Ciri Khusus Tokek Dan Fungsinya

Ilmupengetahuanalam.com- Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya- Tokek ialah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang mempunyai persebaran luas.

Cecak yang berukuran sedang sampai besar. Kulit punggung tertutupi oleh sisik-sisik granular, bercampur dengan bintil-bintil yang agak besar. Pupil mata tegak bentuk jorong, dengan tepi yang bergerigi. Jari-jari kaki depan dan belakang tumbuh sempurna, melebar di ujung, terkadang dengan selaput di antara pangkal jari, cakar (kuku) terdapat pada jari-jari sebelah luar, sisi bawah jari dengan sederetan ganjal pelekat (disebut scansor) yang berkembang baik dan tidak berbelah (berbagi). Terdapat pula pori-pori preanal atau preano-femoral, serta bintil post-anal.

Tokek ialah nama umum untuk menyebut cecak besar Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya
Sarang Tokek

Hewan ini kebanyakan aktif di ketika senja dan malam hari, meski bunyi panggilannya kadang kala terdengar di siang hari. Tokek tinggal di lubang pepohonan di hutan atau di rekahan batuan atau gua; namun sebagian jenisnya juga menyesuaikan diri dengan lingkungan insan dan bersifat komensal. Tokek memburu aneka serangga dan invertebrata lain sebagai makanannya, walaupun juga tidak segan memangsa vertebrata lain yang lebih kecil ukurannya. Tokek betina biasanya mengeluarkan sepasang telur, yang disimpan berlekatan di sudut lubang atau dinding. Tempat menyimpan telur ini biasa dipakai berulang kali oleh tokek yang sama.

Tokek ialah nama umum untuk menyebut cecak besar Ciri Khusus Tokek dan Fungsinya

Ciri-ciri tokek jantan : 
  • terdapat 2 gundukan / tonjolan bab badan dibagian bawah pangkal ekor, 
  • warna cerah, 
  • tubuh berbintik kasar dan timbul, 
  • wajah bergairah dan bintik kuning tidak dominan.
Ciri-ciri tokek betina :
  • tidak terdapat gundukan pada bab bawah pangkal ekor, 
  • warna lebih lebih banyak didominasi kuning, 
  • tubuh / bintik kulit terlihat rata / halus.
Fungsi ciri khusus tokek dan fungsinya:
  1. Lidahnya panjang dan lengket yang berfungsi untuk menangkap mangsanya
  2. Memiliki kemampuan autotomi/memutuskan ekornya yang berfungsi untuk melindungi diri atau mengelabui mangsanya

Belum ada Komentar untuk "Ciri Khusus Tokek Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel