10 Prinsip Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik/Scientific
Minggu, 08 September 2019
Tulis Komentar
Prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik_Prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik baik dalam kurikulum 2006 maupun kurikulum 2019 ialah ibarat di bawah ini.
Sepuluh (10) Prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific/Saintifik :
1. Berpusat pada akseptor didik yaitu acara aktif akseptor didik secara fisik dan mental dalam membangun makna atau pemahaman suatu konsep, hukum/prinsip
2. Membentuk students’ self concept yaitu membangun konsep menurut pemahamannya sendiri.
3. Menghindari verbalisme,
4. Memberikan kesempatan pada akseptor didik untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip,
5. Mendorong terjadinya peningkatan kecakapan berpikir akseptor didik,
6. Meningkatkan motivasi berguru akseptor didik,
7. Memberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk melatih kemampuan dalam komunikasi, serta
8. Memungkinkan adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang dikonstruksi akseptor didik dalam struktur kognitifnya.
9. Melibatkan keterampilan proses sains dalam mengonstruksi konsep, hukum, atau prinsip,
10. Melibatkan proses kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelektual, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi akseptor didik.
Sepuluh (10) Prinsip Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific/Saintifik :
1. Berpusat pada akseptor didik yaitu acara aktif akseptor didik secara fisik dan mental dalam membangun makna atau pemahaman suatu konsep, hukum/prinsip
2. Membentuk students’ self concept yaitu membangun konsep menurut pemahamannya sendiri.
3. Menghindari verbalisme,
4. Memberikan kesempatan pada akseptor didik untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip,
5. Mendorong terjadinya peningkatan kecakapan berpikir akseptor didik,
6. Meningkatkan motivasi berguru akseptor didik,
7. Memberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk melatih kemampuan dalam komunikasi, serta
8. Memungkinkan adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang dikonstruksi akseptor didik dalam struktur kognitifnya.
9. Melibatkan keterampilan proses sains dalam mengonstruksi konsep, hukum, atau prinsip,
10. Melibatkan proses kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelektual, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi akseptor didik.
Belum ada Komentar untuk "10 Prinsip Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik/Scientific"
Posting Komentar