Pengertian Pedagogik Berdasarkan Kbbi, Etimologi, Dan Ahli

Pengertian/Definisi Pedagogik- Apa itu pedagogik?. Sahabat Pembaca, jikalau Anda ialah Pendidik maka niscaya sudah tidak absurd lagi dengan istilah "Pedagogik", namun di luar sana mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu pedagogik. Bisa jadi ada yang beranggapan bahwa "Pedagogik" merupakan akronim, sehingga ada juga yang menanyakan pedagogik itu singkatan dari apa?, apa kepanjangan dari pedagogik?, dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya.

Di Wikipedia, pedagogi ialah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada taktik pembelajaran atau gaya pembelajaran. Pedagogi juga kadang kala merujuk pada penggunaan yang sempurna dari taktik mengajar. Sehubungan dengan taktik mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh penerima didik dan guru.

 jikalau Anda ialah Pendidik maka niscaya sudah tidak absurd lagi dengan istilah  Pengertian Pedagogik Menurut KBBI, Etimologi, dan Ahli

1. Pengertian pedagogik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )

Jika kita mencari arti kata pedagogik di KBBI dengan memasukkan kata "pedagogik", maka di kamus online tersebut tidak ada hasilnya. Kita akan mendapat hasil pencarian arti kata pedagogik saat memasukkan kata "pedagogi", alasannya ialah kata tersebut memuat pedagogik, pedagogis, dan ortopedagogik. Berikut ini hasil pencarian di KBBI :
  • pedagogi = ilmu pendidikan; ilmu pengajaran
  • pedagogik = bersifat pedagogi; bersifat mendidik
  • ortopedagogik = ilmu mendidik yang bertujuan menyembuhkan kelainan psikis, objek didiknya, terutama yang bodoh mental
2. Pengertian pedagogik secara etimologi

a.  Kata "pedagogi" berasal dari Bahasa Yunani kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō; dari παίς país:anak dan άγω ági: membimbing; secara literal berarti "membimbing anak”). Di Yunani kuno, kata παιδαγωγός biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya. Termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah (διδασκαλείον) atau tempat latihan (γυμνάσιον), mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya).( https://id.wikipedia.org/wiki/Pedagogi )

b.Pedagogik berasal dari kata Yunani “paedos”, yang berarti anak laki-laki, dan “agogos” artinya mengantar, membimbing. Makara pedagogic secara harfiah berari pembantu anak pria pada zaman Yunani kuno, yang pekerjaannya mengantarkan anak majikannya ke sekolah. Kemudian secara kiasan pedagogik ialah seorang ahli, yang membimbing anak ke arah tujuan hidup tertentu.( https://www.duniaedukasi.my.id//search?q=konsep-dasar-pedagogik )

3. Pengertian pedagogik berdasarkan Prof. Dr. J. Hoogveld (Belanda)

Pedagogik ialah ilmu yang mempelajari persoalan membimbing anak kearah tujuan tertentu, yaitu biar ia kelak “mampu secara dapat bangkit diatas kaki sendiri menuntaskan kiprah hidupnya”. Makara pedagogic ialah ilmu pendidikan anak.

Langeveld (1980), membedakan istilah “pedagogik” dengan istilah “pedagogi”. Pedagogik diartikan dengan ilmu pendidikan, lebih menitik beratkan kepada pemikiran, perenungan perihal pendidikan. Suatu pemikiran bagaimana kita membimbing anak, mendidik anak. Sedangkan istilah pedagogi berarti pendidikan, yang lebih menekankan pada praktek, menyangkut aktivitas mendidik, aktivitas membimbing anak.

Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, krisis dan objektif, menyebarkan konsep-konsepnya mengenai hakekat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan. Walaupun demikian, masih banyak tempat yang gelap sebagai “terraincegnita” (daerah tak dikenal) dalam lapangan pendidikan, alasannya ialah persoalan hakikat hidup dan hakikat insan masih banyak diliputi oleh kabut misteri.
Baca juga: Kumpulan Artikel Tentang Pedagogik
Sumber :
http://kbbi.web.id/pedagogi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pedagogi
https://www.duniaedukasi.my.id//search?q=konsep-dasar-pedagogik

Demikian perihal Definisi/Pengertian Pedagogik Menurut KBBI, Etimologi, dan Ahli. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pedagogik Berdasarkan Kbbi, Etimologi, Dan Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel