Inilah Hak Dan Kewajiban Seorang Istri Kepada Suami Dalam Ajaran/Pandangan Islam

Hak dan Kewajiban Seorang Istri terhadap Suami dalam Ajaran/Pandangan Islam_Setelah seorang pria mengucapkan komitmen nikah,  maka lelaki tersebut sudah sah mempunyai perempuan yang dinikahinya. Dan beliau halal atas perempuan tersebut. Nah, berbicara mengenai suami istri, berikut ini telah kami rangkum ulasan mengenai hak dan kwajiban seorang istri kepada suaminya, berdasarkan pandangan/ajaran Islam.
Hak dan Kewajiban Seorang Istri terhadap Suami dalam Ajaran Inilah Hak dan Kewajiban Seorang Istri kepada Suami dalam Ajaran/Pandangan Islam

Sebagai citra awal perihal apa saja hak dan kewajiban seorang istri terhadap suami, berikut yaitu sabda Rasululullah SAW:
“Empat perempuan yang berada di Neraka ialah perempuan yang kotor mulutnya terhadap suaminya. Jika suaminya tidak ada di rumah, ia tidak menjaga dirinya dan jikalau suaminya bersamanya ia memakinya (memarahinya). Perempuan yang memaksa suaminya untuk memberi apa yang suami tidak mampu. Perempuan yang tidak menjaga auratnya dari kaum pria dan mengatakan kecantikannya (untuk menarik kaum laki laki). Perempuan yang tidak mempunyai tujuan hidup kecuali makan minum dan tidur, dan ia tidak mau berbakti kepada Allah dan tidak mau berbakti kepada RasulNya dan tidak mau berbakti kepada suaminya.” 
Nah, sudah terang bukan jikalau melihat dari sabda Rasulullah SAW tersebut di atas mengenai kiprah atau kewajiban seorang istri. Dan untuk lebih jelasnya lagi mengenai kewajiban dan hak yang dimiliki seorang istri? Silakan simak penjelasannya di bawah ini:

A. Kewajiban seorang istri kepada suaminya

1. Siap memenuhi kebutuhan biologis suami
 Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,yang terjemahannya:
“Apabila seorang pria mengajak istrinya ke ranjangnya, kemudian sang istri tidak mendatanginya, sampai beliau (suaminya) bermalam dalam keadaan murka kepadanya, maka malaikat melaknatnya sampai pagi tiba.” (HR. Bukhari dan Muslim) 
Diwajibkan bagi istri untuk memenuhi kebutuhan suaminya. Tidak ada alasan seorang istri untuk menolak suaminya saat menginginkannya di kawasan tidur. Namun, suami juga harus memahami kondisi sang istri apakah sehat atau sakit.

2.  Amanah kepada suami
Apabila suami sedang berpergian, maka diwajibkan bagi seorang istri untuk menjaga amanah yang ditinggalkan oleh suaminya. Apabila sebelum pergi suami melarang sang istri semoga tidak keluar rumah sebelum ia pulang, maka haram bagi istri untuk keluar dari rumah sekalipun ada kepentingan yang sangat mendesak sebelum suami pulang ke rumah. Dan juga apabila suami menitipkan harta benda kepada sang istri, diwajibkan pula untuk istri menjaga harta benda tersebut sebaik-baiknya.

3. Merias diri untuk suami
Diwajibkan bagi istri semoga mempercantik diri atau merias diri untuk suaminya. Karena penglihatan pria sangat lemah. Maksudnya yaitu pria sangat gampang untuk terpikat dengan hal-hal yang indah dan cantik. Beriaslah diri dan percantik diri Anda semoga suami senang. Namun, diharamkan bagi istri untuk melaksanakan operasi plastik demi mendapatkan kecantikan. Cantik di sini artinya yaitu untuk membahagiakan suami yaitu dengan menjadi seorang istri yang disukai oleh suami.

4.  Taat dan patuh kepada suami
Diwajibkan untuk istri semoga taat dan patuh kepada suami. Apabila istri ingin keluar rumah, wajib bagi istri untuk meminta izin kepada suami. Dan jikalau suami melarang keluar, wajib pula bagi istri untuk mematuhi perintah suami.

5. Istri wajib menghormati dan mencintai keluarga suami
Menikah bukan hanya dengan pasangan Anda tetapi juga dengan semua keluarga dari pasangan Anda. Dan diwajibkan bagi seorang istri untuk mencintai dan menghormati keluarga suaminya.

B. Hak-hak istri kepada suami dalam islam
Seorang istri juga mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi oleh suaminya. Beberapa hak tersebut yaitu:

1. Istri berhak mendapatkan mahar pernikahan
2. Istri berhak digauli dengan baik  oleh suami
3. Istri berhak mendapatkan nafkah lahir dan batin dari suami
4. Istri berhak dibimbing dan diajarkan perihal agama islam dengan baik oleh suami
5. Istri berhak diperlakukan dengan adil apabila suami mempunyai istri yang lain
6. Istri berhak dimuliakan oleh suami

Demikian perihal beberapa kewajiban dan hak seorang istri kepada suaminya berdasarkan pandangan/ajaran agama Islam. Dan pastinya, alasannya yaitu namanya kewajiban, maka wajib dilakukan. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang terjemahannya:
“Pertama urusan yang ditanyakan kepada isteri pada hari Kiamat nanti ialah mengenai sholatnya dan mengenai urusan suaminya (apakah ia menjalankan kewajibannya terhadap suaminya atau tidak).“
Semoga kita menjadi orang yang senang di dunia dan akhirat. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Hak Dan Kewajiban Seorang Istri Kepada Suami Dalam Ajaran/Pandangan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel