Cara Mencegah Terjadinya Erosi, Abrasi, Dan Banjir

A. Cara Mencegah Erosi
Apa itu erosi? Erosi ialah kejadian pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akhir transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain di bawah imbas gravitasi, atau oleh makhluk hidup semisal binatang yang menciptakan liang, dalam hal ini disebut bio-erosi. Erosi tidak sama dengan pelapukan akhir cuaca, yang mana merupakan proses penghancuran mineral batuan dengan proses kimiawi maupun fisik, atau adonan keduanya.
Salah satu pola penyebab erosi yaiitu lantaran banyaknya hutan yang gundul akhir penebangan yang berlebihan, dimana tidak ada lagi daun-daun yang sanggup menyuburkan tanah yang jatuh ke tanah. Pada dikala hujan tanah yang mengandung humus akan kehilangan lapisan humusnya lantaran terbawa oleh air dan tanah longsor.

Dampak dari erosi ialah menipisnya lapisan permukaan tanah kepingan atas, yang akan mengakibatkan menurunnnya kemampuan lahan (degradasi lahan). Akibat lain dari erosi ialah menurunnya kemampuan tanah untuk meresapkan air (infiltrasi). Penurunan kemampuan lahan meresapkan air ke dalam lapisan tanah akan meningkatkan limpasan air permukaan yang akan menjadikan banjir di sungai. Selain itu butiran tanah yang terangkut oleh fatwa permukaan pada hasilnya akan mengendap di sungai (sedimentasi) yang selanjutnya akhir tingginya sedimentasi akan menjadikan pendangkalan sungai sehingga akan memengaruhi kelancaran jalur pelayaran.
 Erosi ialah kejadian pengikisan padatan  Cara Mencegah Terjadinya Erosi, Abrasi, dan Banjir

Bagaimana cara mencegah erosi?

8 Cara Mencegah Erosi : 

1. Lakukan Konservasi Tanah
2. Membuat Terasering
3. Countur Farming
4. Membuat Tanggul Pasangan
5. Optimalkan Drainase atau Saluran Air
6. Lakukan Rotasi Tanam (Crop Rotation)
7. Lakukan Reboisasi
8. Menjaga Kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS).

B. Cara Mencegah Abrasi
Abrasi ialah proses pengikisan pantai oleh gelombang bahari dan arus bahari yang bersifat merusak.Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Abrasi biasanya terjadi di pantai dan mengakibatkan pantai menjadi semakin lebar. Abrasi terjadi dimana gelombang air bahari yang besar tiba dan menhantam batuan-batuan yang terdapat di pingir pantai secara terus menrus yang menjadikan batuan-batuan tersebut terkikis habis.

Cara mencegah erosi antara lain:

1. Melestarikan hutan bakau
2. Melestarikan terumbu karang
3. Melarang pertambangan pasir pantai

C. Cara Mencegah Banjir
Banjir ialah kejadian terbenamnya daratan oleh air, kejadian banjir timbul kalau air menggenangi daratan yang biasanya kering, banjir pada umumnya disebabkan oleh air air sungai yang meluap ke lingkungan sekitarnya sebagai akhir curah hujan yang tinggi, kekuatan banjir bisa merusak rumah dan menyapu fondasinya.

Cara mencegah banjir antara lain:

1. Tidak membuang sampah sembarangan
2. Tidak membangun pemukiman di tepi sungai
3. Memperkokoh bangunan bendungan/waduk


Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Terjadinya Erosi, Abrasi, Dan Banjir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel