Ciri Khusus Bunga Mawar Dan Fungsinya

Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Mawar dan Fungsinya- Mawar yakni suatu jenis tumbuhan semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tumbuhan ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Spesies mawar umumnya merupakan tumbuhan semak yang berduri atau tumbuhan memanjat yang tingginya dapat mencapai 2 hingga 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tumbuhan mawar yang merambat di tumbuhan lain dapat mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun beragam yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang akrab ke tanah.

Mawar bergotong-royong bukan tumbuhan tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.
Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya mempunyai 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar yakni putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bab bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Pada umumnya mawar mempunyai duri berbentuk menyerupai pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat flora lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di tempat pantai menyerupai Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia menyesuaikan diri dengan duri lurus menyerupai jarum yang  berfungsi untuk mengurangi kerusakan akhir dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tumbuhan mawar. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.
Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Mawar dan Fungsinya Ciri Khusus Bunga Mawar dan Fungsinya

Ciri Khusus Bunga Mawar dan Fungsinya 
  • batangnya berduri yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh
  • bunganya indah dan  berbau harum yang berfungsi menarik perhatian serangga untuk tiba membantu penyerbukan
Demikian  Ciri Khusus Bunga Mawar dan Fungsinya. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Ciri Khusus Bunga Mawar Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel