Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Kegiatan Guru Pembelajar

Pengertian dan Program Guru Pembelajar_Apa itu Guru Pembelajar?, berdasarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 27 Oktober 2019-27 Juli 2019 ( Bapak Anies Baswedan ), definisi Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus berguru dan membuatkan (upgrade) diri di setiap ketika dan di manapun. Guru terus berguru dan membuatkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi memang sejatinya setiap pendidik atau guru yaitu pembelajar.
 berdasarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode  Pengertian dan Program Guru Pembelajar
 Program Guru Pembelajar Kemdikbud via Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam sambutan pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 mengajak seluruh guru untuk menjadi Guru Pembelajar, guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi penerima didiknya, guru yang hadir mengirimkan pesan harapan, guru yang makin menjadi pola wacana ketangguhan, optimisme, dan keceriaan. Guru merupakan seorang pembelajar yang secara terus menerus berguru untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Guru merupakan role model atau pola bagi para penerima didik sehingga tampilan awal guru sangat kuat terhadap kelanjutan pembelajaran para penerima didik. Guru sanggup menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi motivasi, dan menginspirasi dari pengetahuan dan pengalaman guru yang senantiasa diperbaharui dengan aneka macam masukan faktual yang didapat dari aneka macam sumber belajar. Pengetahuan dan pengalaman sanggup diperoleh dari buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar pendidikan, serta pendidikan dan  pelatihan.

Dalam proses belajarnya, guru menghasilkan karya dan penemuan yang mencerahkan untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di kelas sehingga menumbuhkan semua potensi penerima didik dan mereka bukan sekadar bisa meraih, tetapi bisa melampaui cita-citanya. Guru bukan hanya seorang pengajar tetapi lebih dari itu guru merupakan pendidik. Sebagai pendidik guru harus mempunyai aneka macam kemampuan sebagai kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik yang profesional.

Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus berguru selama ia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut.

1. Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas mempunyai kesempatan untuk membuatkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan berguru sepanjang hayat.

2. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus berguru mengikuti keadaan dengan hal-hal gres yang berlaku ketika ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa mengikuti keadaan dengan aneka macam perubahan yang baru. Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.

3. Karakter penerima didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang dipakai pada penerima didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada penerima didik generasi sekarang. Oleh alasannya yaitu itu, cara ataupun metode pembelajaran yang dipakai guru harus diadaptasi dengan kondisi penerima didik ketika ini.

Berdasarkan alasan tersebut di atas, guru pembelajar harus terus belajar, bisa mengikuti keadaan dengan perubahan, dan sanggup menginspirasi penerima didik menjadi subjek pembelajar berdikari yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Kegiatan Guru Pembelajar"