Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli_Media merupakan kata jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara” yaitu segala sesuatu yang membawa info antara sumber info dan akseptor (Smaldino, et al., 2005: 9). Pernyataan tersebut sanggup diartikan bahwa segala sesuatu yang sanggup menjembatani info antara sumber info dan akseptor sanggup dikatakan sebagai media.
Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
Pendapat lain menyampaikan bahwa media diartikan sebagai alat fisik dari komunikasi antara lain buku, modul cetak, teks terprogram, komputer, slide/pita presentasi, film, pita video, dan sebagainya (Gagne & Briggs, 1979: 175).

Dengan kata lain, media merupakan benda fisik yang sanggup menjadi penghubung komunikasi dari sumber info kepada orang lain yang melihat, membaca, atau menggunakannya. Benda tersebut sanggup berbentuk cetak maupun noncetak.

Newby, et al. (2006: 308) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan pemilihan dan pengaturan informasi, kegiatan, metode, dan media untuk membantu siswa mencapai tujuan berguru yang telah direncanakan.

Dalam pembelajaran terjadi pengaturan siswa untuk sanggup berguru melalui acara yang akan dilaksanakan, pemilihan metode dan media yang akan digunakan, serta adanya sasaran pengetahuan atau kemampuan yang akan diperoleh sehabis mengikuti serangkaian kegiatan. Semua hal tersebut dilakukan atau dipakai semoga sanggup membantu siswa untuk mencapai sasaran berupa tujuan berguru yang telah direncanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

1. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Briggs (1977)
Briggs menyatakan bahwa media pembelajaran yaitu sarana fisik untuk memberikan isi-materi pembelajaran menyerupai : buku, film, dan video

2. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Smaldino (2005)

Media yang dipakai untuk memberikan pesan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran didefinisikan sebagai media pembelajaran (Smaldino, et al., 2005: 9). Dengan demikian, media pembelajaran yaitu segala alat yang sanggup membantu tercapainya tujuan pembelajaran.

3. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Newby (2006)
Newby mendefinisikan bahwa media pembelajaran sebagai susukan dari komunikasi yang membawa pesan dengan tujuan yang berkaitan den gan pembelajaran yang sanggup berupa cara atau alat lain yang dengannya info sanggup disampaikan atau dialami siswa.

Pernyataan tersebut sanggup diartikan bahwa media pembelajaran juga sanggup berupa cara atau alat untuk berkomunikasi dengan siswa. Segala sesuatu yang dipakai sebagai penyampai pesan pembelajaran diidentifikasi sebagai media pembelajaran. Dengan kata lain, media pembelajaran membantu siswa dalam menerima atau membangun info atau pengetahuan.

4. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Sadiman (2008)
Menurut Sadiman, media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke akseptor pesan. Dalam hal ini yaitu proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses berguru sanggup terjalin.

Dari beberapa pendapat tersebut, media sanggup diartikan sebagai alat fisik komunikasi yang berfungsi memberikan info (pengetahuan) dari sumber ke akseptor informasi. Adapun media pembelajaran merupakan alat atau mediator untuk memfasilitasi komunikasi dari sumber berguru ke siswa dan mendukung proses berguru guna mencapai tujuan belajar.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Media Pembelajaran Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel