Pengertian Metode Mencar Ilmu Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya_Guru sanggup mencapai keberhasilan dalam peroses berguru mengajar di kelas  dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Oleh alasannya tidak semua metode pembelajaran cocok bagi semua penerima didik, guru sebaiknya bijaksana dalam menentukan metode berguru yang tepat.
Guru sanggup mencapai keberhasilan dalam peroses berguru mengajar di kelas  Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya

Berdasarkan pendapat para ahli, kata “metode” berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata meta yang mempunyai arti  “melalui” dan hodos yang mempunyai arti “jalan”, metode bermakna “jalan yang dilalui”. Kata metode dalam bahasa Arab diungkapkan dalam bermacam-macam kata yaitu al-tariqah, al-wasilah, manhaj dan al-tariqah  yang berarti jalan, perantara atau mediator.

Dengan demikian metode mempunyai makna yaitu cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan. Metode juga sanggup dipahami sebagai sebuah media  untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi pengembangan sebuah disiplin ilmu.

Pengertian metode berguru dipahami sebagai sebuah cara untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi kemajuan  ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa pengertian metode berguru yaitu alat untuk membuatkan dan mengolah suatu gagasan sehingga menghasilkan temuan atau teori

Jenis-Jenis Metode Belajar 

Untuk lebih memahami pengertian metode berguru berikut ini kami sajikan beberapa jenis metode belajar:

A. Metode Belajar SQ3R

Metode berguru SQ3R  ditemukan oleh seorang ilmuwan pendidikan dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat berjulukan Francis R. Metode ini sanggup diaplikasikan pada bermacam-macam pendekatan berguru dan bersifat praktis.

Metode berguru SQ3R  terdiri dari beberapa tahap diantaranya:

1. Survey
Tahap ini dipahami sebagai peroses meneliti, menyidik atau mengidentifikasi keseluruhan teks.

2. Question
Tahap question merupakan proses penyusunan daftar pernyataan yang relevan dengan keseluruhan teks.

3. Read 
Tahap read dimaknai sebagai proses secara aktif melaksanakan  pembacaan  teks untuk memperoleh tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah  tersusun.

4. Recite
Tahap ini ditandai dengan proses  menghafal setiap tanggapan yang telah berhasil ditemukan.

5. Review
Review merupakan proses melaksanakan peninjuan ulang keseluruhan tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah  tersusun pada langkah kedua maupun ketiga.

B. Metode Belajar PQ4R

Metode berguru PQ4R merupakan sebuah taktik pembelajaran yang berperan dalam meningkatkan kinerja memori otak untuk lebih memahami substansi teks.
Metode ini diciptakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972 di Amerika Serikat.

PQ4R yaitu kependekan dari  Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review. Teknik PQ4R pada hakikatnya yaitu pemicu munculnya  tanya-jawab yang sanggup mendorong para pembaca teks untuk berupaya melaksanakan pengolahan bahan secara lebih detail dan mendalam.

Teknik PQ4R terdiri dari tahap-tahap berikut ini:

1. Preview
Tahap ini siswa didorong untuk memahami bahan dengan membaca secara    selintas cepat untuk membuka wawasan siswa ihwal bahan yang akan diajarkan.

2. Question
Tahap ini siswa diajak untuk menggali warta ihwal bahan yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

3. Read
Tahap ini ditandai dengan reaksi siswa terhadap bahan yang telah dibaca sehingga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.

4. Reflect
Pada tahap ini siswa diajak untuk memahami informasi-informasi dari bahan yang telah dibaca tersebut.

5. Recite
Pada tahap ke lima ini, siswa   didorong untuk mengingat  kembali warta dari bahan yang telah dipelajari kemudian menyaring hal-hal penting yang ada dalam bahan tersebut.

6. Review
Pada tahap terakhir siswa diajak untuk menciptakan catatan singkat berupa intisari dari keseluruhan bahan yang telah dibaca.
 
Dari ulasan  tentang pengertian metode berguru dan jenis-jenisnya di atas sanggup disimpulkan bahwa metode berguru  merupakan alat untuk membuatkan dan mengolah sebuah  gagasan mengenai ilmu pengetahuan sehingga bisa menghasilkan sebuah teori atau temuan.

Demikian ihwal pengertian dan jenis metode belajar. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Metode Mencar Ilmu Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel