Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ilmu Geografi

Apa manfaat ilmu geografi dalam kehidupan sehari-hari?_Saat melihat peta dan mengamati dunia di atas secarik kertas, manfaat ilmu geografi sanggup sedikit terlihat. Coba bayangkan kalau ilmu geografi tidak pernah disentuh dan dipelajari? Teknologi canggih ibarat GPS mustahil sanggup ada ibarat sampaumur ini.
Apa manfaat ilmu geografi dalam kehidupan sehari Manfaat Ilmu Geografi
Jika belum ada ilmu geografi, sangat mungkin ketika ini banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi penjelajah yang memetakan bab dunia tertentu. Namun bersyukur, kini ini kita sudah berada pada masa di mana ilmu geografi telah ada dan menjadi referensi yang bermanfaat. Dan walau, seluruh dunia memang sudah terpetakan dengan baik. Namun ilmu geografi masih terus berkembang hingga detik ini.

Memahami Ilmu Geografi
Ilmu geografi merupakan suatu keilmuan yang utamanya mempelajari bumi. Tidak hanya berkenaan dengan mempelajari peta dunia, ilmu geografi juga berkaitan dengan segala fenomena yang terjadi di bumi.

Iklim, pergerakan lempeng bumi dan fenomena lainnya akan dipelajari di dalam geografi. Geografi merupakan ilmu yang tidak hanya menuntut pemahaman teori. Saat mempelajari geografi, kita juga dituntut untuk sanggup menerapkan teori yang ada.

Pada tahap lanjut, menguasai software untuk pemetaan serta penginderaan jarak jauh sangatlah diperlukan.

Manfaat Luas Geografi
Dalam ilmu geografi, mempunyai lima fokus utama yaitu tanah atau lempeng bumi, udara, perairan, flora, dan fauna serta kependudukan. Dari kelima fokus ini, sanggup ditemukan bermacam-macam manfaat ilmu geografi yang sanggup terus dirasakan.

1. Membantu Pemetaan untuk Berbagai Keperluan
Pemetaan merupakan aspek ilmu geografi yang paling sering digunakan. Di dalam penerapannya, pemetaan sangatlah berkhasiat untuk bermacam-macam tujuan, antara lain:
  • untuk mengetahui potensi pertanian di suatu wilayah.
  • untuk mengetahui potensi alam yang ada di suatu wilayah.
  • untuk mengetahui potyensi perekonomia di suatu daerah.
  • untuk mengetahui wilayah yang rawan petaka ibarat tanah longsor.
  • untuk mengumpulkan gosip penggunaan lahan terkini.
2. Memberikan Gambaran Kepadatan Penduduk
Kependudukan serta teori migrasi merupakan bab dari ilmu geografi. Maka dari itu, ilmu geografi sering dipakai untuk memperlihatkan citra kepadatan penduduk di banyak sekali wilayah.

Pemetaan kepadatan penduduk bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk serta untuk pengelompokkan penduduk menurut usia lanjut dan usia produktif.

Informasi mengenai penduduk berusia produktif sanggup memperlihatkan citra potensi tenaga kerja. Dan gosip penduduk usia lanjut akan memperlihatkan citra akan besarnya beban tenaga produktif yang dimliki oleh suatu daerah.

3. Menentukan Arah Pembangunan
Negara Indonesia yaitu negara berkembang yang masih terus dan terus membangun. Pembangunan tidak sanggup dilakukan secara asal-asalan. Harus ada rencana dan arah pembangunan yang baik. Di sini, manfaat ilmu geografi sanggup ditemukan.

Dengan memakai gosip dari pemetaan lahan, akan didapat kawasan-kawasan ideal untuk pembangunan.

Contohnya, satu daerah mempunyai tanah yang kondisi dan letaknya ideal untuk pertanian. Maka pembangunan daerah pemukiman dan lain-lain sanggup dipindahkan ke daerah lain.

4. Menggali Informasi Cuaca dan Iklim
Salah satu manfaat ilmu geografi yang sangat sanggup dirasakan yaitu memperoleh gosip cuaca serta iklim. Data-data mengenai cuaca serta iklim sangatlah berkhasiat untuk memilih potensi pertanian satu wilayah (jenis tumbuhan apa yang sanggup dikembangkan dan lain-lain).

Ilmu geografi merupakan ilmu yang sangat menarik dan bermanfaat. Arah pembangunan serta pengembangan wilayah sanggup menjadi lebih baik dengan memanfaatkan ilmu geografi. Manfaat ilmu geografi akan terus dicari alasannya yaitu ilmu ini sudah menjadi bab dalam hidup banyak orang.

Posting Komentar untuk "Manfaat Ilmu Geografi"