Pengertian Pendidikan

Definisi/Pengertian Pendidikan- Sahabat Pembaca, semua orang membutuhkan pndidikan semenjak lahir, bahkan semenjak dalam kandungan karena  pendidikan merupakan kebutuhan primer manusia.  Ada banyak sekali pengertian pendidikan menyerupai pengertian pendidikan secara umum, berdasarkan KBBI, berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, dan pengertian pendidikan berdasarkan para ahli.Namun dari banyak sekali pengertian pendidikan pada pada dasarnya sesungguhnya sama. Untuk lebih jelasnya, silakan simak banyak sekali pengertian pendidikan sebagai berikut:

1. Pengertian pendidikan secara umum
Pengertian pendidikan secara umum atau sangat umum menyerupai yang dikemukakan oleh Driyakara ( 1980 ) yang menyatakan bahwa pendidikan yaitu proses memanusiakan insan muda. Pengangkatan insan ke taraf insani itulah yang disebut mendidik. Dari pengertian tersebut sanggup kita ambil kesimpulan bahwa insan merupakan makhluk yang paling tepat daripada makhluk lainnya alasannya insan diberi nalar pikiran oleh Tuhan.

Sebagai makhluk yang berakal, insan harus sanggup memanfaatkan nalar pikirannya untuk mengetahui perihal banyak sekali ilmu pengetahuan sehingga insan sanggup lebih tepat dalam menjaga perilakunya dalam kehidupan sehar-hari. Dengan nalar pikiran insan sanggup membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang penting dan tidak penting, mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak dibutuhkan, dan lain sebagainya.

2. Pengertian pendidikan berdasarkan kamus

a. Pengertian pendidikan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )
 Menurut KBBI, pendidikan yaitu proses pengubahan sikap dan tata laris seseorang atau kelompok orang dalam perjuangan mendewasakan insan melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik ( http://kbbi.web.id/didik )

b. Pengertian pendidikan pada wikipedia
Menurut Wikipedia, pendidikan yaitu pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pengalaman yang mempunyai imbas formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan sanggup dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap menyerupai prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian sekolah tinggi tinggi, universitas atau magang.

3. Sepuluh ( 10 )  pengertian pendidikan berdasarkan para ahli
Para mahir memperlihatkan definisi yang berbeda-beda perihal pengertian pendidikan, definisi yang dikemukakan oleh para mahir mempunyai tekanan dan orientasi yang berbeda-beda alasannya landasan falsafah yang digunakannya berbeda-beda pula. Di bawah ini banyak sekali pengertian pendidikan berdasarkan para mahir :

a. Pengertian pendidikan menurut  G. Thompson ( 1957 )
Menurut G. Thompson, pendidikan yaitu efek lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap di dalam kebiasaan-kebiasaan, pemikiran, sikap-sikap, dan tingkah laku.

b. Pengertian pendidikan berdasarkan John Dewey ( 1978 )
Pendidikan yaitu segalanya bersama dengan pertumbuhan, pendidikan sendiri tidak mempunyai tujuan tamat di belakangnya.

c. Pengertian pendidikan berdasarkan Ihsan Fuad ( 2005 )
Pendidikan yaitu kegiatan dan perjuangan insan untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi –potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta dan budi nurani). Pendididkan juga berarti forum yang bertanggungjawab menetapkan cita – cita (tujuan) pendidikan, isi, sistem dan organisasi pendidikan . Lembaga – forum ini mencakup keluarga, sekolah dan masyarakat (Ihsan Fuad, 2005).

d. Pengertian pendidikan berdasarkan Ki Hajar Dewantara

 semua orang membutuhkan pndidikan semenjak lahir Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah  menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada bawah umur itu, semoga mereka sebagai insan dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya

e. Pengertian pendidikan berdasarkan Rousseau/ JJ Rousseau/ Jean Jasques Rousseau
Menurut Rousseau Pendidikan yaitu memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu cukup umur .

f. Pengertian pendidikan menurut  Ahmad D. Marimba
Menurut Ahmad D. Marimba, pendidikan yaitu bimbingan  secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik/peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

g. Pengertian pendidikan berdasarkan Langeveld
Pendidikan yaitu setiap usaha, pengaruh, perlindungan, dan pinjaman yang diberikan kepada anak tertuju pada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak semoga cukup cakap melakukan kiprah kehidupannya sendiri.

h. Pengertian pendidikan berdasarkan Sudirman N
Pendidikan yaitu sebagai perjuangan yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain semoga menjadi cukup umur atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.

i. Pengertian pendidikan berdasarkan Carter V. Good
Pendidikan yaitu :
  • Seni, praktik, atau profesi sebagai pengajar.
  • Ilmu sistematis atau pengajaran yang berafiliasi dengan prinsip dan metode-metode pengajaran
j. Pengertian pendidikan berdasarkan Darmaningtyas
Pendidikan yaitu perjuangan dasar dan sistematis untuk mencapai tingkat hidup dan kemajuan yang lebih baik

4. Pengertian pendidikan berdasarkan Undang-undang No.20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1
Pendidikan yaitu perjuangan sadar untuk membuat suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran semoga penerima didik secara aktif menyebarkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, adat mulia, serta keterampilan yang diharapkan oleh dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Selanjutnya, silakan baca Tujuan Pendidikan Nasional

Demikian tentang  Pengertian Pendidikan. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel