Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Universitas Terbaik Berdasarkan Kemenristek Dikti

Universitas Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristek Dikti_Kementrian ristek dikti merupakan sebuah kementrian RI yang memiliki wewenang dan kiprah dalam penyelenggaraan dan pengelolaan akademi tinggi. Setiap tahunnya Kemenristek dikti selalu merilis data peringkat akademi tinggi berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria tersebut antara lain kualitas sumber daya manusia, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, administrasi dan aktivitas mahasiswa, Dari banyak sekali kriteria tersebut, Kemenristek dikti telah menetapkan peringkat akademi tinggi di Indonesia pada tahun 2019 sebagai berikut.
Universitas Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristek Dikti 15 Universitas Terbaik Menurut Kemenristek Dikti

1. Institut Teknologi Bandung
Sebagai peringkat pertama, ITB memiliki total skor sebesar 3.743 dan memiliki  nilai tepat yaitu 4 untuk kriteria penelitian dan publikasi.

2. Universitas Gadjah Mada
UGM merupakan universitas tertua di Indonesia dan berdasarkan data kemeristekdikti, UGM menempati posisi kedua dengan nilai 3.690. Point tepat diraih UGM pada bidang kualitas administrasi dan kualitas aktivitas mahasiswa.

3. Institut Pertanian Bogor
Institut yang berada di Bogor Jawa Barat ini menduduki peringkat ketiga sesudah UGM dan ITB berdasarkan Kemenristek dikti pada tahun 2019. IPB memperoleh nilai total 3.490.

4. Universitas Indonesia
Universitas yang populer dengan kampus kuning ini menempati posisi empat sesuai data Kemenristek dikti dengan nilai 3.412

5. Institut Teknologi Sepuluh November
ITS yaitu institut teknologi yang ternama di Jawa Timur tepatnya di Surabaya. ITS memegang peringkat ke lima dengan total nilai 3.289.

6. Universitas Brawijaya
Dengan nilai 3.217, Unibraw atau Universitas Brawijaya menempati posisi keenam.

7. Universitas Padjajaran (UNPAD)
Universitas favorit di Jatinangor Bandung ini menduduki peringkat Kemenristek dikti di nomor tujuh dan memiliki nilai sebanyak 3.075.

8. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga atau UNAIR ini merupakan universitas yang berada di Surabaya dan telah menempati posisi kedelapan berdasarkan data Kemenristek dikti dengan total nilai 3.064

9. Universitas Sebelas Maret
Selisih yang sangat sedikit dengan UNAIR dan UNPAD, menempatkan Universitas Sebelas Maret di peringkat sembilan dengan total nilai 3.035.

10. Universitas Diponegoro
Universitas yang namanya mengambil nama jagoan di tanah Jawa ini menempati posisi ke sepuluh berdasarkan data Kemenristek dikti dan memiliki nilai sebanyak 2.983.

11. Universitas Hasanudin
Meskipun UNHAS menempati peringkat sebelas dengan total nilai 2.978, namun UNHAS masih perlu bersaing lagi dalam hal kualitas aktivitas mahasiswanya alasannya masih menerima nilai 0 dari Kemenristek dikti.

12. Universitas Andalas
Universitas yang berada di tanah Sumatra ini berada di posisi dua belas dengan total nilai 2.753.

13. Universitas Negeri Malang
UNM atau Universitas Negeri Malang telah bisa bersaing dengan akademi tinggi mahir lainnya dan berhasil mencapai peringkat tiga belas dengan nilai 2.742.

14. Universitas Negeri Yogyakarta
Sebagai universitas yang memiliki jurusan pendidikan terbaik di Indonesia, UNY telah berhasil mengangkat kualitasnya dengan memperoleh nilai sebanyak 2.726 dan menempati urutan ke empat belas.

15. Universitas Katolik Petra
Sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia, Universitas Katolik Petra telah sukses menempatkan diri di posisi lima belas dengan total 2.655.

Demikian perihal 15 Universitas Negeri/Swasta Terbaik Menurut Kemenristek Dikti. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "15 Universitas Terbaik Berdasarkan Kemenristek Dikti"