingkaran dan pecahan
2.2     Menunjukkan sikap ingin tahu dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan operasi bilangan bulat
2.3     Menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
2.4     Menunjukkan sikap disiplin dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi pelaksanakan mekanisme dalam menggambar segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbunya memakai penggaris, jangka, dan busur
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1     Membandingkan dan mengurutkan banyak sekali jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan lingkaran dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan banyak sekali sifat operasi
3.2     Memahami pengertian himpunan, himpunan bagian, tambahan himpunan, operasi himpunan dan memperlihatkan contoh dan bukan contoh
3.3     Menentukan nilai variabel dalam persamaan dan pertaksamaan linear satu variabel
3.4     Memahami konsep perbandingan dan memakai bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan korelasi dua besaran
3.5     Memahami pola dan menggunakannya untuk menduga dan membuat generalisasi (kesimpulan)
3.6     Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
3.7     Mendeskripsikan lokasi benda dalam koordinat Kartesius
3.8     Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar yang tidak beraturan dengan menerapkan prinsip-prinsip geometri
3.9     Memahami konsep transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) memakai objek-objek geometri
3.10   Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
3.11   Memahami teknik penataan data dari dua variabel memakai tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1     Menggunakan konsep aljabar dalam menuntaskan duduk masalah aritmatika sosial sederhana
4.2     Membuat dan menuntaskan model matematika dari duduk masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
4.3     Menggunakan pola dan generalisasi untuk menuntaskan duduk masalah
4.4     Menggunakan konsep perbandingan untuk menuntaskan duduk masalah nyata dengan memakai tabel dan grafik
4.5     Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui memakai grafik 
4.6     Menerapkan prinsip-prinsip transformasi (dilatasi, translasi, pencerminan, rotasi) dalam memecahkan permasalahan nyata
4.7     Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
4.8     Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik
4.9     melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari duduk masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menunjukkan sikap teliti dan sesuai mekanisme dalam melaksanakan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar skema grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius  mengikuti prosedur
2.2       Menunjukkan sikap ingin tahu dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga
2.3       Menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1       Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
3.2       Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
3.3       Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
3.4       Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
3.5       Menyajikan fungsi dalam banyak sekali bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
3.6       Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
3.7       Memahami korelasi sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
3.8       Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan banyak sekali pola bilangan
3.9       Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.10     Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap teladan tertentu
3.11     Menaksir dan menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya
3.12     Memahami konsep perbandingan dengan memakai tabel, grafik, dan persamaan
3.13     Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data nyata
3.14     Memahami teknik penataan data dari dua variabel memakai tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis korelasi antar variabel
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Membuat dan menuntaskan model matematika dari duduk masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
4.2       Menggunakan konsep perbandingan untuk menuntaskan duduk masalah nyata dengan memakai tabel, grafik, dan persamaan
4.3       Menggunakan pola dan generalisasi untuk menuntaskan duduk masalah nyata
4.4       Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui memakai grafik, aljabar, dan aritmatika
4.5       Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menuntaskan banyak sekali duduk masalah
4.6       Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan korelasi sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.7       Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi korelasi antar variabel
4.8       Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari duduk masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.  Menghargaidan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.  Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menunjukkan sikap ingin tahu dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari sifat-sifat segitiga sebangun dan kongruen
2.2       Menunjukkan sikap konsisten dan teliti dalam melaksanakan kegiatan di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari barisan, deret aritmetika dan geometri
2.3       Menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1       Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
3.2       Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat lingkaran dan bentuk akar
3.3       Menganalisis sifat-sifat fungsi kuadrat ditinjau dari koefisien dan determinannya
3.4       Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan memakai tabel, grafik, dan persamaan
3.5       Menentukan orientasi dan lokasi benda dalam koordinat kartesius serta menentukan  posisi relatif terhadap teladan tertentu
3.6       Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
3.7       Menentukan  luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
3.8       menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya
3.9       Menentukan peluang suatu insiden sederhana  secara empirik dan teoritik
3.10     Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
3.11     Menentukan nilai rata-rata, median, dan modus dari banyak sekali jenis data
3.12     Memahami  teknik penyajian data dari dua variabel memakai tabel dan banyak sekali jenis grafik duduk masalah nyata serta menentukan korelasi antar variabel untuk mengambil kesimpulan
3.13     Memahami konsep ruang sampel dan menentukan anggota melalui percobaan
3.14     Memilih taktik dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
4.  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Menyelesaikan permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
4.2       Menggunakan konsep perbandingan untuk menuntaskan duduk masalah nyata meliputi perbandingan bertingkat dan persentase dengan memakai tabel, grafik, dan persamaan
4.3       Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui memakai banyak sekali modifikasi aljabar dan aritmatika 
4.4       Menggunakan pola dan generalisasi untuk menuntaskan duduk masalah nyata serta menemukan duduk masalah baru
4.5       Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
4.6       Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel dan banyak sekali grafik serta mengidentifikasi korelasi antar variabel serta mengambil kesimpulan
4.7       Menerapkan prinsip-prinsip peluang untuk menuntaskan duduk masalah nyata
4.8       Membuat dan menuntaskan model matematika dari banyak sekali permasalahan nyata

