Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sd/Mi Kelas 3 Kurikulum 2019

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2019 Bahasa Indonesia Kelas III (Tiga) SD/MI menurut Lampiran 1 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2019 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Bagi Bapak/Ibu Guru Kelas 3 SD/MI silakan simak:
 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2020

I. KI dan Kompetensi Dasar (Pengetahuan) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2019

A. Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

B. Kompetensi Dasar
3.1. Menggali informasi wacana konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.2. Menggali informasi wacana sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.3. Menggali informasi wacana perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan insan yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.4. Mencermati kosakata dalam teks wacana konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.5. Menggali informasi wacana cara-cara perawatan tumbuhan dan binatang melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan

3.6. Mencermati isi teks informasi wacana perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat

3.7. Mencermati informasi wacana konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam skema dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.8. Menguraikan pesan dalam kisah yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan

3.9. Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu kemudian lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

3.10. Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian persoalan (sederhana) dalam teks tulis.

II. KI dan Kompetensi Dasar (Keterampilan) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas  Kurikulum 2019
A. Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
4.1. Menyajikan hasil informasi wacana konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.2. Menyajikan hasil penggalian informasi wacana konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.3. Menyajikan hasil penggalian informasi wacana konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan insan dalam bentuk tulis memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.4. Menyajikan laporan wacana konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.5. Menyajikan hasil wawancara wacana cara-cara perawatan tumbuhan dan binatang dalam bentuk tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.6. Meringkas informasi wacana perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.7. Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam skema dalam bentuk tulis dan visual memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.8. Memeragakan pesan dalam kisah sebagai bentuk ungkapan diri memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.9. Menyajikan hasil identifikasi wacana lambang/simbol (rambu kemudian lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis memakai kosakata baku dan kalimat efektif

4.10. Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian persoalan (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri memakai kosakata baku dan kalimat efektif yang dibentuk sendiri.

Demikian wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2019 pelajaran bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Sd/Mi Kelas 3 Kurikulum 2019"