Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan Multikultural Dan Contohnya

Pengertian dan pola pendidikan multikultural_Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat sangat plural dari segi agama, ras, dan budaya. Nah banyaknya perbedaan dari aneka macam warga negara sanggup menjadi keunikan tapi sanggup juga menimbulkan banyak masalah. Untuk mengatasinya kini ini mulai dimunculkan pendidikan multikultural supaya sanggup menguatkan satu sama lain yang punya banyak perbedaan budaya.
Pengertian dan pola pendidikan multikultural Pengertian Pendidikan Multikultural dan Contohnya
Mungkin pendidikan multikultural masih terdengar abnormal bagi Anda alasannya ialah memang kegiatan ini terbilang masih baru. Untuk memahami pendidikan multikultural itu apa, Anda sanggup mendapat citra dari ulasan mengenai pengertian pendidikan multikultural dan misalnya berikut ini.

A. Pengertian Pendidikan Multikultural

Pastinya Anda tahu bahwa pendidikan multikultural berasal dari adonan dua kata, yaitu pendidikan dan multikultural. Pendidikan sendiri merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk berbagi sikap dan sikap seseorang ataupun sekelompok orang semoga terbentuk menjadi eksklusif yang lebih sampaumur dengan jalan memperlihatkan pengajaran, pelatihan, perbuatan, dan cara-cara yang sanggup mendidik. Sedangkan multikultural diistilahkan sebagai keragaman dari budaya yang terlihat dari latar belakang seseorang.

Secara umum, pendidikan multikultural merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang di dalamnya ingin mengusung ideologi atau prinsip untuk memahami, menghormati, dan saling menghargai harkat martabat sesama insan yang berasal dari aneka macam latar belakang tempat, agama, ras, ekonomi, sosial, bahasa, negara, dan sebagainya.

Masih ada banyak pengertian pendidikan multikultural yang dikemukakan dari aneka macam kalangan. Berikut pengertian pendidikan multikultural berdasarkan para ahli:

1. H.A.R. Tilaar, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan wacana lintas batas yang ingin mengupas permasalahan mengenai musyawarah, keadilan sosial, hak asasi manusia, isu-isu politik, edukasi, moral, dan agama.

2. Zubaedi, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan proses pembaharuan yang berusaha mengubah komponen pendidikan, termasuk nilai dasar pendidikan, kurikulum, hukum prosedur, bahan pengajaran, struktur, dan kebijakan pemerintah untuk merefleksikan adanya pluralism budaya sebagai sebuah realitas masyarakat di Indonesia.

3. Ainurrofiq Dawam, menuturkan bahwa pendidikan multikultural merupakan proses berbagi potensi yang dimiliki insan dengan menghargai pluralitas dan heterogenitas sebagai suatu konsekuensi adanya keragaman budaya etnis, suku, dan aliran (agama).

4. Musa Asy’arie, menuturkan bahwa pendidikan multikutural merupakan penanaman cara hidup untuk menghormati , tulus, dan toleran terhadap keragaman budaya yang ada di masyarakat yang plural.

Setelah mengetahui pendidikan multikultural yang dilihat dari segi pengertiannya, pastinya Anda juga bertanya-tanya, kemudian bagaimana pola dari pendidikan multikultural itu sendiri?

Nah pembahasan selanjutnya Anda akan diberi beberapa citra ihwal pola pendidikan multikultural. Berikut akan dibahas pola pendidikan multikultural yang sanggup Anda ikuti lebih lanjutnya.

B. Contoh Pendidikan Multikultural

Membahas pola pendidikan multikultural, Anda sanggup lihat dari kurikulumnya yang berkembang di sekolah. Dalam kurikulum pendidikan mutikultural, ada beberapa pendekatan untuk menyukseskan kegiatan ini. Inilah beberapa pendekatan yang sekaligus memberi pola bagi Anda ihwal bentuk pendidikan formal.

1. Meningkatkan kompetensi beberapa kebudayaan sehingga menjauhkan diri dari konsep dikotomi antara pribumi dan non pribumi. Pendidikan multikultural berpotensi menghondarkan dikotomi dan berbagi apresiasi melalui kompetensi kebudayaan yang ada di masing-masing akseptor didik.

2. Mengadopsi beberapa kebudayaan dan selanjutnya diadaptasi berdasarkan situasi.

3. Menumbuhkan interaksi yang inisiatif dengan orang atau kelompok yang memiliki kompetensi dalam suatu kebudayaan.

4. Meningkatkan pemahaman mengenai persamaan dan perbedaan di kalangan siswa yang berasal dari bermacam-macam etnis.

Itulah informasi ihwal pengertian dan pola pendidikan multikultural. Dengan mengetahui pengertian pendidikan multikultural dan contohnya, kita lebih sanggup menerapkannya di lingkup kehidupan. Pastinya dengan adanya pendidikan multikutural satu sama lain lebih sanggup saling memahami dan saling menghargai.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Multikultural Dan Contohnya"