Cara Termudah Cek Nisn Siswa Tk, Sd, Smp, Sma Secara Online Di Internet

Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa ( Peserta Didik ) TK,  SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet- Bagaimana cara mengecek NISN menurut nama dan/atau menurut sekolah?_Nomor Induk Siswa Nasional disingkat NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan potongan dari agenda Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud ).

Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi isyarat pengenal identitas siswa yang bersifat unik ( NISN terdiri dari 10 digit ), standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. NISN dikatakan unik sebab 3 digit nomor awal merupakan tahun lahirnya siswa yang bersangkutan, contohnya tahun lahir siswa ialah tahun 2004 maka 3 digit awalnya NISNnya yaitu 004 dan 7 digit isyarat unik di belakangnya.

Mekanisme penentuan dan derma isyarat pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan derma isyarat pengenal identitas siswa tersebut menurut pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses derma isyarat identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id).

A. Cara Termudah Mengecek atau Mencari NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet

Sahabat pembaca, Anda sanggup mengetahui NISN dengan cara mencari atau mengeceknya secara online di internet yakni pada alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Untuk mengecek/mencari NISN siswa SD/SMP/SMA secara online sanggup dilakukan dengan dua cara yakni mencari NISN menurut nisn dan mengecek/mencari NISN menurut nama siswa lengkap dengan tanggal lahir dan daerah lahirnya. Apakah ada cara mengecek nisn menurut sekolah?, ada , namun pengecekan nisn menurut nama sekolah hanya sanggup dilakukan oleh operator sekolah di vervalpd.data.kemdikbud.go.id

1.  Cara Mengecek NISN siswa SD/SMP/SMA menurut NISN

Cara mengecek atau mencari NISN menurut NISN ini sanggup dilakukan dengan gampang dan cepat, caranya sebagai berikut:

a. Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data 

Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa  Cara Termudah Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet
b. Masukkan NISN Siswa ke kolom yang tersedia

c. Klik tombol "Cari"

d. Lihat Hasilnya 
Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa  Cara Termudah Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet
Hasil Pencarian NISN Berdasarkan NISN Siswa

Setelah Anda mengeklik tombol "cari", maka akan tampil hasil pencarian untuk NISN yang Anda masukkan dengan keterangan Info Siswa :
  • NISN siswa
  • Nama Siswa
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
2. Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa, Tanggal Lahir, dan Tempat Lahirnya

Cara Mencari NISN menurut nama dan tanggal lahir beserta daerah tanggal lahir siswa merupakan cara alternatif bila Anda lupa atau tidak tahu NISNnya. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

a. Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data 
Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa  Cara Termudah Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet

Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta Tempat Lahir
  • #1). Klik hidangan " Pencarian Berdasarkan Nama
  • #2). Masukkan nama Siswa
  • #3). Masukkan Tempat Lahir
  • #4. Inputkan tanggal-bulan-tahun lahir dengan format tanggal/bulan/tahun, referensi 15/03/2003
  • #5). Klik Cari
b. Lihat dan Cek Hasilnya


Cara Termudah Cek atau Mencari NISN Siswa  Cara Termudah Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet
 Hasil Pencarian NISN Berdasarkan Nama Siswa

Setelah Anda mengeklik tombol "Cari", maka akan tampil hasil pencarian NISN menurut nama dengan keterangan sebagai berikut :
  • NISN
  • Nama Siswa
  • Jenis Kelamin
  • Tempat Lahir
  • Tanggal Lahir
Nah kini Anda sudah berhasil mengetahui NISN dan kevalidan data yang ada, bila belum valid, Anda sanggup menghubungi operator sekolah Anda untuk membetulkannya.

Apakah NISN itu penting?, silakan baca tujuan dan manfaat NISN di bawah ini :

B. Tujuan dan Manfaat NISN

Tujuan dan Manfaat NISN ialah sebagai berikut :

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

2. Sebagai sentra layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

3. Sebagai sistem pendukung agenda Dapodik ( Dapodikdasmen ) dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan agenda pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa PIP.

Bagaimana cara memperoleh NISN ?, lanjutkan membaca di poin C :

C. Cara Memperoleh NISN

Siswa gres di sekolah SD akan memperoleh NISN dari sekolahnya. Di mana,  Operator Sekolah akan melaksanakan pengajuan NISN untuk siswa gres di sekolahnya. Pengajuan NISN dilakukan lewat pengajuan di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Adapun bila ada siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas yang belum mempunyai NISN juga sanggup diajukan oleh Operator Sekolahnya melalui verval pd tersebut.

NISN yang diperoleh di verval pd tersebut akan tersingkron dengan aplikasi dapodik baik dapodikdas maupun dapodikmen ( dapodikdasmen ) sehabis operator sekolah melaksanakan verifikasi dan validasi di vervalpd. data,kemdikbud.go.id tersebut.

NISN berlaku semenjak penerima didik berada di jenjang pendidikan SD hingga Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Mengapa Anda melaksanakan pengecekan/pencarian NISN?, mungkin salah satu alasan Anda mengecek/mencari NISN ada di salah satu penyebab-penyebab di bawah ini :

D. Penyebab Siswa/Guru/Operator Sekolah/Orang Tua Wali Mengecek atau Mencari NISN

Sahabat pembaca, banyak penyebab seorang siswa/guru/operator sekolah/orang renta wali melaksanakan pengecekan atau pencarian NISnya/siswanya/anaknya. Alasan-alasan pengecekan atau pencarian NISN Siswa.

1. Penyebab Operator Sekolah/Guru Melakukan Pengecekan NISN

a. Jika di suatu sekolah ada siswa baru, khususnya dikala tahun aliran baru, maka sehabis operator sekolah menginput data siswa baru/mutasi ke aplikasi dapodikdas/dapodikmen,  seorang operator sekolah akan mengecek tahap awal yang merupakan proses verval atau pengajuan pembuatan NISN baru.

b. Pengecekan NISN oleh Operator Sekolah sanggup dilakukan kapan saja apabila NISN siswa di sekolahnya dirasa perlu dicek kevalidannya, contohnya dikala siswa akan mengikuti Ujian Sekolah atau Ujian Nasional maka operator sekolah biasanya mengecek keabsahan NISN-nya para calon penerima US/UN.

2. Penyebab Guru SMP/Operator Sekolah Sekolah Menengah Pertama dan Siswa Sekolah Menengah Pertama melaksanakan Pengecekan dan Pencarian NISN

a. Operator Sekolah Sekolah Menengah Pertama perlu mengecek kevalidan NISN para siswa gres di sekolah tersebut semoga bila ada NISN yang belum valid sanggup segera dibetulkan melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id

b. Jika ada siswa gres yang lupa akan NISN-nya maka operator sekolah Sekolah Menengah Pertama sanggup melaksanakan pencarian NISN secara online menurut nama siswa, jadi tidak perlu menanyakan kartu NISN ke pihak SDnya siswa yang bersangkutan.

c. Jika Siswa Sekolah Menengah Pertama lupa NISN-nya maka  sanggup melaksanakan pengecekan atau pencarian NISN-nya secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan online  di internet

3. Penyebab Operator Sekolah Sekolah Menengan Atas dan Siswa Sekolah Menengan Atas melaksanakan Pengecekan dan Pencarian NISN

a. Operator Sekolah Sekolah Menengan Atas perlu mengecek kevalidan Nomor Induk Siswa Nasional para siswa gres di sekolah tersebut semoga bila ada NISN yang belum valid sanggup dibetulkan melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id

b. Jika ada siswa gres yang lupa akan NISN-nya maka operator sekolah Sekolah Menengan Atas sanggup melaksanakan pencarian NISN secara online menurut nama siswa, jadi tidak perlu menanyakan kartu NISN ke pihak SD atau SMPnya siswa yang bersangkutan.

c. Jika Siswa Sekolah Menengan Atas lupa NISN-nya maka  sanggup melakukan  pencarian NISN-nya secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan online  di internet

4. Penyebab Orang Tua Siswa/Wali Mengecek atau Mencari NISNnya anaknya

a. Semua  Orang Tua Siswa/Wali siswa sanggup melaksanakan pengecekan NISNnya anaknya secara online di internet yakni di alamat http://verval.pd.data.kemdikbud.go.id/. Orang Tua Siswa perlu melaksanakan pengecekan NISN untuk memastikan kevalidan data yang ada.

b. Jika Kartu NISN hilang atau Siswa lupa akan NISNnya, maka orang renta siswa/wali sanggup mencarikan NISN anaknya tersebut secara online.

Kesimpulan:
Di website http://verval.pd.data.kemdikbud.go.id/, Anda bisa:
  • mencari NISN menurut NISN
  • mencari NISN menurut nama, tanggal lahir, dan daerah lahir
  • mencari NISN siswa TK/SD/SMP/SMA
  • mencari NISN siswa yang sudah lulus ( Alumni )
  • mencari NISN siswa baru
  • mencari NISN siswa usang

Demikian artikel perihal Cara Termudah Cek NISN Siswa TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas secara Online di Internet. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Termudah Cek Nisn Siswa Tk, Sd, Smp, Sma Secara Online Di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel