Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Akseptor Ajar Gres Sd/Smp/Sma/Smk

Mulai tahun pelajaran 2019/2019 Masa Orientasi Sekolah (MOS) diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Apa tujuan PLS bagi Peserta Didik Baru?_ Berdasarkan Silabus Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (Lampiran I  Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2019  Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru) ada 5 tujuan pengenalan lingkungan sekolah bagi penerima didik baru, dan pada masing-masing tujuan sanggup diisi dengan aneka macam kegiatan. Pada silabus PLS sudah tercantum nama kegiatan-kegiatan PLS baik yang wajib maupun pilihan.
 diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  5 Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru SD/SMP/SMA/SMK

Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah beserta Jenis Kegiatan Wajib dan Pilihannya Bagi Peserta Didik Baru 

1. Mengenali potensi diri siswa baru
a. Kegiatan Wajib
  • Pengisian formulir siswa gres oleh orang tua/wali;
  • Kegiatan pengenalan siswa (khusus SD, siswa sanggup dikenalkan oleh orang tua).
b. Kegiatan Pilihan
  • Diskusi konseling.
  • Mengenalkan aktivitas ekstra kurikuler yang ada di sekolah.
  • Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi.
2. Membantu siswa gres menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, kemudahan umum, dan sarana prasarana sekolah
a. Kegiatan Wajib
  • Kegiatan pengenalan warga sekolah;
  • Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah;
  • Kegiatan pengenalan kemudahan sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa;
  • Pengenalan stakeholders sekolah lainnya.
b. Kegiatan Pilihan
  • Pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan kemudahan toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu.
  • Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya.
  • Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah.
  • Menginformasikan kewajiban pemeliharaan kemudahan dan sarana prasarana sekolah dan fasilitasfasilitas umum.
  • Kegiatan simulasi penanggulangan bencana.
  • Menginformasikan tempat rawan di sekitar sekolah.
  • Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk hukuman yang diatur dalam peraturan perundangundangan terkait.

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara berguru efektif sebagai siswa baru
a. Kegiatan Wajib
  • Simulasi penyelesaian suatu dilema untuk menumbuhkan motivasi dan semangat berguru siswa;
  • Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b. Kegiatan Pilihan
  • Pengenalan metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning (speed reading, easy writing, mind mapping, super memory system).
  • Mendatangkan narasumber dari aneka macam profesi untuk mengembangkan pengalaman.
  • Kegiatan pengenalan kewirausahaan.
  • Kegiatan pengenalan institusi pasangan pada sekolah kejuruan.

4. Mengembangkan interaksi konkret antarsiswa dan warga sekolah lainnya
a. Kegiatan Wajib
  • Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun;
  • Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
b. Kegiatan Pilihan
  • Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
  • Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.

5. Menumbuhkan sikap konkret antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup higienis dan sehat untuk mewujudkan siswa yang mempunyai nilai integritas, etos kerja, dan semangat bahu-membahu pada diri siswa.
a. Kegiatan Wajib
  • Kegiatan penanaman dan penumbuhan watak dan karakter;
  • Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah;
  • Pemilihan tema aktivitas pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.
b. Kegiatan Pilihan
  • Beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air.
  • Kegiatan pujian terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian watak di sekolah.
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampah.
  • Penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik, telepon, dsb) secara efisien.
  • Mengajarkan simulasi antri melalui baris sebelum masuk kelas, dan pada dikala bergantian menggunakan kemudahan sekolah.
  • Kegiatan pendidikan ancaman p0rn0grafi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain ancaman mer0k0k.
  • Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.


Demikian perihal 5 Tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK Negeri/Swasta. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tujuan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Akseptor Ajar Gres Sd/Smp/Sma/Smk"