Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Manfaat Facebook Bagi Dunia Pendidikan

Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan_Fb merupakan jejaring sosial yang terkenal di dunia yang sudah terbukti bermanfaat di dunia pendidikan. Berdasarkan ranking situs web versi Alexa Traffic Rank,  ketika ini ( April 2019 ) situs Facebook menempati ranking ke-3 sesudah situs Youtube.com (di posisi ke-2) dan Google.com (di urutan nomor 1). Dengan adanya fitur-fitur fb yang anggun dan mudah menyerupai fitur status facebook publik, fitur kirim pesan pribadi, halaman fb, grup facebook, percakapan inbox grup fb, dan fitur lainnya, memudahkan para pengguna facebook ( dalam hal ini pengguna fb di dunia pendidikan ) untuk saling menyebarkan informasi pendidikan dan berinteraksi sosial secara online.
Fb merupakan jejaring sosial yang terkenal di dunia yang sudah terbukti bermanfaat di dunia Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan
Berbagai Manfaat Facebook bagi Dunia Pendidikan
Adapun beberapa manfaat facebook di dunia pendidikan antara lain sebagai berikut:

1. Berbagi ilmu dan informasi 
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), siswa, komite sekolah, dinas pendidikan sanggup menyebarkan ilmu atau informasi melalui fb, baik informasi tersebut diposting di status berupa informasi pribadi maupun dikemas dan dikirim dalam bentuk file. He he, terbukti ketika ini banyak surat pemberitahuan yang dikirim via fb, walaupun demikian biasanya print out surat resmi/dinasnya menyusul.

2. Memudahkan interaksi sosial multi arah
Penggunaan facebook untuk keperluan berinteraksi sosial multi arah sanggup dilakukan dengan menciptakan grup fb dan halaman fb.

3. Sebagai sarana penunjang untuk meningkatkan prestasi berguru siswa
Fb sanggup dimanfaatkan oleh guru dan murid sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan grup facebook untuk diskusi kelompok belajar. Hal ini sanggup meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

4. Mempromosikan sekolah kepada masyarakat.
Facebook sanggup dimanfaatkan untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat, contohnya dengan cara menciptakan halaman facebook kemudian mengeposkan kabar wacana kegiatan-kegiatan sekolah dilengkapi dengan foto kegiatan.

5. Mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat 
Grup fb sanggup dimanfaatkan sebagai alat untuk mempererat hubungan kekeluargaan warga sekolah dengan alumni dan masyarakat, misalkan dengan menciptakan grup komunitas sekolah tertentu yang anggotanya warga sekolah, alumni, komite sekolah, wali siswa, dan masyarakat.


Demikian beberapa Manfaat Facebook di Dunia Pendidikan. Tentunya masih banyak manfaat fb bagi dunia pendidikan yang belum tertulis pada halaman ini, jadi silakan Anda tambahkan manfaat lain fb untuk dunia pendidikan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Berbagai Manfaat Facebook Bagi Dunia Pendidikan"