Solusi Bagi Sekolah Yang Belum Mendapat Aba-Aba Pendaftaran (Kodereg / Aba-Aba Pendaftaran Salah) Dapodikdas 2019/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Setelah aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pertama kali diluncurkan pada awal bulan Oktober 2019 yang kemudian yang selanjutnya didistribusikannya installer aplikasi, prefill, serta file-file pendukung lainnya ke tiap-tiap sekolah pada jenjang pendidikan dasar yang lakukan oleh masing-masing dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai instansi induk dari masing-masing sekolah.

Selanjutnya juga diadakan pula oleh pihak dinas pendidikan kabupaten/kota kegiatan sosialisasi terkait aktivitas kerja aplikasi Dapodikdas 2019/2014 kepada seluruh OPS (Operator Pendatan Sekolah) di setiap wilayahnya. 

Sehubungan dengan hal tersebut, khususnya untuk sanggup memakai aplikasi Dapodikdas 2019/2014, masing-masing sekolah mempunyai isyarat pendaftaran / Kodereg. Unik (berbeda-beda) untuk setiap sekolah, isyarat ini dipakai untuk pendaftaran sekolah dalam aplikasi Dapodikdas 2019 yang telah terinstall pada laptop/komputer sekolah yang dilakukan oleh OPS yang telah dilengkapi dengan database usang Dapodik 2019 (prefill), sehingga akan meringankan beban kerja OPS dalam proses input data pada tahun pelajaran 2019/2014 ini.

Sehingga bagi sekolah-sekolah yang belum mendapat isyarat pendaftaran dari dinas pendidikan kabupaten/kotanya atau isyarat registrasinya “bermasalah”, otomatis tidak akan sanggup menginput/mengentri data-data sekolahnya yang gres (TP. 2019/2014). 

Oleh alasannya itulah, artikel ini saya postingkan untuk rekan-rekan OPS yang kebetulan hingga ketika ini belum mendapat isyarat pendaftaran tersebut, sebagian besar isi isu ini saya kutip dari halaman utama Grup Facebook Info Pendataan Ditjen Dikdas pada kiriman yang disematkan dari salah satu Admin Dapodikdas - Sdr. Yusuf Rokhmat (30/10/2019), yaitu :

1.         Untuk sekolah-sekolah usang tapi belum mendapat isyarat registrasi, mohon dinantikan alasannya sedang dilakukan mapping wilayah kembali, alasannya beberapa hal teknis sehingga sekolah tersebut masuk di wilayah lain.
2.         Solusinya akan dilakukan generate prefill gres sehingga sekolah tersebut masuk pada posisi awal daerahnya kembali, bagi sekolah yang tidak bermasalah sanggup lanjutkan entri data.
3.         Kodereg. untuk sekolah gres bangun akan diterbitkan segera sesudah proses no.1 selesai.
4.         Tambah Peserta Didik gres dan PTK gres akan sanggup dipindahkan ke tabel utama ketika fungsi synch sudah berjalan.
5.         Penyempurnaan aplikasi melalui patch untuk mempermudah update versi tanpa kehilangan data yang sudah di entri.
6.         Kodereg. yang gagal push prefill (setelah memasukkan kodereg, loading terus tanpa berkesudahan, silakan tuliskan nama sekolah, kab/kota-nya di bawah ini untuk diperiksa)
7.         Ditjen Dikdas melalui seluruh direktorat teknis dan sekretariat gotong royong sedang melaksanakan TOT (Training of Trainer) melalui Provinsi, Kab/kota, hingga dengan Operator Sekolah. Silahkan mengembangkan isu terkait teknis operasional pendataan.

Hingga ketika ini, solusi bagi rekan-rekan OPS yang kebetulan belum mendapat isyarat pendaftaran (kode pendaftaran salah), mau tidak mau harus bersabar dalam menunggu info lanjutan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/kota masing-masing, dan sebaiknya rekan-rekan OPS maupun Kepala Sekolah selalu bertindak proaktif dalam berkomunikasi sekaligus berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kotanya secara periodik biar sewaktu-waktu kodereg. ada, OPS sanggup segera meregistrasikannya ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014, dan selanjutnya OPS akan sanggup segera menginput / mengentri seluruh data-data gres sekolah, PTK, maupun peserta didik ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014. 

Percepatan dalam proses entri/input data terkait sekolah ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 perlu diperhatikan, mengingat “deadline” atau batas simpulan sementara ini dalam proses penerimaan entri data pada server Dapodikdas untuk semester I hingga 30 November 2019.

Demikian artikel singkat mengenai solusi bagi sekolah-sekolah yang belum mendapat isyarat pendaftaran Dapodikdas 2019/2014 (kode pendaftaran salah) saya publikasikan. Salam satu data berkulitas, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Belum ada Komentar untuk "Solusi Bagi Sekolah Yang Belum Mendapat Aba-Aba Pendaftaran (Kodereg / Aba-Aba Pendaftaran Salah) Dapodikdas 2019/2014"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel