Manfaat Ilmu Ekonomi Yang Begitu Konkret Dirasakan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa manfaat ilmu ekonomi?_Kita sering kali mendengar kata ekonomi beserta variasi katanya. Namun ketika ditanya lebih lanjut mengenai ilmu perekonomian, pastinya tak sedikit yang menggelengkan kepala tanda belum begitu tahu. Tidak ada salahnya mempelajari ilmu perekonomian. Ini bukan berarti Anda harus kuliah di jurusan ekonomi. Cukup mengerti definisi ekonomi serta penerapannya di kehidupan sehari-hari.
Kita sering kali mendengar kata ekonomi beserta variasi katanya Manfaat Ilmu Ekonomi yang Begitu Nyata Dirasakan dalam Kehidupan Sehari-Hari
Apa yang Dimaksud dengan Ilmu Ekonomi?
Sebelum mengusut lebih jauh manfaat ilmu ekonomi, ada baiknya kita mengerti definisi ilmu ekonomi terlebih dahulu. Kata ekonomi berasal dari kata oikonomia. Kata oikonomia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari oikos dan noimos.

Jika diartikan, oikonomia berarti hukum rumah tangga. Tidak masuk akal? Coba bayangkan sejenak cara Anda mengatur kebutuhan hidup. Bagaimana Anda mencukupi kebutuhan hidup dengan bekerja demi biar dapat mendapat hal-hal yang Anda butuhkan. Hal inilah yang dimaksud dengan hukum domestik alias hukum rumah tangga.

Sekarang, bayangkanlah upaya Anda mencukupi kebutuhan hidup dalam skala lebih besar. Bayangkan miliaran insan juga berusaha mencukupi hidup menyerupai Anda. Hal inilah yang disebut ekonomi. Dengan kata lain, ilmu ekonomi mempelajari upaya insan mencukupi kebutuhan hidup dengan mengelola sumber daya yang jumlahnya terbatas demi terciptanya kemakmuran.

Mencermati Penerapan Ilmu Ekonomi
Sebetulnya, kehidupan sehari-hari tidaklah lepas dari acara perekonomian. Contoh sederhananya ialah Anda yang berusaha mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda mempunyai sumber daya yakni tenaga yang Anda gunakan untuk bekerja. Anda akan memperoleh uang yang merupakan bentuk lain dari sumber daya. Uang hasil jerih payah Anda tadi akan dipakai untuk mencukupi kebutuhan Anda.

Setiap individu menerapkan bermacam-macam prinsip ekonomi di setiap hari. Contohnya, sebelum Anda membeli sesuatu, Anda membanding-bandingkan harganya terlebih dahulu. Ini ialah contoh penerapan prinsip ekonomi dan kita telah menerapkannya secara alami.

Manfaat yang Diberikan Ilmu Ekonomi
Setelah mengerti definisi ekonomi dan penerapannya di dalam kehidupan, mari kembali ke pertanyaan awal. Apakah manfaat ilmu ekonomi? Ada tiga manfaat utama dari ilmu ekonomi untuk kehidupan. Sebagai berikut:

1. Membantu umat insan untuk menemukan cara paling sempurna dan efisien dalam memanfaatkan bermacam-macam sumber daya. Manusia mempunyai aneka macam kebutuhan dan sumber daya yang ada cukup terbatas. Tidaklah gampang untuk dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Namun dengan adanya ilmu ekonomi, semua dapat diatur.

2. Membantu umat insan memakai barang-barang pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dengan baik. Setiap individu membutuhkan hal-hal tertentu dalam jumlah serta kombinasi tertentu. Prinsip-prinsip di dalam ilmu ekonomi menjadi contoh untuk membuat kombinasi dan jumlah yang dapat memuaskan kebutuhan setiap individu.

3. Membantu setiap individu untuk memilih prioritas dari sekian banyak kebutuhan yang ada. Beberapa kebutuhan penting menyerupai pangan mendapat prioritas utama dan akan selalu didahulukan.

Mengapa Ilmu Ekonomi Begitu Penting untuk Dipelajari?
Pada dasarnya, ada dua alasan penting mengapa ilmu ekonomi perlu dipelajari. Yang pertama berkaitan dengan kebutuhan insan yang tidak kunjung habis. Agar dapat tetapkan prioritas, ilmu ekonomi harus dipelajari. Alasan kedua berkaitan dengan terbatasnya sumber daya. Ilmu ekonomi membantu untuk memilih bermacam-macam alternatif dari sumber daya yang terbatas. Manfaat ilmu ekonomi sangatlah banyak dan tanpa kita sadari, kita sudah menikmatinya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Ilmu Ekonomi Yang Begitu Konkret Dirasakan Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel