Tanya – Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2019 Versi Terbaru (V. 2.0.3) – Solusi Terbaru Dijawab Eksklusif Oleh Ahlinya

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Mengingat banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang sangat kompleks seputar aplikasi Dapodikdas 2019/2014 ini dari rekan-rekan OPS tak terkecuali saya. 

Hal inilah yang menginspirasi saya untuk me-repost solusi-solusi mengenai aplikasi Dapodikdas 2019 versi 2.0.3 dari “kiriman yang disematkan” pada Grup Info Pendataan Dikdas (31/10/2019). 

Artikel ini telah dilakukan pengeditan penulisan dari asalnya, hanya pada bagian-bagian tertentu oleh Admin yang bertujuan untuk lebih memperjelas esensi tanya-jawab terkait aplikasi Dapodikdas 2019/2014 bagi seluruh pengunjung blog ini. 

Berikut tanya-jawab perihal aplikasi Dapodikdas 2019/2014 khususnya terkait versi terbaru aplikasi Dapodikdas V. 2.0.3 :

1.         Tanya   :
Bagaimana step by step registrasi?

Jawab  :
1.      buat folder di "C:\" dengan nama "prefill_dapodik"
2.      unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
3.      simpan hasil prefill tsb pada folder "prefill_dapodik"
4.      silakan pendaftaran ibarat biasa

2.         Tanya   :
Kenapa sudah install patch V. 2.0.3, aplikasi masih expired?

Jawab  :
Logout pada aplikasi, untuk memastikan silakan clear chache dan history pada browser. Dan pastikan install patch berhasil dilakukan.

3.         Tanya   :
Ini kemarin Pak ketika habis instal patch terbaru … pas mau edit JJM pada tab Pembelajaran tidak bisa, yang tadinya di versi sebelumnya PJOK sanggup di tambah kemarin mentok cuma 2.

Jawab  :
Pada v.2.0.3 sesuai komitmen bahwa utk JJM yang diinputkan dibatasi sesuai acuan yang telah diberikan oleh PDSP. Ini untuk mengantisipasi JJM berlebihan.

4.         Tanya   :            
Saya sudah sinkronisasi, dan berhasil, tapi data pada progress pengiriman tidak berubah, dan tidak ada perubahan lokal sehingga Peserta Didik dan PTK gres tidak sanggup dipindahkan ke tabel utama! Kira-kira permasalahan itu pada apa pa?

Jawab  :
Untuk penambahan PD Baru dan PTK Baru memang belum sanggup Pak. bila sudah niscaya pada sinkronisasi berikutnya akan terisi otomatis.

5.         Tanya   :
Waktu Sinkronisasi : 1 menit Gagal Sinkronisasi alasannya Constraint Failed solusinya apa?

Jawab  :
Ini, masih di cek oleh team Pak. Mohon kesabarannya untuk mendapat solusinya.

6.         Tanya   :
Saya terkendala dalam entry nomor surat kiprah Mas. Di sini hanya sanggup untuk 20 digit, sedangkan nomor surat kiprah itu lebih dari 20 Digit Mas. Gimana Solusinya Mas?

Jawab  :
Untuk "titik", "garis miring" dihilangkan saja pak. sehingga cukup. untuk update berikutnya nanti sudah diperpanjangan ukuran fieldnya.

7.         Tanya   :
Bug. Anggota rombel lewat aplikasi Ok, tapi di hasil konversi ke bolos ada siswa nyasar di rombel lain, padahal lewat aplikasi rombel sudah sesuai.

Jawab  :
Iya Pak, untuk cetak Excel pada profil dan ketidakhadiran sudah kami perbaiki. mungkin update selanjutnya sudah benar.

8.         Tanya   :
Untuk yg sudah terinstall versi 2.0.2 klo menambahkan patch 2.0.3 apakah disimpan di folder Dapodikdas atau di prefill Dapodik?

Jawab  :
Untuk kawasan unduhannya terserah Bapak/Ibu. Namun pastikan destination install directory sempurna pada directory aplikasi berada ketika ini.

9.         Tanya   :
Pak kok sampe kini saya belum sanggup instruksi registrasinya?

Jawab  :
Silakan tanyakan ke dinas kabkota. namun bila dari dinas bahwa instruksi pendaftaran belum ada. silakan untuk dinas kirim sekolah2 yg belum ada instruksi registrasinya ke email koderegistrasi@gmail.com. Dan jangan lupa cantumkan maksud dan tujuan. dan mungkin ini akan membutuhkan waktu. Karena kita juga harus ngecek ke data PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan).

10.       Tanya   :
Masih ada duplikasi data di luar kendali baik pada PD maupun pembelajaran yang sulit dihapus. Ada yang terotomatisasi semua PD jadi berkebutuhan khusus netra.

Jawab  :
Ini dikarenakan bug pada aplikasi versi sebelumnya Pak. sebelumnya kami mohon maaf. Silakan benarkan datanya kembali. Makara untuk kini bila tidak memiliki kebutuhan khusus dikosongkan saja pak. Terima kasih.

11.       Tanya   :
Untuk dapatkan patch v.2.0.3 di mana Pak?

Jawab :

12.       Tanya   :
Untuk JJM yang dientrykan di SD dan di Sekolah Menengah Pertama apakah ada petunjuknya dari jumlah jam perbidang study ngak Mas? Misal Guru Kelas 1 - 6 berapa jam, Agama dan Penjaskesnya.

Jawab  :
Oke pak nanti akan kami upload untuk maksimal JJM sesuai acuan dari PDSP. Jika sudah ada nanti akan kami upload dan umukan pada group ini.

13.       Tanya   :
Di tab Rombel, pada pembelajaran PTK, saya terlanjur menambah mata pelajaran wajib (Guru Kelas SD), pas mau dihapus kok tidak bisa, mohon solusinya.

Jawab  :
Iya Pak untuk Matpel Wajib tidak sanggup dihapus (karena itu sudah sesuai kurikulum yang dipilih). Namun bila salah menentukan PTK, tinggal diedit saja pak tidak usah dihapus.

14.       Tanya   :
Saya Operator SD, untuk penerima didik yang sudah lulus, kita pendaftaran keluar. Yang saya tanyakan sebelumnya perlu tidak dituliskan dulu Nomor SKHUN (nomor penerima ujian SD)?

Jawab  :
Pada aplikasi v.2.0.2 ke atas semua PD dan PTK yang sudah keluar tidak masuk validasi Pak. Silakan update versi aplikasi bila masih tervalidasi.

15.       Tanya   :
Saya udah ngentri datanya sudah hampir 90% tapi tiba-tiba muncul tampilan Objek Tidak ditemukan. Bagaimana solusinya supaya tidak mengentri dari awal?

Jawab:
Silakan "Run", services.msc. kemudian cari service dengan nama DapodikdasDB. silakan klik start.

16.       Tanya   :
Yang duplikasi di pembelajaran gimana? Mapel tidak sanggup dihapus jadi ganda, JJM guru jadi 2 x lipat, cuma sanggup diedit jamnya saja.

Jawab:
PTK juga sanggup di update Pak.

17.       Tanya   :
Pak kenapa pada jam mengajar tidak sanggup 4 jam pembelajaran?

Jawab  :
Itu sudah sesuai acuan yg diberikan PDSP Pak, jadi maksimalnya memang segitu.

18.       Tanya   :
Pada database bawaan sehabis install dan login, ternyata PTK Kepala Sekolah tidak ada, padahal di aplikasi 2019 Kepsek ada, kemudian saya tambah ptk baru. sudah saya lakukan sinkronisasi satu kali dan berhasil. Pertanyaanya: Apakah saya tinggal menunggu PTK Kepsek masuk tabel? kapan saya harus sinkronisasi ulang?

Jawab  :
Iya Pak, tunggu saja. Memang untuk penambahan PTK Baru dan PD Baru masih belum sanggup dilakukan.

19.       Tanya   : Pak mau tanya, kenapa data SDN……….. datanya hilang di Dapodik sentra padahal belum pernah sinkronisasi?

Jawab  :
Silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota. Nanti pihak dinas yang akan mengurus dan mengajukan ke pusat

20.       Tanya   :
Maaf pak, kalau PTK tersebut sudah Sertifikasi, otomatis PTK harus cukup jam ketika melaporkan Dapodik, nah bila yang sertifikasi KaSek, maka otomatis sudah punya 18 jam , masih kurang 6 jam untuk sarat sertifikasi, PTK tersebut tercatat jam komplemen sertifikasi mengajar PKn di kelas 4, 5, 6. Kendalanya dalam Rombel > Pembelajaran kan tidak ada PKn, bagaimana supaya jam tambahannya pas/cukup dalam laporan Dapodik?

Jawab  :
Ada pak, silakan gunakan tombol Tambah.

21.       Tanya   :
Pengisian di v.2.0.3 pada hidangan Registrasi Siswa, Jenis Pendaftarannya hanya ada "Siswa Baru" dan "Pindahan", Apa yang harus diisi untuk Siswa-siswa yang sudah lulus dan Keluar, bukankah itu seharusnya hasil pendaftaran di semester kemarin.

Jawab  :
Isikan sesuai ketika PD tersebut masuk ke sekolah tersebut apa (siswa baru/pindahan) meskipun beliau sudah keluar. untuk history bahwa PD tersebut pernah masuk dengan terdaftar sebagai apa.

22.       Tanya   :
Setelah upgrade V. 2.0.3 ketika masuk di bab PD ketika pendaftaran tidak sanggup masukkan angka 3 untuk naik kelas pada jenis pendaftaran (sepertinya untuk angka yang lain juga tidak bisa).

Jawab  :
Untuk pendaftaran memang hanya ada statusnya Pak. (Siswa gres dan pindahan). Untuk naik kelas silakan isikan pada anggota Rombel,

23.       Tanya   :
Saya kok tidak sanggup sinkronisasi lewat V. 2.0.3 ya?

Jawab  :
Kami sarankan untuk sinkronisasi offline saja Pak. bila jam jam segini, server padat pengunjung.. :)

24.       Tanya   :
Kenapa tidak ada download Excel Peserta Didik/Ptk, supaya gampang mengambil data penerima didik dan PTK dipakai untuk keperluan lain?

Jawab  :
Sedang dalam pengembangan Pak.

25.       Tanya   :
Apakah perlu pada isian PD selain data Ayah dan ibu ....untuk wali juga diisi .... masalahnya kalau tahun lahir tidak diisi (angka 0 dihilangkan) sehabis ditutup kemudian dibuka kembali kolom tersebut warna merah lagi, sedangkan untuk PD Pindahan kan sanggup masuk tabel utama menunggu kolom berwarna merah itu hilang ....mohon pencerahannya.

Jawab  :
Jika memang tidak ada Wali, dikosongkan saja Pak, iya alasannya nilai default-nya 0. jadi silakan hapus saja. Mungkin pada update versi berikutnya akan kami perbaharui.

Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan OPS semuanya, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!


Belum ada Komentar untuk "Tanya – Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2019 Versi Terbaru (V. 2.0.3) – Solusi Terbaru Dijawab Eksklusif Oleh Ahlinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel