Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Berdasarkan Whittaker

Klasifikasi Lima Kingdom- Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima)  Kingdom Menurut Whittaker- Dalam biologi, kingdom/kerajaan (latin:. Regnum, pl regna) yaitu yang tertinggi kedua peringkat taksonomi bawah domain. Kingdom dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebut filum.Secara tradisional, buku pelajaran dari Amerika Serikat memakai sistem enam kerajaan (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaea / Archaeabacteria, dan Bakteri / Eubacteria) sementara buku pelajaran di Inggris, India, Australia, Amerika Latin dan negara-negara lain yang dipakai lima kingdom ( Animalia, Plantae, Fungi, Protista dan Monera). Beberapa penjabaran gres menurut modern yang kladistika telah secara eksplisit ditinggalkan istilah "kerajaan", mencatat bahwa kingdom tradisional tidak monofiletik, yaitu, tidak terdiri dari semua keturunan nenek moyang yang sama. Sistem lima kingdom sanggup dikombinasikan dengan sistem dua kerajaan:

 yaitu yang tertinggi kedua peringkat taksonomi bawah domain Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Menurut Whittaker
Prokariot 
Prokariot yaitu bersel tunggal organisme yang tidak mempunyai membran -bound inti (karyon), mitokondria, atau lainnya yang terikat membran organel. Kata prokariota berasal dari bahasa Yunani πρό- (pro -) "sebelum" dan καρυόν (karyon) "kacang atau kernel". Prokariota sanggup dibagi menjadi dua domain, Archaea dan Bakteri, dengan sisa spesies, disebut eukariota, dalam domain ketiga Eukaryota.

Dalam prokariota semua larut dalam air komponen intraseluler (protein, DNA dan metabolit) terletak gotong royong dalam sitoplasma tertutup oleh membran sel, bukan di terpisah kompartemen selular. Bakteri, bagaimanapun, mempunyai berbasis protein microcompartments bakteri, yang diduga bertindak sebagai organel primitif tertutup dalam cangkang protein. Beberapa prokariota, menyerupai cyanobacteria sanggup membentuk besar koloni. Lainnya, menyerupai myxobacteria, mempunyai multiseluler tahapan dalam mereka siklus hidup.

Studi molekuler telah memperlihatkan wawasan ke dalam evolusi dan relasi dari tiga domain dari spesies biologis. Eukariota yaitu organisme, termasuk manusia, yang sel mempunyai membran-terikat inti didefinisikan dengan baik (mengandung DNA kromosom) dan organel. Pembagian antara prokariota dan eukariota mencerminkan adanya dua tingkat yang sangat berbeda dari organisasi seluler. Jenis khas prokariota termasuk extremophiles dan metanogen; ini umum di beberapa lingkungan yang ekstrim.

Eukariota
Eukariota yaitu setiap organisme yang sel mengandung nukleus dan lainnya organel tertutup dalam membran.

Eukariota milik takson Eukarya atau Eukaryota. Fitur mendefinisikan yang memutuskan sel eukariotik terpisah dari prokariotik sel (Bakteri dan Archaea) yaitu bahwa mereka mempunyai membran-terikat organel, terutama inti, yang berisi materi genetik, dan tertutup oleh amplop nuklir. Kehadiran inti memperlihatkan eukariota nama mereka, yang berasal dari bahasa Yunani ευ (eu, "baik") dan κάρυον (karyon, "kacang" atau "kernel"). Sel eukariotik juga mengandung membran-terikat lainnya organel menyerupai mitokondria dan aparatus Golgi. Selain itu, tumbuhan dan alga mengandung kloroplas. Organisme eukariotik mungkin uniseluler, atau multiseluler. Hanya eukariota mempunyai banyak jenis jaringan yang terdiri dari banyak sekali jenis sel.

Eukariota sanggup mereproduksi baik oleh reproduksi aseksual melalui mitosis dan reproduksi seksual melalui meiosis. Dalam mitosis, satu sel membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom sebagai induk sel orisinil (sel haploid). Ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet - masing gamet hanya mempunyai satu embel-embel kromosom, masing-masing adonan unik dari yang sesuai sepasang orangtua kromosom) yang dihasilkan dari rekombinasi genetik selama meiosis.

The domain Eukaryota sepertinya monofiletik, dan menciptakan salah satu dari tiga domain kehidupan. Dua lainnya domain, Bakteri dan Archaea, yang prokariota dan mempunyai tidak ada fitur di atas. Eukariota merupakan minoritas kecil dari semua makhluk hidup; . Bahkan sel-sel dalam badan insan yang kalah jumlah 00:50 oleh basil dalam usus. Namun, alasannya yaitu ukuran mereka jauh lebih besar, di seluruh dunia kolektif eukariota 'biomassa diperkirakan sekitar setara dengan prokariota. Eukariota pertama kali dikembangkan sekitar 1,6-2100000000 tahun yang lalu.

Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Menurut Whittaker

1. Monera
Monera yaitu kerajaan yang berisi organisme uniseluler dengan prokariotik sel organisasi (tidak mempunyai membran inti), menyerupai bakteri. Takson Monera pertama kali diusulkan sebagai filum oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866. Selanjutnya, filum diangkat ke peringkat kerajaan pada tahun 1925 oleh Édouard Chatton. The umum diterima mega-klasifikasi terakhir dengan takson Monera yaitu lima kerajaan sistem penjabaran yang ditetapkan oleh Robert Whittaker pada tahun 1969.

Di bawah sistem tiga domain dari taksonomi, diperkenalkan oleh Carl Woese pada tahun 1977, yang mencerminkan sejarah evolusi kehidupan, organisme yang ditemukan dalam kerajaan Monera telah dibagi menjadi dua domain, Archaea dan Bakteri (dengan Eukarya sebagai domain ketiga). Selanjutnya, takson Monera yaitu paraphyletic (tidak termasuk semua keturunan nenek moyang mereka terbaru), sebagai Archaea dan Eukarya ketika diyakini lebih erat terkait dari baik yaitu untuk Bakteri. Istilah "moneran" yaitu nama resmi dari anggota kelompok ini dan masih kadang kala dipakai (seperti istilah "prokariota") untuk memperlihatkan anggota baik domain.

Kebanyakan basil yang diklasifikasikan dalam Monera; Namun, Cyanobacteria (sering disebut ganggang biru-hijau) awalnya diklasifikasikan dalam Plantae alasannya yaitu kemampuan mereka untuk berfotosintesis. 

2. Fungi
Fungi atau jamur yaitu setiap anggota kelompok eukariotik organisme yang meliputi mikroorganisme uniseluler menyerupai ragi dan jamur, serta jamur multiseluler yang menghasilkan bentuk berbuah dekat dikenal sebagai jamur. Organisme ini diklasifikasikan sebagai kerajaan, Fungi, yang terpisah dari kerajaan kehidupan lain dari tanaman, hewan, protista, dan bakteri.

Salah satu perbedaan yang menempatkan jamur di sebuah kerajaan yang berbeda yaitu bahwa dinding sel mengandung kitin, tidak menyerupai dinding sel tanaman, basil dan beberapa protista. Mirip dengan hewan, jamur yaitu heterotrof, yaitu, mereka memperoleh masakan mereka dengan menyerap molekul terlarut, biasanya dengan mengeluarkan enzim pencernaan ke dalam lingkungan mereka. Pertumbuhan yaitu cara mereka mobilitas, kecuali spora, yang mungkin perjalanan melalui udara atau air (beberapa dari yang flagellated). Jamur yaitu pengurai utama dalam sistem ekologi. Dan perbedaan lainnya menempatkan jamur dalam kelompok tunggal organisme terkait, berjulukan Eumycota (jamur benar atau Eumycetes), yang mengembangkan nenek moyang yang sama (adalah monofiletik kelompok). Kelompok jamur ini berbeda dari struktural menyerupai myxomycetes (jamur lendir) dan Oomycetes (jamur air). Disiplin biologi dikhususkan untuk mempelajari jamur dikenal sebagai mikologi (dari Yunani μύκης, mukēs, yang berarti "jamur"). Di masa lalu, mikologi dianggap sebagai cabang botani; hari ini yaitu sebuah kerajaan yang terpisah di biologi taksonomi. Jamur secara genetik lebih erat terkait dengan binatang daripada tumbuhan.

3. Protista
Dalam beberapa biologis taksonomi skema, protista  yaitu sekelompok besar bermacam-macam eukariotik, terutama uniseluler mikroorganisme, yang tidak membentuk jaringan. Sebelumnya, ini ditugaskan untuk sekarang-usang kerajaan Protista. Namun, di zaman modern taksonomi Protista dipahami sebagai paraphyletic (tidak clade), sehingga istilah tetap dipakai hanya untuk kenyamanan, menyerupai dengan "invertebrata". Istilah setara Protoctista dipakai untuk organisme ini oleh banyak sekali organisasi dan lembaga.  Molekuler analisis di modern yang taksonomi telah dipakai untuk mendistribusikan mantan anggota kelompok ini ke bermacam-macam dan kadang kala jauh terkait filum. Ketika digunakan, istilah "protista" kini dianggap berarti filum yang sama-muncul tetapi bermacam-macam yang tidak berafiliasi melalui nenek moyang eksklusif, dan yang mempunyai banyak sekali siklus hidup, tingkat trofik, mode penggerak, dan struktur selular.  Selain tingkat yang relatif sederhana mereka organisasi, protista tidak mempunyai banyak kesamaan.

The protista Istilah ini pertama kali dipakai oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866. Protista secara tradisional dibagi menjadi beberapa kelompok menurut kesamaan dengan "lebih tinggi" kerajaan: yang uniseluler "hewan-seperti" protozoa, yang "tanaman-seperti" protophyta (kebanyakan uniseluler ganggang) , dan "jamur-seperti" jamur lendir dan jamur air. Ini subdivisi tradisional, sebagian besar didasarkan pada kesamaan dangkal, telah digantikan oleh penjabaran menurut filogenetik (evolusi keterkaitan antara organisme). Namun, istilah yang lebih bau tanah masih dipakai sebagai nama informal untuk menggambarkan morfologi dan ekologi dari banyak sekali protista.

Protista hidup di hampir semua lingkungan yang mengandung air cair. Banyak protista, menyerupai algae, yaitu fotosintetik dan sangat penting produsen utama dalam ekosistem, khususnya di maritim sebagai bab dari plankton. Protista lainnya termasuk spesies patogen menyerupai kinetoplastid Trypanosoma brucei, yang menjadikan penyakit tidur dan spesies dari apicomplexan Plasmodium yang menjadikan malaria.

4. Plantae
Tanaman, juga disebut tumbuhan hijau, yaitu multiseluler eukariota dari kerajaan Plantae. Mereka membentuk unranked clade Viridiplantae (Latin untuk tumbuhan hijau) yang meliputi berbunga tanaman, konifer dan lainnya gymnosperma, pakis, clubmosses, hornworts, lumut hati, lumut dan ganggang hijau. Tanaman hijau tidak termasuk merah dan coklat ganggang, yang jamur, archaea, basil dan hewan.

Tanaman hijau mempunyai dinding sel dengan selulosa dan memperoleh sebagian besar energi mereka dari sinar matahari melalui fotosintesis oleh primer kloroplas, berasal dari endosimbiosis dengan cyanobacteria. Kloroplas mereka mengandung klorofil a dan b, yang memberi warna hijau mereka. Beberapa tumbuhan benalu dan telah kehilangan kemampuan untuk memproduksi jumlah normal klorofil atau berfotosintesis. Tanaman juga ditandai dengan reproduksi seksual, modular [klarifikasi diperlukan] dan pertumbuhan tak tentu, dan silih bergantinya generasi, meskipun reproduksi aseksual juga umum.

Nomor yang sempurna sulit untuk menentukan, tetapi sebagai tahun 2019 ada dianggap 300-315000 spesies tanaman, yang sebagian besar, beberapa 260-290000, yang tumbuhan biji (lihat tabel di bawah). Tanaman hijau menyediakan sebagian besar molekul oksigen di dunia dan merupakan dasar dari sebagian besar ekologi bumi, terutama di darat. Tanaman yang menghasilkan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran membentuk materi masakan pokok manusia, dan telah dijinakkan selama ribuan tahun. Tanaman yang dipakai sebagai ornamen dan, hingga ketika ini dan di banyak sekali besar, mereka telah melayani sebagai sumber paling obat dan obat-obatan. Studi ilmiah tumbuhan ini dikenal sebagai botani, cabang biologi.

5. Animalia
Hewan multiseluler, eukariotik organisme dari kerajaan Animalia (juga disebut Metazoa). Semua binatang motil, yang berarti mereka sanggup bergerak secara impulsif dan mandiri, di beberapa titik dalam hidup mereka. Mereka rencana badan karenanya menjadi tetap alasannya yaitu mereka mengembangkan, meskipun beberapa mengalami suatu proses dari metamorfosis nanti di mereka hidup. Semua binatang heterotrof: mereka harus menelan organisme lain atau produk mereka untuk rezeki.

Kebanyakan dikenal binatang filum muncul dalam catatan fosil sebagai spesies maritim selama ledakan Kambrium, sekitar 542 juta tahun yang lalu. Hewan terbagi dalam banyak sekali sub-kelompok, beberapa di antaranyaare: vertebrates ( birds , mammals , amphibians , reptiles , fish ); molluscs ( clams , oysters , octopuses , squid , snails ); arthropods ( millipedes , centipedes , insects , spiders , scorpions , crabs , lobsters , shrimp ); annelids ( earthworms , leeches ); sponges ; dan ubur-ubur. 

Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Berdasarkan Whittaker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel