Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Bahan Pedagogik Plpg Sertifikasi Guru Tk/Sd/Smp/Sma/Smk Semua Bidang Studi Sergur 2019

Sumber Belajar Penunjang PLPG 2019 Materi Pedagogik_Download Kumpulan Materi Kompetensi Pedagogik untuk Semua Peserta PLPG Semua Bidang Studi Sertifikasi Guru 2019 Jenjang Sekolah TK/SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2019_Selain mempelajari materi profesional sesuai bidang studi sertifikasinya masing-masing, semua penerima PLPG 2019 juga sebaiknya segera mengunduh dan mempelajari materi pedagogik PLPG tahun 2019. Materi pedagogik PLPG 2019 sifatnya umum untuk semua guru TK/SD/SMP/SMA/SMK penerima sergur 2019. Materi pedagogik PLPG 2019 yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berafiliasi dengan LPTK ini berisi Bab Pendahuluan, Karateristik Siswa, Teori Belajar, Kurikulum 2019, Desain Pembelajaran, Media Pembelajaran, Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran, beserta Refleksi Pembelajaran dan PTK.
Kumpulan Materi Kompetensi Pedagogik untuk Semua Peserta PLPG Semua Bidang Studi Sertifika Kumpulan Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru TK/SD/SMP/SMA/SMK Semua Bidang Studi Sergur 2020

Kumpulan Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru TK/SD/SMP/SMA/SMK Semua Bidang Studi Sergur 2019

I. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Pendahuluan
Tujuan penyusunan materi bimbing kompetensi pedagogik ini ialah membantu guru
calon penerima PLPG mendapat sumber berguru untuk menambah wawasan para
guru tentang: (1) kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran, (2)
karakteristik siswa dan teori-teori berguru (3) pengelolaan acara pembelajaran agar
lebih profesional di bidangnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan (4)
bagaimana melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan supaya dapat
memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Silakan Download Bab Pendahuluan Materi Pedagogik PLPG 

II. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Karateristik Siswa

Kegiatan Belajar 1: KARAKTERISTIK SISWA
A. Tujuan
Modul ini disusun untuk menjadi materi berguru bagi guru terkait materi karakteristik siswa dalam jadwal Guru Pembelajar. Tujuan berguru yang akan dicapai ialah memahami tahap-tahap perkembangan siswa sehingga sanggup menyediakan materi pelajaran dan metode penyampaian yang sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan tahap perkembangannya

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kompetensi Inti
Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, kultural, emosional, dan
intelektual

2. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
a. Memahami karateristik siswa yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya

b. Menyiapkan dan materi pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya.

c. Marancang acara pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan pada tahap perkembangannya.

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Karakateristik Siswa

III. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Teori Belajar

Kegiatan Belajar 2: TEORI BELAJAR
A. Tujuan
Peserta training sanggup menjelaskan teori berguru dan bisa memberikan
tumpuan penerapannya dalam pembelajaran matematika.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu mendeskripsikan teori berguru behavioristik
2. Mampu mendeskripsikan teori berguru Vygotsky
3. Mampu mendeskripsikan teori berguru van Hiele
4. Mampu mendeskripsikan teori berguru Ausubel
5. Mampu mendeskripsikan teori berguru Bruner
6. Mampu menerapkan teori berguru dalam pembelajaran matematika

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Teori Belajar

IV. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Kurikulum 2019

Kegiatan Belajar 3 : KURIKULUM 2019
A. Tujuan
Setelah membaca sumber berguru ini dibutuhkan Guru mempunyai wawasan ihwal rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2019 dengan sempurna dan jelas, memahami ihwal SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan, serta bisa menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Diharapkan sesudah membaca modul ini guru dapat:
1. Menjelaskan rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2019 dengan sempurna dan jelas
2. Menjelaskan pengertian SK, KI, dan KD.
3. Menganalisis keterkaitan SKL dengan KI dan KD.
4. Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan KD.

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Kurikulum 2019

V. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Desain Pembelajaran

Kegiatan Belajar 4: DESAIN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Setelah membaca sumber berguru ini dibutuhkan Guru mempunyai wawasan ihwal desain pembelajaran. Diantaranya mengetahui pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry, Discovery Learning, serta menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah membaca sumber berguru ini dibutuhkan Guru dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
2. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Problem-based Learning
3. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Project-based Learning
4. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Inquiry
5. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Discovery Learning
6. Menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Desain Pembelajaran

VI. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Media Pembelajaran

Kegiatan Belajar 5 : MEDIA PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan berguru yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. Menyebutkan perbedaan media pembelajaran dengan media pada umumnya,
2. menyebutkan macam-macam media pembelajaran beserta misalnya baik berdasarkan bentuk maupun fungsinya,
3. menyebutkan perbedaan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima training akan dapat:
1. Membedakan media dan media pembelajaran
2. Membedakan macam-macam media pembelajaran
3. Membedakan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Media Pembelajaran

VII. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan Belajar 6: PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan berguru yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. Menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2019

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima training akan dapat:
1. Menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2019

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

VIII. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran

Kegiatan Belajar 7: PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan berguru yang ingin dicapai ialah penerima dapat:
1. menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran
2. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
3. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi perilaku spiritual dan sosial
4. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, penerima training akan dapat:
1. Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan penilaian dalam pembelajaran
2. menjelaskan jenis dan bentuk penilaian
3. menjelaskan pengertian tes dan nontes
4. membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes
5. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
6. menjelaskan ketuntasan berguru dalam pembelajaran
7. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi perilaku spiritual dan sosial
8. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil berguru pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran

IX. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2019; Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK

Kegiatan Belajar 8 : REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Tujuan
Setelah mengikuti acara berguru ini dibutuhkan penerima mempunyai pemahaman dan
keterampilan dasar mengenai:
1. Konsep acara refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK.
4. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep dan definisi acara reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2. Menjelaskan teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran
3. Melakukan reflektsi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4. Menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas
5. Menjelaskan karakteristik penelitian tindakan kelas
6. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas

Selengkapnya, silakan Download Rangkuman Materi Pedagogik PLPG 2019 Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK.

Sumber: Website Resmi Sertifikasiguru.id

Demikian ihwal Kumpulan Modul Materi Kompetensi Pedagogik sebagai Sumber Belajar Penunjang PLPG 2019. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Bahan Pedagogik Plpg Sertifikasi Guru Tk/Sd/Smp/Sma/Smk Semua Bidang Studi Sergur 2019"