Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur Dan Fungsinya Serta Keuntungannya Bagi Kesehatan

Ciri Khusus Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan- Undur-undur ialah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae (kadang-kadang salah dieja sebagai Myrmeleonidae). Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 2.000 spesies undur-undur dan mereka tersebar di seluruh dunia, terutama di wilayah bersuhu hangat dan berpasir.

Nama "undur-undur" diberikan pada binatang ini alasannya ialah kebiasaan larvanya berjalan mundur ketika menggali sarang jebakan di tanah. Di tempat Barat, binatang ini dikenal dengan nama antlion (semut singa). Nama itu diberikan alasannya ialah kebiasaan larvanya yang memburu semut secara ganas dengan cara menggali jebakan di dalam tanah sehingga dianggap sebagai "singanya para semut".
Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

 Larva Undur-Undur dan Undur-Undur Dewasa

Larva undur-undur/Tembukur populer sebagai pemangsa yang ganas alasannya ialah ia memakan hampir segala jenis Arthropoda kecil, terutama semut. Ia berburu secara pasif dengan cara menciptakan sarang jebakan berbentuk corong, kemudian bersembunyi di tengahnya sambil menunggu ada mangsa yang terperosok masuk.
Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sarang Larva Undur-Undur Darat/Tembukur

Setelah kita membaca perihal pengertian antara undur-undur dan larva undur-undur menyerupai di atas, maka terang lah bahwa yang kebanyakan orang Jawa menyebutnya Tembukur ialah larva undur-undur, bukan undur-undurnya.

Fungsi Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur
  • larva undur-undur sanggup berjalan mundur yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan musuh dan memudahkan tembukur dalam mengelabui/menangkap mangsanya.
  • memiliki sarang yang berbentuk corong. Sarang unik ini berfungsi untuk menjebak mangsanya
  • tembukur bisa mencicipi getaran di sarangnya ketika ada musuh atau mangsa yang terjebak, hal ini mempermudah tembukur dalam mendapat mangsanya atau menghindar bersembunyi dari musuh.
  • memiliki rahang tajam yang ujungnya beracun, fungsinya untuk menghisap cairan badan mangsanya yang sebelumnya sudah diracuninya.
Cara Mencari/Menemukan/Mendapatkan Larva Undur-Undur Darat 

Apabila Anda ingin menemukan binatang yang berjalannya mundur ini sebnarnya sangat mudah. Tembukur masih sanggup dengan gampang ditemukan di samping rumah ( khususnya di tempat Kabupaten Kebumen ). Ketika ekspresi dominan kemarau, di pinggiran rumah atau di samping pondasi rumah sering dijumpai beberapa kelompok sarang larva undur-undur. Khususnya bila di samping rumah yang tanahnya berpasir atau tanah ladu ( tanah berlebu ).

Cara menangkap binatang ini cukup dengan menggunkan jari kita, atau lebih gampang lagi pakai alat sederhana yakni dengan batang korek jes, lidi, ranting pohon, dan sebagainya, yang penting alatnya jangan terlalu besar. Gunakan alat tersebut untuk menggorek sarang tembukur secara perlahan semoga larva undur-undur sanggup kita tangkap hidup-hidup.

Cara Memancing Larva Undur-Undur Darat/Tembukur

Setelah Anda mendapat seekor larva undur-undur, selanjutnya ikat lah lehernya dengan memakai tali kecil menyerupai dengan memakai rambut atau dengan rami pohon pisang.

Pegang lah rami/jerami tersebut kemudian taruh lah tembukur yang terikat tadi sempurna di dalam lubang sarang tembukur yang mau kita tangkap. Tunggu reaksi dari tembukur target Anda, ada 3 kemungkinan mengenai agresi reaksi tembukur terikat dan tembukur target :
  • larva undur-undur target akan dengan sendirinya keluar dari sarngnya alasannya ialah dirinya merasa ada getaran tanah di sarangnya tersebut
  • larva undur-undur terikat akan masuk ke sarang kemudian tembukur target akan menggigitnya, ketika itu lah kita tarik rami pengikat tembukur terikatnya
  • tembukur terikat masuk sarang tapi salah sasaran, sehingga ketika rami kita tarik, larva undur-undur target tidak ikut ketarik
He he, mancing larva undur-undur darat juga membutuhkan kesabaran menyerupai mancing ikan loh, akan tetapi bila kita menikmatinya bisa jadi akan menjadi hobi. Lucu juga ya hobi mancing tembukur.
Khasiat Undur-Undur dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Larva undur-undur telah dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit menyerupai penyakit diabetes, stroke, darah tinggi, rematik. Cara pengobatannya cukup gampang yakni dengan menelan larva undur-undur yang telah dicuci, ditelan mentah-mentah saja. Bisa juga dengan cara memasukkan larva undur-undur ke dalam bungkus kapsul yang masih kosong. Jika Anda punya larva undur-undur yang cukup banyak, Anda bisa mengeringkannya dengan cara menjemurnya, sehabis kering silakan masukkan ke dalam kapsul kosong.

Telanlah larva undur-undur 3 kali 2-3 ekor dalam setiap harinya. Insya Allah penyakit akan segera sembuh

Demikian perihal Ciri Khusus Larva Undur-Undur dan Fungsinya serta Manfaatnya Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Ciri Khusus Larva Undur-Undur/Tembukur Dan Fungsinya Serta Keuntungannya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel