Juknis Dan Cara Daftar Penerima Ppg 2019 Di Sim Pkb

Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB_Semua Calon Peserta PPG 2019 yang memenuhi persyaratan dan diundang melalui SIM PKB untuk masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2019 sebaiknya segera mendaftarkan diri dan melaksanakan konfirmasi registrasi di website SIM PKB.

A. Juknis Pendaftaran Calon Peserta PPG 2019

1. Aplikasi registrasi calon penerima PPG Dalam Jabatan sanggup dibuka melalui alamat http://simpkb.id.

2. Guru membuka situs tersebut untuk melaksanakan registrasi sebagai calon Peserta PPG Dalam Jabatan dengan memakai akun individu masing-masing. Guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah orisinil S-1/D-IV. Bagi guru yang terkendala dengan saluran internet, registrasi sanggup dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.

3. Guru menetapkan agenda studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan agenda studi PPG yakni linier dengan agenda studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas agenda studi PPG pada Lampiran II Surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Nomor 4184/B4/GT/2019 perihal Pendaftaran Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan, tertanggal 15 Februari 2019
.
4. Guru mengisi nama perguruan tinggi dan agenda studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.

5. LPMP melaksanakan verifikasi dan validasi kesesuaian atau linieritas antara agenda studi PPG yang dipilih dengan agenda studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.

a. “Diterima” jikalau agenda studi PPG yang dipilih linier dengan agenda studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.

b. “Ditolak” jikalau agenda studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Hukum tidak linier dengan agenda studi PPG yang ada.

c. “Diperbaiki’ jikalau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris menentukan agenda studi PPG Guru Kelas SD. Jika Guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki agenda studinya menjadi Bahasa Inggris.

6. Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai penerima pretest PPG Dalam Jabatan.

7. Waktu dan kawasan pelaksanaan pretest akan diinformasikan sehabis proses penempatan (plotting) penerima pretest ke TUK selesai.

B. Cara Mendaftar Menjadi Peserta PPG Melalui SIM PKB

Bagi Bapak/Ibu Guru yang merasa memenuhi persyaratan menjadi penerima PPG 2019 (baca Persyaratan Calon PPG 2019), silakan segera login di SIM PKB guna memastikan apakah ada usul buat Bapak/Ibu dan/atau belum ada usul untuk mengikuti PPG 2019. Jika ketika Anda sudah berhasil login SIM PKB dan Anda diundang untuk mengikuti PPG, maka segeralah daftarkan diri Anda. Agar registrasi berjalan lancar sukses tanpa terputus, sebaiknya sebelum mendaftar Anda sudah menyiapkan hasil scan ijazah S1 Anda dengan ukuran minimal 100 KB dan maksimal 1 MB. Selain itu, data pendukung lainnya juga harus benar-benar valid, seperti: nama universitas dan nama fakultas.

Setelah Anda menyiapkan hasil scan ijazah S1 dan data valid yang lain, silakan pastikan koneksi internet Anda lancar cepat, kemudian lakukan registrasi PPG melalui SIM PKB dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Login di SIM PKB ( https://paspor.simpkb.id/ )
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB

2. Klik tombol "Mendaftar"
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB

3. Klik tombol "Mendaftar Sekarang"
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB

4. Lengkapi Data mapel PPG dan Data Ijazah
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB

a. Lengkapi Data Mapel PPG Yang Diminati

1). Jenjang mapel PPG Yang Diajukan
Untuk mengisi jenjang mapel PPG, silakan klik tombol hidangan gulir simbol segitiga, lihat pilihan yang tersedia, kemudian klik yang sesuai, contoh: SD

2). Bidang Studi PPG Yang Diajukan
Silakan munculkan hidangan pilihan dengan cara mengarahkan kursor sempurna pada kolom mata pelajaran/bidang studi, kemudian klik yang sesuai, contoh: Guru Kelas SD

b. Lengkapi Data Ijazah D4/S1 yang Dimiliki

1). Kualifikasi
Silakan klik tombol segitiga, kemudian pilih yang sesuai, misalnya: S1

2). Tahun Ijazah
Silakan ketik tahun diterbitkannya ijazah Anda

3). Jurusan/Prog. Studi
Silakan klik simbol segitiga untuk memunculkan hidangan jurusan/program studi, kemudian klik yang sesuai, contoh: PGSD

4). Fakultas
Silakan ketik nama Fakultas universitas Anda

5). Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit
Silakan isi nama PT/Universitas yang sesuai yang tertulis di ijazah Anda

6). Upload File Scan Ijazah Asli
Silakan unggah file scan ijazah orisinil Anda

Setelah pengisian data ibarat pada poin 4a dan b selesai, silakan klik "Lanjut"

5. Klik "Daftarkan"
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB

Sebelum Anda mengeklik tombol "Daftarkan", Anda wajib mengecek kevalidan data yang Anda masukan pada formulir pengajuan penerima PPG, sebab jikalau data sudah diajukan dan sudah tersimpan, maka sudah tidak sanggup diedit lagi.

6. Konfirmasi Pendaftaran PPG
Apakah Anda yakin data yang didaftarkan untuk agenda PPG sudah sesuai?, jikalau Anda sudah yakin, silakan klik "YA"
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB
Setelah Anda mengeklik "YA", silakan tunggu hingga proses selesai.

7. Cetak Bukti Ajuan
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB
Formulir Pendaftaran Anda telah dikirim ke LPMP. Silkan pantau status registrasi Anda di halaman login SIM PKB, hingga LPMP akibat memverifikasi Formulir Anda.

Adapun untuk mencetak bukti usulan registrasi PPG, silakan klik "Cetak Bukti Ajuan", kemudian print eksklusif maupun simpan dalam file format PDF.

Contoh Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2019
Cara Praktis Daftar Peserta PPG Melalui SIM PKB Juknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2020 di SIM PKB
Tanda Bukti Pengajuan Calon Peserta Program Pendidikan Profesi Guru ini merupakan tanda terima yang diterbitkan oleh sistem secara otomatis, kebenaran data merupakan tanggung jawab Saudara yang mengajukan diri sebagai Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.

LPMP selaku verifikator berhak menolak usulan saudara apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam proses verifikasi dan validasi data.

Saudara diwajibkan untuk melaksanakan pemantauan secara terencana melalui layanan SIM PKB berkaitan Status Persetujuan/Penolakan dari LPMP.

Demikian perihal Petunjuk Teknis dan Cara Daftar Peserta PPG 2019 di SIM PKB. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Juknis Dan Cara Daftar Penerima Ppg 2019 Di Sim Pkb"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel