5 Ciri Khusus Teratai Dan Fungsinya

Ciri Khusus pada Tumbuhan/Tanaman Teratai dan Fungsinya- Teratai (Nymphaea) yaitu nama genus untuk tumbuhan air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily.

Di Indonesia, teratai juga dipakai untuk menyebut tumbuhan dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tumbuhan genus Nelumbo menyerupai seroja dengan genus Nymphaea (teratai). Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih sampai kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.
 yaitu nama genus untuk tumbuhan air dari suku Nymphaeaceae 5 Ciri Khusus Teratai dan Fungsinya

Lima (5) ciri flora teratai dan fungsinya:

1. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai berongga yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Fungsi ciri khusus ini yaitu memudahkan zat makanan yang diserap oleh akar ditransfer ke batang dan daun serta memudahkan transfer oksigen dari daun ke tangkai dan akar.

2. Tumbuhan teratai mempunyai batang berongga yang fungsinya sebagai tempat menyimpan oksigen untuk bernafas dan memudahkan teratai mengapung di air

3. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun yang berfungsi menjaga keseimbangan tumbuhan ini kalau terkena goyangan ( walaupun teratai hidup di air yang hening ), atau misal flora ini karam maka daunnya akan dengan gampang menyembul lagi ke permukaan air.


4. Daun berbentuk bulat atau bentuk oval yang lebar dan tipis yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Daun teratai yang bundar, lebar, dan tipis berfungsi memudahkan proses fotosintesis dan mengurangi penguapan.

5. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Spesies teratai

Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis sampai tempat subtropis seluruh dunia. Teratai yang tumbuh di tempat tropis berasal dari Mesir.

Demikian perihal Ciri Khusus Teratai dan Fungsinya. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "5 Ciri Khusus Teratai Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel