Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi / Cara Mengatasi Ptk Atau Akseptor Bimbing Yang Terhapus Dari Aplikasi Dapodikdas 2019/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Dalam proses input data ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 hingga aku tuliskan artikel ini. 

Ternyata masih banyak munculnya pertanyaan-pertanyaan yang aku sendiri masih ragu dalam menjawabnya (karena aku sendiri juga lagi bingung… hehehe). 

Mungkin sebab aku langsung belum mendapat panduan yang lengkap dan terjamin kebenarannya, khususnya solusi bagaimana mengatasi PTK atau Peserta Didik yang terlanjur atau sudah terhapus baik sengaja maupun tidak sengaja, yang ternyata “kesalahan kecil” ini akan mengakibatkan duduk masalah tersendiri sebelum proses sinkronisasi Dapodikdas 2019/2014.

Akhirnya, untuk sementara ini dan sejauh pengalaman aku tentunya, solusi bagi PTK atau Peserta Didik yang terlanjur terhapus dari Aplikasi Dapodikdas 2019/2014. Kemudian bagaimana cara mengembalikan (mengaktifkan/menampilkan) data PTK atau Peserta Didik yang telah terhapus itu ke dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ibarat sedia kala (sebelum terhapus)…??? 

Ternyata jawabannya yaitu tidak ada cara lain kalau ingin menampilkannya / mengaktifkannya kembali dalam aplikasi Dapodikdas 2019/2014, KECUALI HARUS INSTALL ULANG APLIKASI DAPODIKDAS 2019/2014. Oleh sebab pentingnya hal ini, sangat dianjurkan untuk segenap OPS saling berkoordinasi dan membuatkan informasi-informasi yang up to date serta valid.

Dan pesan penting yang ingin aku sampaikan kepada seluruh rekan-rekan OPS melalui artikel aku kali ini yaitu data PTK atau Peserta Didik jangan hingga terhapus satupun, namun dilengkapi datanya dahulu termasuk data-data yang berkaitan dengan sekolah hingga dalam tahap validasi invalid-nya “0”. 

Dan khusus bagi PTK yang sudah tidak aktif lagi sebab mengundurkan diri, mutasi, dikeluarkan, wafat, hilang, alih fungsi, pensiun, dan lain sebagainya, ataupun bagi Peserta Didik yang sudah tidak aktif lagi sebab mengundurkan diri, mutasi, dikeluarkan, wafat, hilang, tamat/lulus, dan lain sebagainya “JANGAN DIHAPUS DARI TABEL UTAMA PTK/PESERTA DIDIK”.

Informasi ini bertujuan semoga tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang akan berakibat fatal nantinya. 

Karena kalau salah satu PTK ataupun Peserta Didik yang sudah terlanjur terhapus/dihapus dengan sengaja maupun tidak sengaja, maka data PTK yang sudah terhapus dari aplikasi Dapodikdas 2019/2014 tersebut TIDAK AKAN ADA DALAM DAFTAR “PTK KELUAR” (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KELUAR), begitu juga dengan data Peserta Didik yang telah terhapus dari aplikasi Dapodikdas 2019/2014, maka data Peserta Didik tersebut TIDAK AKAN ADA DALAM DAFTAR “PD KELUAR” (PESERTA DIDIK KELUAR).

Semoga saja segera ada solusi selain harus install ulang aplikasi Dapodikdas 2019/2014 pada komputer/laptop rekan-rekan OPS yang kebetulan telah mengalami kejadian pahit ini, yakni salah satu PTK atau Peserta Didik asal (bawaan prefill) ada yang sudah terlanjur dihapus. 

Jika ternyata memang sudah terjadi, apa boleh buat, OPS harus install ulang aplikasi (kecuali yang sudah ada cara back up data alternatif sebelumnya). Dan dengan menginstall ulang aplikasi Dapodikdas 2019/2014 artinya juga "mengulang seluruh pekerjaan-pekerjaan yang telah diinputkan ke dalam aplikasi Dapodikdas pada TP. 2019/2014".

Bagi rekan-rekan OPS atau pihak-pihak lain yang berafiliasi dengan Dapodikdas 2019/2014 yang kebetulan ada solusi lain ihwal cara mengatasi duduk masalah ini, mohon dibagikan pengalamannya melalui komentar di bawah artikel ini. Terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…

Penting...!

Alhamdulillah... Saat ini khususnya pada v.2.0.5. Solusi efektif cara mengembalikan PTK yang hilang ataupun data-data lainnya dari Aplikasi Dapodikdas 2019 pada artikel terupdate di link ini. Terimakasih...


Update : 25 November 2019

Posting Komentar untuk "Solusi / Cara Mengatasi Ptk Atau Akseptor Bimbing Yang Terhapus Dari Aplikasi Dapodikdas 2019/2014"