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  fatwa agama yang dianutnya
1.1      Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan perihal aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan fatwa agama yang dianutnya
1.2      Bertambah keimanannya dengan menyadari korelasi keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3      Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menentukan penggunaan materi kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4      Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1      Memahami konsep pengukuran banyak sekali besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai kepingan dari observasi, serta pentingnyaperumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
3.2      Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3      Memahami mekanisme pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai kepingan kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan banyak sekali makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.4      Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme, serta komposisi materi kimia utama penyusun sel
3.5      Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang sanggup dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan campuran)
3.6      Mengenal konsep energi, banyak sekali sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7      Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada insan dan binatang serta dalam kehidupan sehari-hari
3.8      Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9      Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10    Mendeskripsikan perihal penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku
4.2      Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3      Mengumpulkan data dan melaksanakan penjabaran terhadap benda-benda, tumbuhan, dan binatang yang ada di lingkungan sekitar
4.4      Membuat dan menyajikan poster perihal sel dan bagian-bagiannya
4.5      Melakukan pemisahan gabungan berdasarkan sifat fisika dan kimia
4.6      Melakukan percobaan sederhana untuk menilik proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.7      Melakukan percobaan untuk menilik imbas kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.8      Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.9      Melakukan percobaan untuk menilik respirasi pada hewan
4.10    Melakukanpengamatan dengan pertolongan alat untuk menilik struktur mikro tumbuhan dan hewan
4.11    Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar memakai indikator buatan maupun alami
4.12    Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13    Menyajikan data dan isu perihal pemanasan global dan memperlihatkan usulan penanggulangan masalah

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan perihal aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan fatwa agama yang dianutnya
1.2        Bertambah keimanannya dengan menyadari korelasi keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3        menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan pada orang yang menjual kuliner sehat tanpa gabungan zat aditif yang berbahaya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1        Memahami gerak lurus, imbas gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
3.2        Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari serta pada sistem rangka insan dan hewan
3.3        Mendeskripsikan perihal sifat material dan konsep gaya yang dipakai dalam konstruksi bangunan, serta imbas material tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4        Memahami sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam sistem peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan osmosis, difusi pada insiden respirasi serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari
3.5        Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada binatang dan dalam kehidupan sehari-hari
3.6        Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan prinsip kerja alat optik
3.7        Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta banyak sekali pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
3.8        Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
3.9        Mengenal konsep listrik statis, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, kelistrikan pada jantung, kelistrikan tulang, dan hewan-hewan yang mengandung listrik
3.10      Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam kuliner dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.11      Memahami reproduksi pada tumbuhan, hewan, dan manusia, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
3.12      Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.13      Memahami struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta kaitannya dengan keragaman batuan dan mineral di beberapa daerah
3.14      Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta imbas radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.15      Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, insiden gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan demam isu serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Melakukan penyelidikan perihal gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan perihal imbas gaya terhadap gerak
3.2        Melakukan penyelidikan perihal laba mekanik pada pesawat sederhana
4.2        Membuat proyek miniatur jembatan atau bangunan dengan memanfaatkan konsep gaya
4.3        Melakukan percobaan untuk menilik tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas, dan tekanan cairan pada ruang tertutup
4.4        Melakukan percobaan untuk menilik transport cairan dalam batang tumbuhan
4.5        Membuat laporan hasil penyelidikan perihal pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
4.6        Melakukan percobaan untuk menilik muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
4.7        Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
3.3        Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
3.4        Melakukan penyelidikan perihal pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
4.8        Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan duduk masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam kuliner dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
4.9        Membuat laporan perihal sumber daya alam berupa unsur atau senyawa kimia yang ada di Indonesia
4.10      Menyajikan isu berdasarkan pengolahan data fenomena gempa bumi dan gunung api di Indonesia
4.11      Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran isu perihal karakteristik komponen tata surya

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan perihal aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan fatwa agama yang dianutnya
1.2        Bertambah keimanannya dengan menyadari korelasi keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3        Menunjukkan sikap hemat dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud sikap hemat dalam memakai energi listrik
2.4        menunjukkan penghargaan kepada orang dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1        Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta prinsip keseimbangan dan gaya statik dalam menjalankan fungsinya pada banyak sekali kondisi
3.2        Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada insan dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
3.3        Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit  pada sistem reproduksi, dan dampak negatif korelasi tubuh pranikah serta pencegahanya
3.4        Memahami konsep atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristikmaterial yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari
3.5        Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), banyak sekali upaya dalam menghemat energi listrik, serta serta teknologi listrik yang dipakai dalam elektrokardiografi (EKG) dan alat bantu pendengaran
3.6        Mendeskripsikan konsep medan listrik, medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan listrik dan magnet dalam pergerakan/navigasi binatang untuk mencari kuliner dan migrasi
3.7        Mendeskripsikan cara kerja laser dan peralatan difraksi sinar-X serta pemanfaatannya untuk perawatan kesehatan
3.8        Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
3.9        Menyajikan data dan laporan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup insan melalui produksi pangan
3.10      Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
3.11      Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1        Menyajikan goresan pena perihal upaya menjaga kesehatan rangka insan dikaitkan dengan zat gizi kuliner dan sikap sehari-hari
4.2        Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada insan dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
4.3        Menyajikan hasil penelusuran isu dari banyak sekali sumber perihal penyakit menular dan upaya pencegahannya
4.4        Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta korelasi energi listrik dengan tegangan, berpengaruh arus dan waktu pemakaian
4.5        Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsipelektro-magnetik dan induksi elektromagnetik
4.6        Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan aturan pewarisan sifat mahluk hidup
4.7        Menyajikan data dan laporan penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup insan melalui produksi pangan
4.8        Menyajikan data dan isu perihal proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS )

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


1.1       Menghargai karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala  perubahannya
1.2       Menghargai fatwa agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3       Menghargai karunia Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Meniru sikap jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
2.2       Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan social, budaya, ekonomi dan politik
2.3       Menunjukkan sikap santun, toleran dan peduli dalam melakukan  interaksi sosial dengan lingkungan dan sobat sebaya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1       Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2       Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3       Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
3.4       Memahami pengertian dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1       Menyajikan hasil pengamatan perihal hasil-hasil kebudayaan dan fikiran  masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.2       Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahamijenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3       Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati karunia Tuhan YME yang telah membuat waktu dengan segala perubahannya
1.2      Menghayati fatwa agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat
1.3      Menghayati karunia Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan
2.2      Berperilaku jujur, sopan, estetikadan mempunyai motivasi internal ketika bekerjasama dengan forum sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3      Menunjukkan sikap peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulanganpermasalahan lingkungan hidup
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1      Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2      Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3      Mendiskripsikan fungsi dan kiprah kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat
3.4      Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyajikan hasil olahan telaah perihal peninggalan kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya
4.2      Menggunakan banyak sekali taktik untuk memecahkan duduk masalah yang berkaitan dengan fungsi  kiprah kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
4.3      Menyajikan hasil pengamatan perihal bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya
1.1       Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memperlihatkan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melaksanakan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2       Mensyukuri adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan insan dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3       Mensykuri karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah membuat insan dan lingkungannya


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menunjukkan sikap cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2       Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadaplembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3       Memiliki rasa tanggungjawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1       Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang meliputi perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2       Menelaah perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan hingga dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan
3.3       Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
3.4       Membandingkan landasan dari dinamika interaksi insan dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.   Mengolah, menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Menyajikan hasil olahan telaah tentanghasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan hingga kini dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.2       Merumuskan alternatif  tindakan nyata dalam mengatasi duduk masalah yang kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.3       Merumuskan alternatif  tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi duduk masalah lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi sebagai akhir adanya dinamika interaksi insan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

 

 KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

BAHASA INGGRIS

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.2      Menghargai dan memperlihatkan sikap motivasi internal untuk pengembangan kemampuan berbahasa


3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal banyak sekali cara berbeda dalam membuka percakapan (menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topik percakapan)
3.2      Mengenal banyak sekali cara berbeda dalam mengakhiri percakapan (menutup percakapan, leave-taking)
3.3      Memahami cara dan fakta yang diharapkan untuk mendeskripsikan lingkungan sosial dan objek seni budaya di sekitarnya (generic structure/language feature descriptive text)
3.4      Memahami cara dan fakta yang diharapkan untuk memberikan isu dan instruksi yang diperoleh dari pengumuman, undangan, pesan singkat, iklan, dan teks label pada obat/makanan/minuman
3.5      Memahami cara dan fakta yang diharapkan untuk mengungkapkan kegiatan rutinnya (generic structure/language feature descriptive text)
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuka dan menutup percakapan interpersonal dengan ungkapan bervariasi melalui kegiatan menyimak dan berbicara
4.2      Mengakhiri percakapan interpersonaldengan ungkapan bervariasi untuk tujuan menutup percakapan dan leave-taking melalui kegiatan menyimak dan berbicara
4.3      Merangkai cara dan fakta yang diharapkan untuk mendeskripsikan lingkungan sosial dan objek seni budaya di sekitarnya (generic structure/ language feature descriptive text) melalui kegiatan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara
4.4      Menyampaikan isu dan instruksi dengan ungkapan bervariasi perihal fakta dengan benar dalam bentuk short functional textberupa pengumuman, undangan, pesan singkat, iklan, dan teks label pada obat/ makanan/ minuman melalui kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
4.5      Menyampaikan fakta dengan ungkapan bervariasi perihal kegiatan rutin dalam bentuk recount textmelalui kegiatan menulis dan berbicara

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.    Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap jujur, ingin tahu, percaya diri, dan toleransi ketika melaksanakan komunikasi transaksional
2.2      Menghargai dan memperlihatkan sikap motivasi internal dan tanggung jawab dalam berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kerjasama dengan sobat untuk pengembangan kemampuan berbahasa
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal banyak sekali cara yang berbeda dalam menyela percakapan untuk tujuan meminta penjelasan dan atau mengkonfirmasi
3.2      Memahami banyak sekali cara yang berbeda dalam menyela percakapan untuk tujuan mengganti topik percakapan
3.3      Memahami banyak sekali cara yang berbeda dalam memperlihatkan perhatian dalam bentuk penghargaan dan kebanggaan terhadap isi pembicaraan lawan bicara
3.4      Memahami cara dan fakta yang diharapkan dalam mengungkapkan kegiatannya yang telah lampau (recount text)
3.5      Memahami cara dan fakta yang diharapkan dalam mengungkapkan langkah-langkah membuat suatu karya prakarya (procedure text)
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menyela percakapan transactional dengan ungkapan bervariasi untuk tujuan mengklarifikasi, mengkonfirmasi melalui atau mengganti topik percakapan kegiatan menyimak dan berbicara
4.2      Menyela percakapan dengan ungkapan bervariasi untuk tujuan mengganti topik percakapan melalui kegiatan menyimak dan berbicara
4.3      Menggunakan banyak sekali cara yang berbeda dalam memperlihatkan perhatian dalam bentuk penghargaan dan kebanggaan terhadap isi pembicaraan lawan bicara melalui kegiatan menyimak dan berbicara
4.4      Menyampaikan fakta perihal kegiatan seseorang pada masa lampau (recount text) melalui kegiatan menulis dan berbicara
4.5      Menyampaikan fakta melalui langkah-langkah pembuatan suatu produk atau karya (procedure text) melalui kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


2.     Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, percaya diri, tanggung jawab dengan memakai teks ilmiah perihal lingkungan alam
2.2      Menghargai dan memperlihatkan sikap motivasi internal, tanggung jawab, kerja sama, cinta tenang dengan melaksanakan berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan kerjasama dengan teman
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami banyak sekali cara yang berbeda dalam mengungkapkan keingintahuannya perihal sesuatu yang terkait dengan lingkungan sosial dan lingkungan alam tempat tinggalnya
3.2      Memahami banyak sekali cara berbeda dalam mengungkapkan kesetujuan, ketidaksetujuan, atau oke sebahagian terhadap isi pembicaraan lawan bicara dengan argumentasi
3.3      Memahami cara dan fakta yang diharapkan dalam mengungkapkan pendapatnya perihal suatu fenomena sosial sederhana (generic structure/language feature analytical exposition text)
3.4      Memahami cara dan fakta yang diharapkan dalam mengungkapkan terjadinya suatu fenomena alam sederhana (generic structure/language feature exposition text)
3.5      Memahami banyak sekali cara berbeda dalam memberi penguatan dan tambahan isu terhadap pendapat sobat perihal insiden suatu fenomena sosial dan alam sederhana
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menanyakan fakta dan fenomena(asking for information) dengan ungkapan bervariasi yang terkait dengan lingkungan sosial dan lingkungan alam tempat tinggal melalui kegiatan berbicara
4.2      Menyampaikan argumentasi untuk menyatakan setuju, tidak setuju, oke sebahagian terhadap pendapat lawan bicara melalui kegiatan berbicara dan menulis
4.3      Menyampaikan pendapat atau opini sesuai retorika berdasarkan fakta perihal suatu fenomena sosial sederhana (generic structure/ language feature of analytical exposition text) melalui kegiatan berbicara dan menulis
4.4      Menyampaikan pendapat atau opini sesuai retorika berdasarkan fakta perihal suatu fenomena alam sederhana (generic structure/ language feature of analytical exposition text) melalui kegiatan berbicara dan menulis
4.5      Memberi penguatan dan tambahan isu atas pendapat sobat (generic structure/ language feature of analytical exposition text) sesuai retorika berdasarkan fakta atas fenomena sosial dan alam sederhana melalui kegiatan berbicara dan menulis

 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SENI BUDAYA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati  fatwa agama yang dianutnya
1.1      Mengapresiasi keragaman dan keunikan karya seni tempat sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan mempunyai rasa gembira terhadap bangsa dan tanah air
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap keragaman dan keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik) gagasan, struktur, makna dan teknik karya musik, karya tari, karya rupa dan karya teater sebagai kekayaan budaya bangsa
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengidentifikasi konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2      Memahami teknik vokal dan pemainan musik ansambel
3.3      Memahami teknik vokal dan karakteristik lagu daerah
3.4      Mengidentifikasi gerak tari kreasi tradisi dan kreasi non tradisi berdasarkan level Tempo dan dinamika gerak
3.5      Memahami teknik penyusunan konsep/naskah pertunjukan teater
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Menggambar tumbuhan dan fauna
4.2      Menggambar ragam hias
4.3      Membuat karya kriya tekstil dengan memanfaatkan banyak sekali teknik dan corak
4.4      Membuat karya kriya kayu dengan memanfaatkan banyak sekali teknik dan corak
4.5      Menyanyikan lagu tempat secara unisono dengan teknik vokal
4.6      Menampilkan teknik permainan musik sederhana secara perseorangan dan berkelompok
4.7      Menyanyikan lagu tempat bentuk vokal groupdengan teknik vokal
4.8      Menampilkan musik ansambel campuran
4.9      Menemukan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.10    Memperagakan teknik gerak tari kreasi tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak sesuai iringan
4.11    Mengembangkangerak tari kreasi non tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.12    Memperagakan teknik gerak tari non kreasi non tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak sesuai iringan
4.13    Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam sekitar sebagai inspirasi
4.14    Mengembangkanpembuatan konsep/naskah teater yang berkaitan dengan tema alam
4.15    Merancang pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam  berteater, menari dan praktik musik
4.16    Menampilkan pertunjukan teater, musik dan tari

KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1    Mengapresiasi keragaman dan keunikan karya seni daerah-daerah di Indonesia sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan mempunyai rasa gembira terhadap bangsa dan tanah air
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1    Menampilkan sikap apresiatif (menyukai, menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik) gagasan, bentuk, teknik dan fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi
2.2    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater, menari, penampilan  musik ansambel dan vokal group
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Memahami konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2      Memahami teknik menggubah lagu secara sederhana
3.3      Mengidentifikasi keunikan gerak tari kreasi tradisi dan tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan memakai unsur pendukung tari
3.4      Memahami teknik pemeranan
3.5      Memahami pertunjukkan teater tradisional
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat gambar model dengan bermacam-macam materi dan teknik
4.2      Membuat gambar illustrasi dengan teknik manual maupun digital
4.3      Membuat karya kriya logam dengan memanfaatkan banyak sekali teknik dan corak
4.4      Membuat karya tapistri dengan memanfaatkan banyak sekali teknik dan corak
4.5      Menggubah musik modern Indonesia untuk disajikan secara unisono atau perseorangan (menggubah dengan membuat notasi dan iringan memakai akor pokok)
4.6      Menggubah musik modern Indonesia untuk disajikan dalam bentuk vokal grup atau kelompok (menggubah dengan membuat notasi dan iringan memakai akor pokok)
4.7      Menampilkan musik modern Indonesia untuk disajikan secara perseorangan (menggubah dengan membuat notasi dan iringan memakai akor pokok
4.8       Menampilkan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara kelompok (menggubah dengan membuat notasi dan iringan memakai akor pokok
4.9      Merangkai gerak tari kreasi tradisi berdasarkan pola lantai dengan memakai unsur pendukung tari
4.10    Memperagakan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan pola lantai dengan memakai unsur pendukung tari
4.11    Merangkai gerak tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan memakai unsur pendukung tari
4.12    Memperagakan gerak tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan memakai unsur pendukung tari
4.13    Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisi
4.14    Mengembangkan kisah teater dari sumber budaya tradisi
4.15    Merancang dan Mempertunjukan teater gaya teater tradisional

KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1       Mengapresiasi  keunikan dan kekayaan karya seni budaya Nusantara sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan bersyukur dan gembira terhadap bangsa dan tanah air Indonesia
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Menampilkan sikap apresiatif (menyukai, menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik)  gagasan, bentuk, teknik dan fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi, penampilan musik, tari dan teater
2.2     Menerapkan prinsip kerjasama dalam seni rupa, teater, tari dan musik
3.   Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1       Menganalisis konseptual, operasional dan sintesis seni rupa
3.2       Menganalisis konsep dan mekanisme dalam menggubah lagu
3.3       Mengidentifikasi karya tari kreasi tradisi dan tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari
3.4       Memahami teknik penyutradaraan
3.5       Memahami pertunjukan teater modern
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Membuat karya seni lukis dengan  banyak sekali teknik dan aliran
4.2       Membuat karya seni patung dengan banyak sekali teknik
4.3       Membuat karya seni grafis dengan banyak sekali teknikMerancang dan menyelenggarakan pameran
4.4       Menggubah musik daerah/Nusantara yang disajikan secara perseorangan (membuat notasi dan iringan akornya)
4.5       Menggubah musik daerah/Nusantara yang disajikan secara kelompok (membuat notasi dan iringan akornya)
4.6       Menyanjikan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara unison
4.7       Menyanjikan hasil gubahan musik modern Indonesia untuk disajikan secara kelompok
4.8       Menyusun karya tari kreasi tradisi berdasarkan komposisi tari
4.9       Memperagakan karya tari kreasi berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
4.10     Menyusun karya tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari
4.11     Memperagakan karya tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
4.12     Menerapkan tehnik  olah tubuh, olah suara, dan olah rasa gaya teater Modern Indonesia
4.13     Merancang dan mempersiapkan pementasan gaya teater Modern
4.14     Merancang konsep produksi dan administrasi pertunjukan teater

 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS VII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianut
1.1  Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melaksanakan kegiatan jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.     Pembiasaan sikap berdoa sebelum dan setelah pelajaran
b.    Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c.     Mempraktikkan kebiasaan baik dalam berolahraga dan latihan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Berperilaku sportif dalam bermain
2.2      Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3      Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.4      Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan
2.5      Toleransi dan mau mengembangkan dengan sobat lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6      Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.7      Belajar mendapatkan kekalahan dan kemenangan dalam permainan
2.8      Memiliki sikap hidup sehat


3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1      Memahami pengetahuan dan tindakan P3K pada insiden darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
3.2      Memahami konsep gaya hidup sehat untuk mencegah banyak sekali penyakit
3.3      Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar permainan bola besar
3.4      Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar permainan bola kecil
3.5      Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar)
3.6      Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar olahraga beladiri
3.7      Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
3.8      Memahami pengetahuan modifikasi kegiatan gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
3.9      Memahami pengetahuan pengembangan komponen kebugaran jasmani
3.10    Memahami pengetahuan teknik dasar beberapa gaya renang
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Mempraktikkan modifikasi teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya
4.2      Mempraktikkan modifikasi teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya
4.3      Mempraktikkan modifikasi teknik dasar dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak dasar fundamentalnya
4.4      Mempraktikkan modifikasi teknik dasar olahraga beladiri dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya
4.5      Mempraktikkan gabungan pola gerak lebih banyak didominasi menuju teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
4.6      Mempraktikkan kegiatan gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
4.7      Mempraktikkan lima komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan
4.8      Mempraktikkan satu atau dua teknik dasar gaya renang dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu

KELAS VIII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melaksanakan kegiatan jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.     Pembiasaan sikap berdoa sebelum dan setelah pelajaran
b.    Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c.     Mempraktikkan kebiasaan baik dalam berolahraga dan latihan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Berperilaku sportif dalam bermain
2.2       Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3       Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.4       Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan
2.5       Toleransi dan mau mengembangkan dalam penggunaan sarana dan prasarana
2.6       Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.7       Belajar mendapatkan kekalahan dan kemenangan dalam permainan
2.8       Memiliki sikap hidup sehat
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1       Memahami prinsip-prinsip pencegahan terhadap ancaman tindakan asusila (pergaulan bebas), NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat
3.2       Memahami pola makan sehat, bergizi dan seimbang
3.3       Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
3.4       Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola kecil
3.5       Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar)
3.6       Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar olahraga beladiri
3.7       Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
3.8       Menentukan variasi rangkaian kegiatan gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
3.9       Memahami pengembangan komponen kebugaran jasmani
3.10    Membedakan dua teknik dasar gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dikuasai sebelumnya
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1       Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar banyak sekali bentuk permainan bola besar dengan koordinasi yang baik
4.2       Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar banyak sekali bentuk permainan bola kecil dengan koordinasi yang baik
4.3       Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4       Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar olahraga beladiri;
4.5       Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana
4.6       Mempraktikkan variasi rangkaian kegiatan gerak berirama dalam bentuk rangkaian sederhana
4.7       Mempraktikkan empat komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrument yang digunakan
4.8       Mempraktikkan keterampilan dua teknik dasar gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dimiliki dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu

KELAS IX
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya


1.1       Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melaksanakan kegiatan jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.     Pembiasaan sikap berdoa sebelum dan setelah pelajaran
b.    Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
c.     Mempraktikkan kebiasaan baik dalam berolahraga dan latihan


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Berperilaku sportif dalam bermain
2.2      Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang lain, lingkungan sekitar, serta  dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3      Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.4      Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik dalam bentuk permainan
2.5      Toleransi dan mau mengembangkan dalam penggunaan sarana dan prasarana
2.6      Disiplin selama melaksanakan banyak sekali kegiatan fisik
2.7      Belajar mendapatkan kekalahan dan kemenangan dalam permainan
2.8      Memiliki sikap hidup sehat


3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1      Memahami pola pengembangan kesehatan mental
3.2      Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah tingkat kesulitan dan melatih keterampilan pengambilan keputusan ketika berada dalam situasi permainan bola besar
3.3      Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah tingkat kesulitan dan melatih keterampilan pengembilan keputusan ketika berada dalam situasi permainan bola kecil
3.4      Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah tingkat kesulitan dan melatih keterampilan pengambilan keputusan ketika berada dalam situasi perlombaan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar)

3.5      Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar, serta peraturan yang dimodifikasi untuk menambah tingkat kesulitan dan melatih keterampilan pengambilan keputusan ketika berada dalam peragaan olahraga beladiri
3.6      Menentukan variasi rangkaian gerak dasar senam secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
3.7      Menentukan variasi rangkaian kegiatan gerak berirama secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
3.8      Memahami pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan
3.9      Membedakan tiga gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dimiliki sebelumnya
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1      Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar ke dalam permainan bola besar secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.2      Mempraktikkan variasi  dan kombinasi teknik dasar ke dalam permainan bola kecil secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.3      Mempraktikkan variasi  dan kombinasi teknik dasar ke dalam perlombaan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.4      Mempraktikkan variasi  dan kombinasi teknik dasar ke dalam peragaan olahraga beladiri secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.5      Mempraktikkan variasi rangkaian kegiatan gerak dasar senam secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.6      Mempraktikkan variasi rangkaian kegiatan gerak berirama secara lancar, terkontrol, dan koordinatif
4.7      Mempraktikkan lima komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan
4.8      Mempraktikkan tiga gaya renang melalui penambahan gaya yang telah dikuasai dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu

 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PRAKARYA

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)

KELAS: VII
KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


1.1      Menerima keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Memperlihatkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan


3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata


3.1      Mengenal aneka jenis materi alami dan buatan yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kerajinan etnik
3.2      Mengidentifikasi materi dan teknik karya kerajinan etnik dari materi alami dan buatan yang ada di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Merancang karya kerajinan etnik dari materi alami dan buatan sesuai tradisi tempat setempat
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat karya kerajinan etnik dari materi alamiyang ada di tempat setempat
4.2      Memodifikasi karya kerajinan etnik dari materi buatan di tempat setempat
4.3      Membuat karya kerajinan etnik dari materi buatan yang ada di tempat setempat
4.4      Memodifikasi karya kerajinan etnik dari materi buatan di tempat setempat

REKAYASA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Memperlihatkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal aneka jenis karya rekayasa yang dipakai sebagai penyaring air dan alat mekanik
3.2      Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang dipakai sebagai penyaring air dan peralatan mekanik yang ada di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Memahami mekanisme pembuatan karya rekayasa yang dipakai sebagai penyaring air dan peralatan mekanik
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat produk penjernih air dari materi alami yang ada di lingkungan sekitar
4.2      Membuat produk penjernih air dari materi buatan yang ada di lingkungan sekitar
4.3      Merakit produk sederhana memakai teknologi mekanik
4.4      Membuat mainan memakai teknologi mekanik



BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1     Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2     Memperlihatkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3     Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengetahui aneka jenis budidaya  tumbuhan pangan dan obat di lingkungan sekitar
3.2      Mengidentifikasisarana dan teknik yang dipakai untuk budidaya tumbuhan pangan dan obat dengan banyak sekali media di lingkungan sekitar
3.3      Merancang kegiatan budidaya tumbuhan obat dan pangan di lingkungan sekitar
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membudi-dayakan tumbuhan pangan
4.2      Membudi-dayakan tumbuhan pangan sesuai dengan media tanam
4.3      Membudi-dayakan tumbuhan obat
4.4      Membudi-dayakan tumbuhan obat sesuai dengan media tanam

PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menerima keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Memperlihatkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal aneka jenis materi pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan yang sanggup dimanfaatkan di tempat setempat
3.2      Mengidentifikasi materi dan teknik yang dipakai dalam mengolah materi pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan yang ada di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Mendesain gagasan pembuatan dan pengemasan untuk produk pengolahan pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan sesuai kekhasan tempat setempat
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat olahan pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar
4.2      Membuat olahan pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman kesehatan
4.3      Membuat olahan pangan buah-buahan dan sayuran menjadi kuliner siap saji
4.4      Mengolah hasil samping materi pangan nabati menjadi materi dasar kerajinan

KELAS: VIII
KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghargai keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan mempunyai motivasi internal dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan dengan memperhatikan estetika produk akhir
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal aneka jenis materi limbah organik-anorganik lunak atau keras yang sanggup dimanfaatkan sebagai karya kerajinan
3.2      Mengidentifikasi bahandan teknik karya kerajinan dari limbah organik dan anorganik lunak atau keras yang ada di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Mendesain karya kerajinan dari materi limbah organik dan anorganik lunak atau keras sesuai etnik tempat setempat serta pengemasan
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat karya kerajinan dari  materi limbah anorganik lunak atau keras produk sejenis dan pengemasannya
4.2      Memodifikasi karya kerajinan dari  banyak sekali materi limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasannya
4.3      Membuat karya kerajinan dari banyak sekali materi limbah organik lunak atau keras yang berkembang di tempat setempat dan pengemasannya
4.4      Memodifikasi karya kerajinan dari banyak sekali materi limbah organik lunak atau keras dan pengemasannya

REKAYASA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya


1.1      Menghargai keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan mempunyai motivasi internal dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan dengan memperhatikan estetika produk akhir
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal perbedaan aneka jenis karya rekayasa yang dibentuk berdasarkan komponen elektro pasif dan aktif
3.2      Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang dipakai untuk pembuatan karya rekayasa berdasarkan komponen elektro pasif dan aktif
3.3      Menerapkan mekanisme pembuatan karya rekayasa berdasarkan komponen elektro pasif dan aktif


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat produk penghasil bunyi bersumber arus listrik DC di lingkungan sekitar
4.2      Membuat produk penghasil gerak memakai sumber arus listrik DC
4.3      Membuat model alat pengubah listrik di lingkungan sekitar
4.4      Membuat produk sensor memakai teknologi kelistrikan di lingkungan sekitar

BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghargai keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan mempunyai motivasi internal dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia.
2.2      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan.
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan dengan memperhatikan estetika produk akhir.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal jenis budidaya ikan hias dan konsumsi
3.2      Mengidentifikasisarana dan teknik yang dipakai pada kegiatan budidaya ikan hias dan konsumsi yang ada pada tambak di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Mendesain idekegiatan budidaya ikan hias dan konsumsi sesuai etnik tempat setempat


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Memelihara banyak sekali jenis ikan konsumsi yang ada di lingkungan sekitar
4.2      Membudidayakan ikan konsumsi sesuai media hidup
4.3      Memeliharaberbagai jenis ikan hias yang ada di lingkungan sekitar
4.4      Membudidayakan ikan hias sesuai media hidup



PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghargai keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan


2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Memperlihatkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan mempunyai motivasi internal dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi ketika melaksanakan banyak sekali kegiatan membuat karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan dengan memperhatikan estetika produk akhir


3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal aneka jenis materi pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan yang sanggup dimanfaatkan di tempat setempat
3.2      Mengidentifikasi materi dan teknik yang dipakai dalam mengolah materi pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan yang ada di tempat setempat dan tempat lain
3.3      Mendesain gagasan pembuatan dan pengemasan untuk produk pengolahan pangan dari buah-buahan dan sayuran menjadi minuman segar, minuman kesehatan, kuliner siap saji dan produk non pangan sesuai kekhasan tempat setempat


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat olahan materi pangan seralia dan umbi menjadi kuliner siap saji
4.2      Membuat olahan materi pangan seralia dan umbi menjadi materi pangan setengah jadi
4.3      Membuat olahan pangan siap saji dari materi setengah jadi seralia dan umbi
4.4      Mengolah materi samping seralia dan umbi menjadi produk non pangan

KELAS: IX
KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1      Menghayati keberagaman karya kerajinan dan produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan di tempat setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1      Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, mempunyai motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali isu perihal keberagaman karya kerajinan, produk rekayasa, hasil budidaya dan pengolahan  tempat setempat sebagai wujud cinta tanah air dan gembira pada produk Indonesia
2.2      Melaksanakan sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam merancang pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa,hasil budidaya dan pengolahan
2.3      Mengajak bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan  bahan, serta teliti dan rapi ketika pembuatan karya kerajinan, produk rekayasa, kegiatan budidaya dan pengolahan yang mempunyai estetika produk akhir
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1      Mengenal perbedaan jenis karya kerajinan yang berfungsi hias dan berfungsi pakai
3.2      Mengidentifikasi hasil dan proses kerja karya kerajinan di pusat industri dan pameran kerajinan di tempat setempat
3.3      Merancang karya kerajinan fungsi hias dan fungsi pakai sesuai etnik tempat setempat



4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat karya kerajinan fungsi hias berciri khas tempat setempat
4.2      Memodifikasi karya kerajinan fungsi hias berdasarkan kerajinan tempat lain dari perpaduan banyak sekali materi dan pengemasannya
4.3      Membuat  karya kerajinan fungsi pakai berciri khas tempat setempat dan pengemasannya
4.4      Memodifikasi karya kerajinan fungsi pakai berdasarkan kerajinan tempat lain dari p