Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Teladan Metode Mencar Ilmu Sambil Bermain

Pengertian dan Contoh Metode Belajar Sambil Bermain_Belajar sembari bermain menjadi salah satu metode berguru yang efektif dan cukup menarik terutama di kalangan anak-anak. Melalui metode pembelajaran yang satu ini, siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Belajar sembari bermain juga merupakan metode yang tidak membosankan, sebab menyediakan media pembelajaran serta cara mengajar yang cukup menyenangkan. Metode berguru sambil menjadi salah satu metode yang sebaiknya diperhitungkan oleh para guru dalam mendidik anak didik mereka. Berikut yaitu beberapa alasan kenapa metode ini sebaiknya diperhitungkan dan layak di jalankan.
Pengertian dan Contoh Metode Belajar Sambil Bermain Pengertian dan Contoh Metode Belajar Sambil Bermain

1. Siswa bisa berguru sekaligus bermain dalam waktu yang bersamaan
Ada kalanya siswa merasa bosan dengan cara mengajar yang monoton. Hal ini membuat mereka tidak lagi tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Akibatnya, siswa gampang merasa jenuh dan kosentrasi yang tidak lagi terfokus pada pelajaran.

Melalui metode berguru sambil bermain, penerima didik bisa berguru seiring dengan acara bermain. Melalui permainan, siswa bisa memahami inspirasi serta konsep gres dalam proses berguru mereka. Alhasil, siswa akan bisa memahami bahan yang diberikan oleh guru melalui sudut pandang yang belum mereka kenal sebelumnya.

Metode berguru sambil bermain, juga membuat siswa bisa melaksanakan kemungkinan dan percobaan-percobaan tertentu dengan variabel yang baru.

2. Guru sanggup mengajak siswa berguru melalui permainan yang mereka buat
Keuntungan yang kedua, yaitu guru bisa membuat siswa berguru melalui acara bermain yang telah mereka atur sedemikian rupa. Melalui permainan yang menyenangkan, siswa dengan sendirinya akan mengikuti proses berguru sambil bermain yang dilakukan oleh guru.

3. Siswa bisa berguru beberapa jenis keterampilan penting 
Belajar sambil bermain, bukan hanya menambah pengetahuan siswa melainkan juga menambah ketampilan siswa dalam beberapa hal. Melalui metode berguru sambil bermain, siswa bisa menambah ketrampilan mereka dalam berpikir secara kritis, sportivitas, kerjasama dengan kelompok, dan menambah kreativitas.

Contoh berguru sambil bermain

Tepuk nama

Tujuan dilakukannya acara berguru sambil bemain yang satu ini yaitu untuk membuat suasana yang dekat antar siswa serta membangun konsentrasi. Cara melaksanakan permainan ini yaitu yang berikut ini.
  • Siswa membantu sebuah bulat yang besar
  • Penddidik mengajak siswa untuk berkonsentrasi kemudian menjelaskan hukum permainan setahap demi setahap
  • Ajak semua siswa untuk melaksanakan gerakan melaksanakan tepukan secara teratur dan berirama. 
  • 2 kali tepukan di paha dan dua tepukan di depan dada
  • Lakukan tepukan tersebut selama beberapa menit dengan irama yang teratur
  • Seluruh siswa yang berkumpul, menyuarakan irama yang disesuakan dengan tepukan ma-ri ki-ta ma-in te-puk na-ma kon-sen-tra-si mu-lai
  • Mulai dengan menepuk paha 2 kali kemudian tepukan tangan di depan dada juga 2 kali
  • Beri jeda pada dikala memberikan aturan
  • Selanjutnya, siswa pertama menyebutkan nama hanya dengan 2 suku kata. Lanjutkan dengan jeda kemudian dikala tepukan di depan dada dimulai, siswa yang selanjutnya menyebutkan namanya
  • Lakukan acara ini secara bergilir sampai kembali ke penerima yang pertama 
  • Nama yang diucapkan tiap siswa harus berbeda dan kalau ada yang sama, maka siswa akan dieksekusi sesuai dengan kesepakatan

Permainan di atas, merupakan jenis permainan yang sebaiknya dilakukan pada kelompok gres yang masih absurd satu dengan yang lain. Sehingga, permainan ini juga membuat siswa bisa mengenal satu dengan yang lainnya.

Belajar sambil bermain merupakan metode balajar yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Dalam hal ini guru bisa membuat keadaan kelas menjadi lebih hidup dengan metode pembelajaran tersebut. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Teladan Metode Mencar Ilmu Sambil Bermain"