Tujuan, Manfaat, Dan Kelemahan Pembelajaran Di Luar Kelas

Tujuan, Manfaat/Kelebihan, dan Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas_Belajar di dalam kelas, terkadang menciptakan siswa merasa bosan dengan kondisi kelas yang ada. Mereka gampang merasa jenuh, sehingga acara mencar ilmu mengajar pun menjadi kurang maksimal. Pembelajaran sebetulnya tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas, melainkan juga luar kelas.
 dan Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas Tujuan, Manfaat, dan Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas
Tujuan, Manfaat, dan Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas

A. Tujuan pembelajaran di luar kelas
Beberapa tujuan yang bisa didapatkan dalam melaksanakan pembelajaran di luar kelas antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Mampu menciptakan tiap individu menyebarkan kreativitas serta inisiatif secara personal mereka.
2. Mampu mewujudkan potensi yang dimiliki oleh tiap individu supaya jiwa, raga serta spirit dan semangatnya menjadi lebih optimal.
3. Memberi kesempatan untuk penerima didik dalam mencicipi secara eksklusif pada bahan yang tengah disampaikan.
4. Membuat penerima didik bisa menyebarkan keterampilan mereka serta ketertarikan siswa pada acara di luar kelas.
5. Membantu menyebarkan relasi di antara guru dan murid lebih baik dengan bermacam-macam pengalaman yang bisa ditemukan di alam bebas.
6. Memberi kesempatan serta pengalaman mencar ilmu secara eksklusif bagi para siswa.
7. Mampu memanfaatkan sumber yang ada di lingkungan luar serta komunitas sekitar sebagai media pembelajaran.
8. Menanamkan pada penerima didik jikalau dunia merupakan wahana mencar ilmu yang mengasikkan.

B. Manfaat pembelajaran di luar kelas
Berbeda dengan mencar ilmu di dalam kelas, mencar ilmu di luar kelas, ternyata juga mempunyai berbagai manfaat. Berikut beberapa diantaranya.
1. Pikiran menjadi lebih jernih.
2. Sistem pembelajaran terasa lebih menyenangkan .
3. Sistem pembelajaran menjadi lebih real dengan objek yang bisa secara eksklusif dilihat di luar.
4. Sistem pembelajaran menjadi lebih kreatif.
5. Peserta didik bisa mengenal dunia konkret secara lebih luas.

C. Kelemahan pembelajaran di luar kelas
Meski memberi banyak kelebihan yang bisa didapatkan bagi guru ataupun murid, namun pembelajaran yang dilakukan di luar kelas, juga mempunyai kelemahan.

1. Peserta didik menjadi kurang fokus. Hal ini disebabkan oleh banyaknya objek liar yang bisa menarik perhatian mereka secara berlebih dibandingkan dengan objek di dalam kelas yang terbatas.

2. Pengolaan siswa yang menjadi lebih sulit. Hal ini bisa terjadi lantaran fokus siswa yang menjadi terpecah. Berada di luar tentu menciptakan mereka bisa secara lebih bebas mengeksplore lingkungan luar sehingga perhatian pada guru akan terpecah.

3. Waktu lebih banyak tersita. Jika didalam kelas, waktu pembelajaran bisa lebih terstruktur sementara di luar kelas, waktunya bisa bertambah menjadi  lebih lama.

4. Munculnya minat siswa yang semu. Kondisi ini bisa terjadi lantaran ada beberapa objek di luar yang menciptakan siswa lebih merasa tertarik dibandingkan dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru.

5. Guru yang membimbing harus lebih lebih intensif kala mengajar. Saat penerima didik timbul impian terhadap objek lain, maka guru harus menunjukkan bimbingan yang lebih supaya siswa bisa kembali fokus ke pembelajaran.

6. Pembelajaran akan terpecah ketika ada siswa lain atau kelompok lain di lingkungan daerah belajar. Ketika proses pembelajaran dilakukan di luar, tekadang ada siswa lain atau mungkin kelompok lain yang berada di daerah yang sama. Hal ini menciptakan siswa terpecah kosentrasinya sehingga bahan asuh yang disampaikan oleh guru tidak sepenuhnya diserap oleh penerima didik.

Dengan banyaknya manfaat mencar ilmu di luar ruangan, ada baiknya jikalau para guru sesekali melaksanakan pembelajaran di luar ruangan. Hal ini berkhasiat untuk menambah wawasan siswa sekaligus menghindarkan siswa dari rasa bosan mencar ilmu di dalam kelas. Hal yang perlu diperhatikan yaitu untuk bisa menguasai keadaan supaya siswa tidak terpengaruh dengan kondisi luar.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan, Manfaat, Dan Kelemahan Pembelajaran Di Luar Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel