Batas Simpulan Waktu Pengiriman Data Aplikasi Pmp Versi 2.1 Diperpanjang Hingga 20 Oktober 2019

Perpanjangan Waktu Cut-Off Pengiriman Data PMP 2019_Batas Akhir Waktu Pengiriman Data Aplikasi PMP Versi 2.0/2.1 Tahun Pelajaran 2019/2019 Diperpanjang hingga 20 Oktober 2019_Karena adanya banyak sekali permasalahan yang muncul dikala pengerjaan aplikasi PMP, maka Ditjen Dikdasmen memperpanjang waktu pengisian dan pengiriman data aplikasi PMP hingga tanggal 20 Oktober 2019. Hal tersebut disampaikan lewat website resmi pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id oleh Ditjen Dikdasmen kepada Kepala LPMP, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, Sekolah Menengan Atas dan SMK, dan Operator Sekolah di seluruh Indonesia. Selengkapnya silakan simak informasi di bawah ini.

Batas Akhir Waktu Pengiriman Data Aplikasi PMP Versi  Batas Akhir Waktu Pengiriman Data Aplikasi PMP Versi 2.1 Diperpanjang hingga 20 Oktober 2020


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Dengan hormat diberitahukan kepada seluruh Kepala Sekolah, Pengawas, LPMP, Dinas Pendidikan Kab/kota dan Propinsi, sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor:09/D/PD/2019 wacana Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2019/2019 menyatakan bahwa batas waktu pengumpulan data PMP Dikdasmen ialah hingga dengan 30 September 2019.

Sehubungan dengan perkembangan yang ada, serta memperhatikan pemutakhiran data dapodik dengan aplikasi terbaru versi 2019 dan Cutt-off Pendataan BOS yaitu tanggal 22 September 2019 yang berdekatan dengan batas waktu pengiriman data PMP, maka batas waktu (Cutt-Off) pengiriman data PMP diperpanjang hingga dengan 20 Oktober 2019.

Adapun terdapat beberapa informasi yang perlu diperhatikan mengenai pemutakhiran data PMP Dikdasmen:

1. Penggunaan Aplikasi PMP Terbaru Versi 2.0 dan Updater Versi 2.1

a. Pengerjaan Aplikasi PMP sanggup memakai versi 2.0 ataupun Updater 2.1. Apabila data responden telah terpenuhi, sanggup melaksanakan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman data PMP 2019.

b. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP ialah sebagai berikut:
  • Backup Data PMP dan simpan di folder yang kondusif (bukan folder Program Files)
  • Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang dipakai yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
  • Instalasi memakai Installer: Backup data -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore data yang telah di-Backup
  • Instalasi memakai Updater: Backup data -> Install Updater versi 2.1
  • Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
c. Beberapa kesalahan dan dilema yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2019 yaitu:
  • Data Lupa belum di-Backup
  • Kesalahan memakai file Instaler/Updater. Seharusnya memakai Installer kalau ingin melaksanakan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya kalau tidak melaksanakan instal ulang maka pribadi saja memakai updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
  • Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
  • Tidak sanggup melaksanakan salin PTK atau PD, dsb.
2. Informasi waktu pemrosesan data di website PMP dari mulai dikirim hingga dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak real time dengan klarifikasi berikut:

a. Status Pengiriman adalah: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses

b. Setelah sekolah berhasil melaksanakan proses pengiriman data, maka server hanya mendapatkan file-file PMP sekolah.

c. Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) sehabis sekolah melaksanakan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta data tanggapan ke dalam database. Misalnya kalau sekolah melaksanakan pengiriman di tanggal 20 September 2019, maka log pengiriman gres akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2019.

d. Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melaksanakan sistem pembaharuan informasi secara terpola setiap 6 jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Kaprikornus misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database selesai pada jam 09.00 WIB, maka datanya gres sanggup dilihat pada pukul 12.00.

e. Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam data masih menunjukkan status Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin pusat.
Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,
Ditjen Dikdasmen

Sumber: pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id 

Demikian sekilas tentang Batas Akhir Waktu Pengiriman Data Aplikasi PMP Diperpanjang hingga 20 Oktober 2019. Semoga hingga batas waktu yang ditentukan tersebut, semua sekolah sanggup sukses dalam melaksanakan pengisian dan pengiriman data PMP.

Belum ada Komentar untuk "Batas Simpulan Waktu Pengiriman Data Aplikasi Pmp Versi 2.1 Diperpanjang Hingga 20 Oktober 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel