Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Nyata Dan Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan

Dampak Positif (manfaat) dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan_Sebuah survey yang diadakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) sepanjang tahun 2019 menemukan bersama-sama 132,7 juta dari total penduduk 256,2 juta orang telah terhubung dengan internet. Dari data tersebut diketahui bahwa efek internet memang ketika ini cukup besar, terlebih di dunia pendidikan. Internet seakan sudah menjadi kebutuhan utama, bukan lagi kebutuhan sampingan. Banyak akomodasi yang gampang kita dapatkan melalui internet. Meski internet banyak manfaatnya, ternyata dampak negatif internet juga menyertai keberadaannya.
 dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan Dampak Positif dan Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan

Nah kali ini mari kita tinjau lebih jauh dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di dunia pendidikan.

A. Dampak Positif Internet bagi Dunia Pendidikan

1. Sumber Informasi
Internet menyediakan banyak literatur yang sanggup di kanal oleh guru maupun siswa. Literatur tersebut ada yang  dapat mereka kanal secara gratis dan adapula yang berbayar. Dengan demikian mereka bisa menemukan materi bimbing tanpa harus kesusahan mencari bukunya. Bagi siswa yang kurang bisa pun sanggup terbantu mengurangi biaya pendidikannya cukup dengan akomodasi internet ini.

2. Sarana pertukaran Data dan Informasi
Saat ini sudah banyak media umum yang sanggup di kanal melalui internet. Melalui media tersebut siswa sanggup saling melengkapi pelajarannya dan bertukar informasi yang mereka butuhkan tanpa harus bertatap muka. Hal ini menimbulkan berguru mereka lebih gampang dan efisien.
Baca juga Pentingnya Internet dalam Dunia Pendidikan

B. Dampak Negatif Internet bagi Dunia Pendidikan

1. P0r*n0grafi
Saat ini kasus p0*rn0grafi sering diidentikkan dengan internet. Kebebasan mengakses banyak sekali hal tanpa adanya pendampingan sanggup menimbulkan pengguna internet dalam hal ini siswa tidak sanggup mengontrol diri. Apalagi ketika ini iklan yang berisi kontent p0*rn0grafi tak jarang masuk dalam banyak sekali situs. Para siswa yang diliputi rasa ingin tau menimbulkan mereka membuka iklan tersebut dan tak jarang di arahkan kepada situs lain yang berbau p0*rn0grafi.

2. Individualis
Adanya kemudahan dari akomodasi yang diberikan internet untuk berkomunikasi antar teman tanpa harus bertatap muka menimbulkan siswa cenderung bersikap individualis dan anti sosial. Mereka menjadi malas untuk berinteraksi secara face to face dan lebih menentukan untuk memakai chatting medsos sebagai media komunikasi.

3. Kecanduan
Internet menyediakan banyak sekali hiburan yang sanggup menciptakan siswa kecanduan untuk menggunakannya. Mereka bahkan rela untuk begadang streaming film atau game online dari pada berguru atau istirahat yang cukup. Mereka yang sudah kecanduan dengan internet ini tidak memperhatikan kesehatan mereka sehingga pada kesannya sanggup mengakibatkan kurang tidur, mata memerah atau bahkan minus tebal alasannya terkena radiasi dari layar leptop atau gadjet.

4. Plagiasi
Banyaknya sumber informasi di internet, juga berdampak para siswa cenderung malas mencari di buku dan lebih menentukan mengakses di internet. Nah di internet sendiri menyediakan ruang untuk bisa meng copy goresan pena yang ada di internet dan menaruhnya pada microsoft word. Fenomena plagiasi pun tak sanggup di hindarkan lagi. Palagiasi ini terjadi mulai dari plagiasi total, plagiasi parsial, auto plagiasi sampai plagiasi antar bahasa.

5. Kekerasan
Apa yang dilihat siswa di internet tak jarang menghipnotis perilaku kesehari-harian mereka. Tindakan kekerasan yang di tampilkan di internet melalui sebuah video atau gosip bisa menjadi edukasi jelek bagi siswa untuk dipraktekkan di dunia nyata.

6. Penipuan
Bagi sebagian kalangan yang tidak bertanggung jawab, mereka memanfaatkan internet untuk memperoleh laba yang besar dengan jalan penipuan. Bagi beberapa orang termasuk siswa yang tergiur dengan apa yang ditawarkan oleh mereka tentunya hal ini menjadi sangat berbahaya.

Nah itulah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di dunia pendidikan. Internet sanggup menunjukkan dampak yang positif atau negatif bergantung dari pengguna yang memanfaatkan layanan ini.

Jika Anda memanfaatkan internet untuk hal yang mempunyai kegunaan maka ia akan menjadi dampak yang positif bagi anda. Namun kalau Anda tidak bisa mengontrol penggunaan internet dan terjebak dalam hiburan yang ditawarkan internet maka justru dampak negatiflah yang akan Anda dapatkan.
Oleh alasannya itu ambillah yang bermanfaat dari internet dan berwaspadalah terhadap dampak negatifnya. Selamat berselancar di dunia internet dan supaya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dampak Nyata Dan Negatif Internet Bagi Dunia Pendidikan"